By

January 31, 2013   ·  

“Kesan pertama begitu menggoda, selanjutnya terserah Anda”, slogan iklan yang sempat populer di masa lalu ini tampaknya menjadi slogan yang pantas untuk menggambarkan sepak terjang yang berhasil ditempuh oleh Crytek dan franchise andalan mereka – Crysis. Mengusung visualisasi yang begitu superior di masa lalu, Crysis pertama tidak lagi dikenal sekedar sebagai sebuah game FPS, tetapi juga monumen, standar, dan fenomena unik bagi gamer PC. Bahkan cukup untuk membuat PC termahal dan terkuat sekalipun untuk bertekuk lutut untuk waktu yang cukup lama. Kesuksesan ini meledakkan nama Crytek dan tentu saja, memastikan masa depan bagi Crysis sebagai sebuah franchise.

Menyambut kehadiran Crysis 3 yang rencananya akan dirilis pada pertengahan Februari 2013 mendatang, Crytek melakukan “kebiasaan” mereka dengan merilis dahulu open betanya lewat portal distribusi milik EA – Origin. Seperti halnya Crysis 2, open beta ini memang ditujukan untuk membantu gamer mendapatkan gambaran yang lebih lengkap tentang beragam fitur, gameplay, dan mode yang ditawarkan multiplayer Crysis 3 pada full version mendatang. Walaupun tidak membawa elemen single player sama sekali, namun Anda bisa mendapatkan sedikit gambaran lewat setting dan beberapa elemen gameplay yang dihadirkan di dalamnya.

Lantas bagaimana kesan pertama yang ditawarkan oleh game Crysis 3 ini?

Full DirectX 11 – Dengan Visualisasi yang Tak Jauh Berbeda

 

Sebelum Anda terterik untuk mengunduh Crysis 3 – multiplayer open beta ini, terutama di PC, pastikan dulu sistem Anda mampu menjalankan DirectX 11

Ini mungkin menjadi salah satu fakta yang mungkin akan membuat sebagian gamer PC tereliminasi dan tidak “diperkenankan” untuk menjajal Crysis 3 Multiplayer Open Beta ini. Open Beta ditawarkan dalam format penuh DirectX 11, hingga hanya perangkat yang mendukung kemampuan ini yang diperkenankan untuk terlibat di dalamnya. Kami sendiri sudah mecoba untuk mengakalinya dengan mengubah kualitas grafis dari yang terburuk hingga yang terbaik, namun DirectX 11 tetap menjadi syarat yang tidak dapat diganggu gugat. Pastikan dulu PC Anda memenuhi syarat ini sebelum Anda menghabiskan bandwith dengan mengunduh kurang lebih 3,5 GB open beta ini dari Origin.

Full DirectX 11 dan citra yang sudah dibangun oleh Crysis pertama? Tidak mengherankan jika sebagian besar gamer akan mengekspektasi sebuah kualitas grafis superior yang luar biasa untuk Crysis 3. Apalagi Crytek sempat mengklaim bahwa mereka akan membangun game ini dengan basis PC dan memaksimalkannya dengan sebaik mungkin. Namun bagi Anda yang berharap mendapatkan atmosfer yang serupa dengan perilisan Crysis pertama di masa lalu, Anda tampaknya harus gigit jari. Karena terlepas dari klaim tersebut, Crysis 3 multiplayer open beta ini ternyata tidak menawarkan perbaikan yang signifikan dari sisi visual dari Crysis 2 yang terdahulu. Walaupun alasan “open beta” bisa menjadi faktor yang mempengaruhi, namun perbedaan visual untuk full version seharusnya tidak terlalu banyak berbeda.

Walaupun tidak menawarkan perbedaan yang sangat signifikan, namun bukan berarti Crysis 3 datang dengan kualitas yang bisa dipandang sebelah mata. Ia tetap menawarkan desain setting dan beragam efek kosmetik yang tetap memanjakan mata. Salah satu map yang berhasil menangkap kuat atmosfer tersebut adalah Museum, sebuah peta penuh vegetasi, reruntuhan, dan pencahayaan yang lembut di latar belakang. Sementara map – Airport yang terang benderang juga menunjukkan detail yang tidak kalah menariknya, penuh dengan efek-efek kosmetik yang tetap akan membuat mata Anda betah di definisi tinggi. Crysis 3 Open Beta ini masih terlihat memesona, walaupun tidak mampu mengembalikan citranya sebagai sebuah game yang mampu menaklukkan PC-PC terkuat sekalipun seperti di masa lalu. Kebutuhan untuk menjalankannya di DirectX 11 juga masih belum maksimal. Crytek memang hanya menawarkan setting tertinggi “Very High” untuk beta ini. Apakah mereka masih menyimpan kartu rahasia dengan menawarkan setting yang lebih tinggi “Ultra” di full version mendatang dan menihilkan semua pengalaman yang tertulis di sini? There’s a high possibility that it might happen..

Museum

 

Airport

 

Berburu atau Diburu?

Dari dua mode yang ditawarkan di multiplayer open beta Crysis 3 ini, Hunter boleh terbilang sebagai mode baru yang paling unik. Anda yang sempat memainkan Counter-Strike Online di Indonesia dan sempat menjajal mode Zombienya akan sangat familiar dengan konsep yang ditawarkan oleh mode multiplayer baru dari Crysis 3 ini. Akan ada pihak yang berburu dan diburu.

Welcome to the Hunter Mode! Anda yang menjadi Hunter harus memburu setiap survivor yang ada, sementara para Survivor harus bertahan hidup selama 2 menit / ronde.

Walaupun memiliki invisibility cloak tanpa batas, para Hunter ini rentan terhadap damage.

Dengan berkumpul bersama, para survivor punya kesempatan untuk survive lebih besar.

Mengingat kemampuan serang mereka yang terbatas, ada beberapa cara untuk mengakali agresivitas Hunter yang ada. Salah satunya? Dengan mencari shield, mencari pojok, dan mulai bertahan.

Anda bisa memulai permainan sebagai Hunter maupun Survivor. Tugas utama Hunter sederhana, membunuh setiap survivor yang ada dan menjadikan mereka sebagai bagian dari Hunter. Benar sekali, semakin cepat dan banyak Anda menghabisi survivor yang ada, maka semakin banyak pula companion Anda dan semakin mudah pula tugas yang harus Anda emban. Hunter memiliki keuntungannya tersendiri, dengan cloak invisibility yang terus aktif tanpa perlu menghabiskan energy sama sekali. Kelemahannya? Mereka lemah terhadap serangan frontal, dan hanya dapat mengandalkan panah dan melee untuk menyelesaikan misi ini. Sementara Survivor dibekali dengan senjata lengkap, perlengkapan untuk decoy, serta EMP untuk mematikan cloak para Hunter. Untuk membantu mereka mendapatkan posisi para Hunter dan berlindung, indikator map dan suara akan menjadi clue terbaik. Chance untuk bertahan hidup akan jauh lebih tinggi jika para survivor berkumpul bersama.

Pertempuran tiap mode Hunter akan berjalan dengan singkat dan para pemenang dipilih dari yang terbaik di 5 Ronde utama. Tugas Hunter adalah untuk memburu setiap survivor yang ada dan Survivor adalah untuk bertahan selama 2 menit setiap ronde.

Pages: 1 2

Related Articles:

Tags: , , , , , , , , ,

Comments


Readers Comments ()