By

March 19, 2013   ·  

Tahun 2013 memang menjadi tahun yang terhitung berat untuk Microsoft dan konsol andalan mereka – XBOX 360. Bagaimana tidak? Terlepas dari tingkat penjualannya yang masih begitu masif di region Amerika, XBOX 360 mulai kehilangan pamor dibandingkan dengan konsol kompetitornya – Playstation 3. Daya tarik yang ditawarkan lewat serangkaian game eksklusif yang menemani konsol hitam Sony ini memang seolah menutup pesona XBOX 360 tahun ini. Gears of War – Judgement menjadi satu-satunya judul eksklusif yang mereka tawarkan, sekaligus menjadi ujung tombak terakhir sebelum melepas konsol generasi selanjutnya ke pasaran akhir tahun nanti. Pertanyaannya kini, mampukah Epic Games menawarkan pengalaman yang serupa dibandingkan dengan tiga seri sebelumnya? Mampukah ia menghapus keraguan mengingat statusnya yang ditawarkan sebagai prekuel?

Kesan Pertama

Dari semua game eksklusif yang bertebaran di industri game, tidak ada yang dapat menyangkal bahwa Gears of War merupakan satu dari sedikit game eksklusif yang mampu memanfaatkan “rumah” andalannya dengan sangat maksimal. Judgement juga tidak berbeda. Menyaksikan bagaimana teknologi konsol selawas XBOX 360 mampu menghasilkan visualisasi penuh detail dengan tata cahaya yang luar biasa memastikan sebuah pengalaman perang melawan Locust yang akan memanjakan mata Anda. Mengusung semangat yang sama, hampir tidak ada mekanisme gerak dan intisari gameplay yang berbeda dibandingkan dengan tiga seri sebelumnya, walaupun memang harus diakui, ada beberapa perubahan signifikan yang terjadi. Salah satu yang paling kentara? Tentu saja absennya sang karakter utama – Marcus Fenix dari peredaran.

Judgement membawa perang Locust di tangan Baird dan Cole muda, yang memang sempat menjadi companion setia untuk Fenix di tiga seri awal Gears of War. Seolah sekedar berganti penampilan fisik tokoh belaka, hampir tidak ada yang berbeda dibandingkan dengan ketika menggunakan Fenix. Tim perang yang “baru” ini mengusung esensi gerak dan bertarung yang sama, dimana kemampuan untuk menembak dan melakukan reload seefektif akan memainkan peranan yang krusial. Ragam Locust dengan berbagai senjata dan kemampuan juga akan menjadi tantangan tersendiri. Lantas apa yang berbeda? Beberapa misi mengharuskan Anda untuk bertahan melawan gempuran para Locust dalam skema yang serupa dengan game-game bergenre defense tower. Epic juga menyuntikkan mekanisme baru – Declassify yang akan menawarkan tantangan ekstra ketika Anda bergerak melewati setiap chapter yang ada.

Sembari menunggu waktu yang lebih proporsional untuk melakukan review, izinkan kami untuk menyediakan screenshot fresh from oven  ini untuk memberikan sedikit gambaran akan apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Gears of War: Judgement. Apalagi mengingat Epic juga menyuntikkan satu mode ekstra bernama “Aftermath” yang akan memberikan perspektif yang berbeda dengan perang terakhir melawan Locust di Gears of War 3. So Baird, it’s time for you to shine!

Pages: 1 2 3

Related Articles:

Tags: , , , , ,

Comments


Readers Comments ()