Review Living After WAR: Game Online Bertema Masa Depan yang Menarik!

Reading time:
November 30, 2011
LivingAfterWar 01

Bosan dengan game online yang melulu menampilkan tema medieval, fantasi, dan kerajaan? Livin After WAR atau yang dikenal dengan nama bekennya L.A.W dijamin akan kembali menceriakan pengalaman main game online Anda! Game online seru dari publisher Mobius ini memiliki tema yang segar, yaitu peperangan di masa depan dengan beragam persenjataan modern dan tank! Game keren zaman sekarang harus punya tank! Bila Anda menghadiri Jakarta Game Show, pameran game Indonesia paling anyar tahun ini, nama L.A.W pasti tidak asing lagi di telinga. Pada pameran ini, L.A.W memulai masa open betanya dan antusiasme dari gamer yang mendatangi booth-nya begitu tinggi. Kesempatan ini tentunya tidak kami sia-siakan begitu saja. Kesan pertama ketika kami memainkan game ini dapat Anda lihat sendiri di preview L.A.W beberapa saat lalu. Game ini begitu menarik untuk dimainkan berkat tema dan fiturnya yang cukup menarik. Sayangnya, game ini masih memiliki beberapa masalah teknis, seperti bug, error, dan Disconnect (DC). Penasaran dengan pengalaman bermain seperti apa yang ditawarkan L.A.W? Terus baca review ini!

Plot

LivingAfterWar Plot

Cerita utama L.A.W menggunakan tema kehidupan masa depan, tepatnya pada 2350 ketika bumi mengalami pertempuran besar. Saking dahsyatnya hingga bumi tidak dapat dihuni lagi akibat perang nuklir. Jadi, secara otomatis semua makhluk hidup dan ekosistem di bumi musnah dan manusia harus mengungsi dari bumi dengan menggunakan pesawat antariksa. Beberapa ratus tahun kemudian, manusia kembali ke bumi dan membangun peradaban baru di atas debu kehancuran. Berkat usaha manusia yang tidak kenal lelah, pemerintahan baru manusia pun berdiri, negara bernama Delka.

Namun kehidupan manusia di bumi pasca kehancuran tersebut merupakan perjalanan yang penuh tantangan dan ancaman. Bumi telah berubah menjadi jauh lebih berbahaya berkat efek perang nuklir beberapa ratus tahun silam. Kini, bumi didiami oleh monster ganas dan bangsa mutant bernama “Nak”. Kesombongan manusia kembali muncul dan mereka merasa bangsa Nak adalah ras yang lebih rendah. Oleh karena itu, bangsa Nak didiskriminasi dan dijadikan budak. Akhirnya, bangsa Nak berhasil melepaskan diri dari cengkraman manusia berkat usaha pahlawan yang bernama Babitus. Pemberontakan inilah yang menjadi lembar halaman baru sejarah perang di bumi.

Gameplay

LivingAfterWar Nak Esper1

Pada awal permainan, Anda diberikan opsi untuk memilih satu dari dua ras yang dihadirkan di game ini, yaitu manusia dan Nak. Setelah Anda memilih salah satu ras, karakter yang Anda buat akan berdasar dari ras tersebut. Jadi, Anda tidak dapat membuat karakter dengan ras berbeda dalam satu account. Kecuali tentu saja bila semua karakter yang ada dihapus dan Anda akan diberikan kesempatan untuk memilih ras lain. Kelas karakter dalam L.A.W terbagi menjadi tiga jenis, yaitu Warrior, Ghost, dan Esper. Setiap kelas tersebut tentu memiliki perbedaan yang signifikan dari gaya bermain dan skill yang dimiliki. Sebelum memilih salah satu kelas tersebut, Anda tentu ingin mengenal lebih jauh, bukan? Berikut sedikit paparan mengenai karakteristik kelas yang dapat Anda mainkan di L.A.W.

Pemain yang menyukai pertempuran jarak dekat tentu segera menjatuhkan pilihannya di kelas Warrior! Kelas ini memiliki kekuatan serangan fisik jarak dekat yang mantap serta besarnya ketahanan fisik. Biasanya, kelas ini akan menjadi pemain garis depan di dalam party dan peperangan. Alasannya mudah saja, mereka memiliki pertahanan yang besar dan perlengkapan dengan nilai armor besar. Selain berfungsi sebagai tameng, Warrior juga dapat dirancang sebagai pemukul fisik yang dahsyat. Namun tentu saja Anda harus mengorbankan sedikit nilai pertahanan untuk mendapatkan kekuatan pukul yang besar. Musuh utama dari Warrior adalah kelas penyerang jarak jauh yang menggunakan sihir (Esper).

