Review Hard Reset: Tembak Apapun Yang Bergerak!

Author
David Novan
Reading time:
November 10, 2011
Pertempuran melawan pasukan robot di dunia masa depan.

Game bertajuk First Person Shooter (FPS) yang tidak membutuhkan banyak basa-basi harus diakui sudah cukup langka belakangan ini. Buktinya, shooter zaman sekarang melulu bertema perang yang kental dengan agenda politik dan taktik rumit. Game shooter yang murni menembak musuh sampai puas, seperti Serious Sam dan Doom sudah sulit ditemui. Padahal, game jenis ini cukup menarik untuk dimainkan. Selain tidak membutuhkan banyak keseriusan, ia juga biasanya mampu membuat pemainnya puas membunuh musuh yang selalu berjumlah banyak. Hard Reset merupakan angin segar untuk gamer yang menyukai shooter semacam ini!

Tampilan yang indah akan menemani perjalanan Anda

Hard Reset memang tidak membutuhkan keahlian khusus, seperti memimpin pasukan dan memikirkan taktik untuk mengalahkan musuh. Game ini hanya meminta Anda untuk gesit menghindari serangan musuh, menggerakkan mouse untuk membidik musuh, dan tembak mereka sampai tidak bangun lagi. Sederhana sekali bukan? Untuk membuat suasana semakin menyenangkan, game ini juga menyertakan tampilan grafis yang indah dan dunia bertema masa depan. Apakah game semacam ini cocok dengan selera Anda? Kalau begitu, ikuti review ini untuk mengetahui apa yang akan Anda temukan di dalam Hard Reset.

Berperang Melawan Robot

Tema yang digunakan dalam game ini adalah perang melawan pasukan robot di sebuah kota masa depan bernama Bezoar City. Pada saat itu, manusia sedang dalam kondisi berperang melawan pasukan robot yang memberontak dari kendali manusia. Pahlawan yang akan Anda kendalikan adalah seorang anggota pasukan keamanan kota Bezoar bernama Fletcher. Seiring dengan cerita yang dibawakan ke hadapan Anda dalam gaya gambar komik unik, muncul masalah yang serius. Ternyata, pasukan robot berhasil masuk ke kota dan mulai membunuhi manusia. Panggilan tugas ini pula yang menjadi awal perjalanan Anda di Hard Reset.

Cerita dibawakan dalam komik yang unik.

Berdasarkan tema cerita pada game ini, musuh yang akan Anda hadapi adalah robot yang menyerang kota. Sayangnya, jenis robot yang akan Anda temui tidak begitu bervariasi. Secara ukuran, musuh robot yang Anda temui terbagi menjadi tiga, yaitu kecil, menengah, dan besar. Robot berukuran kecil hanya terbagi menjadi tiga jenis, yaitu robot dengan gergaji di bagian depannya, robot bersenjatakan baling-baling, dan robot bulat yang dapat meledakkan diri. Sedangkan untuk robot berukuran menengah, mereka berbentuk seperti manusia dan hanya satu jenis saja. Perbedaan mereka hanya berasal dari warna dan cara menyerang. Ada yang menyerang dengan memukul, menembak dengan senapan mesin, dan meluncurkan roket dari jauh.

Lingkungan permainan dapat membantu Anda melawan musuh yang beringas.

Jenis robot terakhir adalah yang berukuran besar. Sama seperti jenis robot menengah, robot ini juga hanya terdiri dari satu bentuk saja. Begitu juga dengan perbedaan warna dan cara menyerangnya. Dari semua jenis robot yang ada, robot berukuran besar merupakan yang paling berbahaya. Pasalnya, mereka akan berlari ke arah Anda dan selalu berusaha untuk memojokkan ke tembok. Bila Anda telah berhasil mereka sudutkan seperti ini, maka Anda tinggal menunggu layar game over saja.

Serangan dari musuh yang Anda hadapi sangat beringas. Apalagi mereka selalu menyerang dengan jumlah pasukan yang cukup banyak. Jadi, Anda harus secepat mungkin menghabisi mereka sebelum berhasil mendekat. Bahkan, mereka juga mampu menyerang dari arah yang berbeda. Jadi, ketika Anda sibuk menyerang musuh yang ada di depan, jangan kaget bila musuh lain telah mengepung Anda dari samping dan belakang. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk menggiring musuh ke jalan sempit yang tidak banyak akses masuk.

Jangan malu untuk mengambil power up demi menambah amunisi dan kesehatan.

Apa yang terjadi bila mereka berhasil menyerang Anda? Biasanya layar game over akan muncul. Bagaimana tidak? Serangan mereka begitu cepat dan memiliki daya hancur yang besar! Bahkan pada tingkat kesulitan Normal sekalipun. Pada tingkat kesulitan yang lebih tinggi (masih ada dua tingkat di atas normal), jumlah musuh yang hadir akan semakin banyak! Mengapa karakter yang Anda gunakan begitu cepat mati? Apakah tidak ada pertahanan layaknya dalam game FPS lain, seperti Armor dan Shield?

