By

August 28, 2013   ·  

ps 41

Waktu rilis yang berdekatan dengan arsitektur dan fitur yang serupa, persaingan konsol next-gen: Playstation 4 dan Xbox One memang menjadi pertarungan panas tanpa kepastian pemenang. Didukung dengan segudang game eksklusif dan third party keren, baik Playstation 4 maupun Xbox One berjuang mati-matian untuk menarik perhatian gamer. Perbandingan menjadi sesuatu yang tidak terhindarkan, tidak hanya dari sisi penjualan pre-order yang membludak, tetapi juga spesifikasi yang diusung. Sudah menjadi persepsi umum bahwa konsol yang menawarkan performa mentah lebih kuat biasanya dilihat sebagai alternatif pilihan yang lebih baik. PS 4 VS Xbox One? Gaijin Entertainment melemparkan opini mereka.

Gaijin Entertainment saat ini memang tengah sibuk mengembangkan game MMO bertema perang dunia kedua – War Thunder yang tidak hanya mengusung visualisasi luar biasa, tetapi juga gameplay yang mendapatkan review yang cukup positif. Ia bahkan dinobatkan sebagai game simulasi terbaik di ajang Gamescom 2013 kemarin. Diposisikan sebagai game next-gen, War Thunder ternyata hanya memuat Playstation 4 dan PC sebagai platform rilis. Lantas kenapa tidak dengan Xbox One? Dalam wawancaranya dengan situs gaming – Edge, Anton Yudintsev dan Kiril Yudintsev mengungkapkan alasan di balik proses pengembangan War Thunder.

Kompleksitas prosedur yang harus ditempuh Gaijin sebagai developer indie untuk merilis War Thunder di Xbox One menjadi salah satu alasan. Walaupun Microsoft sudah menjanjikan dukungan yang lebih kuat kepada developer indie, namun realisasinya disebut Yudintsev masih jauh dari harapan dan kebutuhan para developer. Alasan krusial yang lain? Bahwa Microsoft tidak mengizinkan fitur cross-platform gameplay, sementara Sony membuka fitur tersebut – memungkinkan gamer War Thunder dari Playstation 4 untuk bermain bersama dengan gamer War Thunder dari PC. Aneh memang, namun inilah yang terjadi.

Developer War Thunder - Gaijin Entertainment mengungkapkan alasan rilis platform next-gen yang hanya untuk Playstation 4. Ada beberapa kelemahan Xbox One yang menjadi catatan penting.

Developer War Thunder – Gaijin Entertainment mengungkapkan alasan rilis platform next-gen yang hanya untuk Playstation 4. Ada beberapa kelemahan Xbox One yang menjadi catatan penting.

Gaijin Entertainment juga secara terbuka menjelaskan bahwa fakta spesifikasi Playstation 4 yang lebih kuat daripada Xbox One juga menjadi alasan lain yang tidak kalah penting. Proses pengembangan pun menjadi lebih mudah berkat kemampuan yang mendekati PC. Mereka menyatakan bahwa GPU Playstation 4 mampu menawarkan performa 40% lebih kuat daripada Xbox One. Fakta bahwa Playstation 4 menggunakan DDR5 yang notabene 50% lebih kuat daripada DDR3 yang diusung Xbox One menjadi pemicu. Walaupun demikian ia juga mengungkapkan bahwa Xbox One akan memiliki kemampuan memory write yang lebih bisa diandalkan.

Ini tentu menjadi fakta yang aneh, bagaimana Sony dan Playstation 4 justru mampu mengusung fitur cross platform dengan PC – yang sebagian besar memang diwakili Windows, pondasi utama Microsoft. Sementara di sisi lain, Xbox One yang notabene justru merupakan milik Microsoft tidak mengusung fitur yang satu ini. What are you thinking, Microsoft?!

Related Articles:

Tags: , , , , ,

Comments


Readers Comments ()