Ghost atau lebih dikenal sebagai ranger merupakan kelas penyerang jarak jauh yang menggunakan senjata api. Namun, Anda tidak terbatas hanya menggunakannya sebagai penyerang jarak jauh saja. Kelas ini juga dapat digunakan untuk pertempuran jarak dekat berkat kelincahan dan serangan dua senjata. Kemampuannya untuk memberikan damage yang kecil tetapi cepat dapat digunakan untuk mengacaukan proses casting sihir dari Esper! Oleh karena itu, Ghost mutlak diperlukan ketika berhadapan dengan musuh yang menyerang dengan menggunakan sihir! Sayangnya, kemampuan untuk menyerang dengan cepat tersebut bukan tandingan ketika berhadapan dengan Warrior yang memiliki pertahanan besar.

LivingAfterWar Nak Warrior

Esper merupakan kelas yang harus diakui memiliki tingkat damage terbesar. Kemampuan mereka untuk menghancurkan musuh dari jarak jauh membuatnya menjadi prioritas utama untuk dilumpuhkan. Namun, Esper tentu saja memiliki kelemahan tersendiri. Sebagian besar melibatkan ketahanan fisiknya yang tidak besar. Oleh karena itu, membangun Esper hingga menjadi mesin penghancur merupakan proses yang cukup berat. Sebab, kemampuan awalnya tidak begitu dahsyat. Jadi, Anda harus selalu siap dengan beragam metode penyembuhan, seperti penggunaan item dan sihir penyembuhan. Seperti pada peribahasa, bersakit-sakit dahulu, senang kemudian.

L.A.W merupakan game online berjenis Role-playing Game action. Untuk lebih memudahkan permainan, L.A.W menggunakan kamera orang ketiga dengan sudut dari belakang karakter. Anda juga dapat mengendalikan kamera dan zoom dengan menggunakan mouse. Ketika bermain, Anda dapat mengendalikan karakter dengan menggunakan tombol keyboard “WASD” atau klik mouse. Game ini juga mengutamakan permainan action yang didominasi skill, seperti yang dapat ditemukan di MMORPG anyar World of Warcraft. Oleh karena itu, kombinasi skill merupakan keharusan dan hal ini didukung dengan shortcut tombol yang dapat Anda kustomisasi sendiri.

Peranan skill dalam game ini begitu besar. Oleh karena itu, L.A.W memiliki beragam skill yang unik untuk setiap kelasnya. Berbeda dengan game MMORPG lain yang biasanya menyediakan pohon skill untuk Anda pelajari, L.A.W mengharuskan Anda untuk membeli skill baru. Jadi, uang dan nilai pengalaman merupakan dua hal yang krusial untuk perkembangan karakter. Uang untuk membeli skill dan perlengkapan baru, sementara nilai pengalaman untuk menaikkan level supaya dapat menggunakan skill tersebut. Ya, perlengkapan dan skill memiliki batas minimum penggunaan! Jadi, Anda harus bersabar dan merangkak ke level lebih tinggi untuk menggunakan senjata dan skill keren yang Anda dambakan!

Bagaimana cara mendapatkan uang dan nilai pengalaman dalam L.A.W? Tentu saja dengan membunuh monster dan menyelesaikan beragam Quest! Jangan khawatir, quest dalam game ini begitu banyak jumlahnya dan hadiah yang diberikannya juga sepantar. Walaupun pada masa open beta masih ditemukan beberapa quest yang tidak dapat dijalankan (broken quest), tetapi pihak publisher berjanji akan segera memperbaikinya melalui patch di masa depan. Nah, kembali ke permainan; monster pada L.A.W juga seringkali menjatuhkan beragam item dan perlengkapan yang spesial. Jadi, pemain yang beruntung terkadang dapat menemukan senjata atau armor unik ketika melawan musuh level rendah sekalipun. Namun, Anda juga harus waspada dengan jumlah item yang diambil dari musuh. Sebab, karakter Anda memiliki kapasitas inventori yang terbatas!

Feature

Apalah jadinya sebuah game online MMORPG tanpa dilengkapi dengan segudang fitur yang menarik? Nah, pada L.A.W Anda juga akan menemukan beragam fitur yang seru dan pastinya akan membuat Anda betah memainkannya. Berikut beberapa fitur yang dapat Anda temukan dalam L.A.W!