Karakter Anda memang memiliki perisai (Shield) yang dapat bertambah sendiri ketika tidak terkena serangan. Namun, bisa dikatakan perisai itu tidak ada gunanya. Mengapa bisa begitu? Biasanya perisai harus habis terlebih dahulu sebelum serangan musuh mulai menghabisi nilai kesehatan karakter ‘kan? Tidak dalam game ini! Ketika terkena serangan, nilai perisai dan kesehatan Anda akan turun bersamaan. Tampaknya, setiap kerusakan yang ditimbulkan musuh akan dibagi kepada perisai dan kesehatan! Padahal, nilai kesehatan Anda tidak dapat bertambah sendiri seperti perisai! Untuk menambah nilai kesehatan dan amunisi senjata, Anda harus mengambil benda restorasi (power up) yang ada di daerah permainan.

Selain menembak, Anda juga dapat berinteraksi untuk membuka pintu.

Musuh pada game ini juga tidak memiliki daerah titik vital yang dapat membuatnya cepat mati, seperti menembak kepala di FPS lain. Anda memang dapat menembak bagian tubuh pada robot berukuran besar. Namun, hal itu tidak begitu berpengaruh pada kecepatan membunuhnya. Satu cara yang paling ampuh adalah menggunakan senjata besar, seperti Rocket Launcher dan Rail Gun.

Perhatikan retakan di dinding untuk menemukan daerah rahasia!

 

Senjata dan Upgrade

Jenis senjata yang dapat Anda gunakan dalam game ini pada dasarnya terbagi menjadi dua. Pertama, Anda dapat menggunakan senjata yang menggunakan peluru proyektil, seperti senapan mesin, shotgun, grenade launcher, dan Rocket Propeled Gun. Senjata jenis kedua adalah senjata berbasis listrik, seperti Plasma Rifle, Shock Blaster, Electric Mortar, Railgun, dan Smartgun. Peluru yang digunakan untuk kedua jenis senjata ini berbeda. Namun, untuk semua senjata dengan jenis yang sama hanya menggunakan satu jenis peluru saja. Selain itu, Anda juga tidak perlu khawatir me-reload senjata. Jadi, Anda dapat menembak hingga peluru habis (terutama untuk senjata dengan kecepatan serang tinggi).

Terminal upgrade membantu Anda memperkuat diri dan membeli senjata baru.

Mulanya, Anda hanya dapat menggunakan Assault Rifle dan Plasma Rifle saja. Untuk menambah jumlah koleksi senjata, Anda harus mengumpulkan poin berbentuk power up berwarna kuning bernama nano point. Setelah mengumpulkan sejumlah nano point, indikator pada bagian kiri layar permainan akan menunjukkan ketersediaan upgrade. Setelah itu, Anda cukup datang ke terminal pembelian upgrade yang dapat mudah ditemukan. Pada terminal ini, Anda dapat menggunakan poin upgrade untuk membeli senjata baru, meningkatkan senjata dengan dua fungsi baru, dan membeli kemampuan tubuh baru. Kemampuan tubuh yang bisa Anda beli mencakup peningkatan Shield (yang hanya menambah 20 point dari 100 point yang telah ada), peningkatan kesehatan (sama seperti Shield), menambah jumlah peluru yang bisa dibawa, kemampuan untuk melambatkan waktu ketika di ambang kematian, dan radar untuk melihat posisi musuh.

Senjata listrik sangat efektif melawan musuh! Segera upgrade setinggi-tingginya!

Upgrade senjata merupakan hal yang penting. Peningkatan tersebut selain memberikan daya hancur yang lebih besar juga menambahkan fungsi baru di senjata. Contohnya, Anda dapat menembakkan peledak untuk menghentikan gerakan musuh, membuat mereka terdorong ke belakang, dan melihat musuh dari balik tembok. Begitu juga dengan upgrade di luar fungsi senjata. Anda dapat membuat perisai lebih cepat regenerasi, power up yang Anda ambil menjadi lebih tinggi nilainya (lebih cepat mengisi kesehatan dan peluru), dan meningkatkan ketahanan tubuh ketika akan mati.

Serangan dari senjata Anda memang cukup ampuh untuk menghabisi musuh. Namun, bintang utama dari game ini adalah kemampuan untuk menggunakan benda di sekitar untuk menghabisi musuh. Benda yang harus Anda perhatikan adalah outlet yang dialiri listrik dan tong berisi bahan peledak. Serangan ke benda mematikan ini akan langsung menghabisi musuh yang berada di radius ledakannya! Bahkan, Anda dapat dengan mudah menghabisi musuh berukuran besar bila mereka dapat dipancing ke dalam ledakan. Selain itu, bahan peledak juga dapat digunakan untuk menemukan daerah tersembunyi yang biasanya berisi nano point berjumlah besar!

