By

February 6, 2012   ·  

Soul Calibur harus diakui merupakan salah satu franchise game fighting terunik di industri game. Ketika sebagian besar game fighting datang mengusung pertempuran tangan kosong, Soul Calibur menghadirkan pertempuran yang berfokus pada penggunaan senjata. Bunyi dentingan pedang, teriakan penuh rasa sakit, dan arena pertempuran yang hancur berantakan menjadi daya tarik tersendiri. Setelah sempat tampil memukau di seri keempat, Namco Bandai akhirnya secara resmi merilis Soul Calibur V untuk Playstation 3 dan XBOX 360.

Berbeda dengan keempat seri sebelumnya, Namco Bandai memutuskan untuk menghadirkan sesuatu yang jauh berbeda di seri kelima ini. Pertarungan legendaris antara Soul Edge dan Soul Calibur tidak lagi terjadi di masa kekinian, tetapi pada masa 17 tahun setelah Soul Calibur IV berakhir. Dengan mengusung plot seperti ini, Namco Bandai memiliki keleluasan untuk mengubah dan membentuk “kembali” seri Soul Calibur yang selama ini dikenal oleh gamer. Seri terbaru ini menghadirkan banyak karakter baru, mengubah desain karakter lama, dan menyingkirkan beberapa karakter ikonik lain yang selama ini kita kenal. Soul Calibur V tampil “fresh” untuk sebuah franchise yang telah hidup begitu lama.

Kesan Pertama

Ada sebuah kepuasan tersendiri untuk menggenggam kembali sebuah seri terbaru Soul Calibur setelah penantian yang cukup lama. Kesan pertama yang dihadirkan memang terhitung memesona. SC V mampu menampilkan visualisasi yang jauh lebih baik dibandingkan seri keempat terdahulu. Salah satu poin terkuat terlihat pada setting pertempuran yang terasa jauh lebih dinamis. Framerate yang stabil juga memastikan kenyamanan bermain. Secara garis besar, tampilan fisik Soul Calibur V terhitung mengagumkan, apalagi mengingat ia hadir untuk teknologi game lawas yang begitu terbatas.

Terlepas dari beberapa karakter baru yang kurang familiar dan butuh waktu untuk pembiasaan, Soul Calibur V masih menghadirkan intisari permainan yang sama. Timing untuk melancarkan serangan masih menjadi kunci untuk memenangkan pertempuran, walaupun Namco Bandai sudah menyisipkan sistem baru seperti Critical Edge. Sayangnya, ada beberapa fitur khas yang dihilangkan. Padahal bagi banyak gamer, fitur-fitur ini sudah menjadi identitas yang tidak terpisahkan dari sebuah seri Soul Calibur. Kekurangan atau kelebihan? Butuh waktu permainan yang lebih proporsional untuk menilai hal tersebut. Kehadiran Ezio Auditore dan Creation Mode yang lebih sempurna menjadi daya tarik yang berbeda untuk SC V.

Anda bisa mendapatkan gambaran Soul Calibur V dari screenshot yang sudah disiapkan di bawah ini. Mohon maaf jika sebagian besar gambar tampil blur dan berbayang. Bukan pekerjaan yang mudah untuk melakukan screen capture pada game 30fps dengan gerakan super cepat. Enjoy!

It's not what you think..

Pages: 1 2 3 4 5

Related Articles:

Tags: , , , , , ,

Comments


Readers Comments ()