Anda akan bertemu dengan boss yang berukuran super besar!

Permainan game ini memang menyenangkan ketika Anda bermain pada tingkat kesulitan termudah. Namun, ia akan menjadi sangat sulit dan dapat membuat frustasi pada tingkat kesulitan di atasnya. Celah peningkatan kesulitannya begitu besar dan dibutuhkan kesabaran yang besar ketika Anda begitu sering melihat layar game over. Ditambah lagi keampuhan senjata proyektil sangat jauh di bawah senjata listrik. Bila boleh kami memberikan saran, langsung upgrade Shock Blaster untuk menghabisi musuh kecil dan Railgun untuk musuh menengah dan besar. Serangan dari Blaster dapat menyerang banyak musuh sekaligus dan Railgun memiliki kekuatan yang dahsyat (lebih besar dibandingkan Rocket Launcher dan dapat menembus tembok!).

Kesimpulan

Hard Reset memang sangat menyenangkan untuk dimainkan berkat bentuk permainannya yang sederhana. Namun, ia dapat berubah menjadi neraka bila Anda tidak siap menghadapinya dan tidak mengetahui senjata apa yang efektif melawan jenis musuh tertentu. Begitu juga bila Anda tidak dapat menggunakan bantuan benda berbahaya yang ada di daerah permainan. Saat ini, Anda pasti akan berharap dapat menekan tombol reset sekeras-kerasnya, seperti nama dari game ini (Hard Reset). Selain itu, hal yang cukup mengecewakan adalah cerita yang tidak bermutu dan tidak jelas arahnya. Sisi positifnya adalah Anda dapat memainkan game ini kembali melalui EX Mode. Pada mode ini, Anda memulai permainan baru dengan semua upgrade yang telah dibeli!

Kelebihan

  • Tidak butuh banyak berpikir, cukup tembak apapun yang bergerak.
  • Dapat meng-upgrade perlengkapan perang.
  • Kualitas tampilan yang tinggi.
  • Efek cahaya yang keren.

Kekurangan

  • Shield tidak berguna.
  • Letak Checkpoint yang terlalu jauh.
  • Terlalu cepat selesai (3-5 jam).
  • Variasi musuh yang terlampau sedikit.
  • Cerita yang tidak jelas arahnya.

Cocok Untuk Gamer:

Menyukai shooter yang sederhana, gesit, dan menyukai tantangan (serta sabar).

Tidak Cocok Untuk Gamer:

Menyukai shooter taktikal, mengharapkan adanya elemen RPG, dan tidak sabar.

Spesifikasi PC Minimum

OS: Windows XP/Vista/7
Processor: 2.5 GHz Intel Pentium 4 / AMD Athlon 64
Memory: 2 GB
Graphics: 512 MB NVIDIA GeForce 8800GS / ATI Radeon HD 3870
Hard Drive: 4 GB
DirectX 9.0c

Info

Publisher: Flying Wild Hog
Developer: Flying Wild Hog
Jenis: Action First Person Shooter
Batas Umur: Dewasa (umur 18+)

Website Resmi:

Load Comments

JP on Facebook


PC Games

April 16, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Blizzard (Diablo II: Resurrected)!

Kembali ke akar yang membuat franchise ini begitu fenomenal dan…
April 9, 2021 - 0

Menjajal Diablo II: Resurrected (Technical Alpha): Bagai Bumi Langit!

Perbedaan usia memang mau tidak mau harus diakui, juga membuat…
March 29, 2021 - 0

Review DOTA – Dragon’s Blood: Fantasi dan Promosi!

Apa satu aspek yang membuat DOTA 2 selalu kalah dari…
January 14, 2021 - 0

Menjajal DEMO (2) Little Nightmares II: Misteri Lebih Besar!

Tidak ada lagi yang bisa kami lakukan selain memberikan puja-puji…

PlayStation

April 29, 2021 - 0

Review RETURNAL: Surga Seru di Neraka Peluru!

Apa yang langsung muncul di benak Anda begitu kita berbicara…
April 23, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Toylogic & Square Enix (NieR Replicant ver.1.22474487139…)!

Tidak perlu menyelam terlalu jauh. Melihat nama “ver.1.22474487139…” yang didorong…
April 23, 2021 - 0

Preview RETURNAL: Brutal, Gila, Menyenangkan!

Ada yang istimewa memang saat kita membicarakan hubungan antara Sony…
April 22, 2021 - 0

Review NieR Replicant™ ver.1.22474487139… : Cerita Indah Penuh Derita!

Dengan popularitas yang ia raih, hampir sebagian besar gamer memang…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…