Segudang misi untuk Anda

Game RPG tanpa quest? Bukan RPG namanya! L.A.W tentunya memiliki segudang misi atau quest untuk dikerjakan. Beragam misi yang diberikan NPC mulai dari quest utama, quest tambahan, hingga quest yang dapat dijalankan berulang kali menjadi hal yang tidak boleh ditinggalkan, apalagi dilupakan oleh pemainnya. Beragam keuntungan bisa Anda temukan dalam quest tersebut, seperti beragam hadiah item, perlengkapan armor, senjata, skill, dan uang! Tidak ketinggalan pula fitur quest tracking yang dapat membantu Anda melihat quest mana saja yang belum selesai dan butuh apa untuk menyelesaikannya. Anda juga dapat meng-klik nama quest untuk membuat karakter berlari ke arah tujuan quest. Namun, waspadalah terhadap musuh ketika Anda menggunakan metode ini.

Warfare RTS

Untuk menambah seru permainan dan sesuai dengan tema perang antar dua bangsa, L.A.W menambahkan fitur peperangan massal melawan pemain lain! Dengan bantuan fitur ini, Anda akan mengalami pertempuran besar yang melibatkan banyak sekali pemain dengan menggunakan kendaraan tempur, seperti tank dan helikopter untuk mengalahkan bangsa musuh! Oh, I love Tanks! Fitur ini memiliki peranan penting untuk merebut sumber energi dan sumber daya mineral yang sangat dibutuhkan untuk kemajuan bangsa dalam L.A W. Tentu saja supaya Anda bisa membuat lebih banyak tank!

LivingAfterWar Gameplay

Transformation

Transformation adalah salah satu fitur unik dalam game ini. Ketika Anda merasa terpojok, fitur ini dapat mengubah karakter Anda menjadi monster mutant yang ganas dan kuat! Selain perubahan fisik, Anda juga akan menjadi lebih kuat, baik dari sisi ketahanan tubuh dan besarnya damage yang dapat diberikan. Oleh karena itu, Transformation merupakan fitur LAW penting dan tidak boleh dilewatkan!

Sistem Ekonomi

Ekonomi merupakan salah satu unsur penting yang ada dalam MMORPG. Berkat ekonomi yang dinamis, Anda dapat memperkaya diri dengan hasil jerih payah menjual beragam benda yang Anda miliki. L.A.W memberikan Anda kesempatan untuk membuat private shop. Fitur ini memperkenalkan sistem ekonomi trading yang menyerupai pasar saham, lengkap dengan fluktuasi harga.

Bangun Station Anda Sendiri!

Sebelumnya Anda pasti bertanya apa sih “Station” itu? Setiap pemain L.A.W akan diberikan lahan yang dapat digarap dan dibangun fasilitas. Konsep station sendiri merupakan ide yang menarik, sebab Anda dapat membangun beragam fasilitas untuk meneliti perlengkapan perang, seperti armor dan senjata, terlepas dari dunia permainan yang didiami karakter Anda. Jadi, Anda dapat mengakses station setiap saat dan dari mana saja. Selain itu, station juga dapat digunakan untuk menyimpan barang dan menghasilkan mineral sebagai bahan dasar pembuatan perlengkapan perang. Anda juga bisa meningkatkan kemampuan station dengan meng-upgradenya menggunakan sumber daya dan uang yang Anda miliki. Selain itu, Anda harus memantau jumlah pasokan listrik station Anda! Jangan sampai fasilitas Anda terhenti akibat kurangnya listrik! Cukup upgrade generator yang ada atau beli yang baru! Fitur ini memberikan nuansa strategi dan manajemen terhadap L.A.W.

Komunikasi Strategis Menggunakan Smartphone

Komunikasi adalah salah satu elemen penting yang tidak boleh dilupakan oleh gamer online. L.A.W ternyata memiliki sistem komunikasi yang menarik dengan menggunakan smartphone. Kegunaan fitur ini selain mempermudah komunikasi dengan teman (terutama ketika akan melakukan party dan perang) juga sangat membantu untuk memantau harga resource yang terus berubah. Semua tanpa perlu menghidupkan game dan bisa Anda lakukan di mana saja dan kapan saja!

 

LivingAfterWar Nak warrior02

Kesimpulan

LivingAfterWar Questgiver

Meskipun L.A.W masih memiliki banyak bug dan error yang harus diperbaiki, setidaknya game ini memberikan gameplay yang cukup menarik. Apalagi konsep masa depan yang segar membuat permainan memiliki warna yang berbeda dengan game online yang ada. Pertempuran yang sengit untuk menguasai sumber alam serta beragam fitur menarik lainnya menjadikan L.A.W sebagai game online yang tidak boleh Anda lewatkan! Begitu juga dengan tampilan grafis yang menarik dan memanjakan mata. Jangan lupa, Anda bisa berperang dengan menggunakan tank di dalam game ini!

Kelebihan

  • Game online yang menggabungkan RPG dan RTS
  • Sistim PVP secara massal dengan memperkenalkan peperangan sengit antar bangsa
  • Sistim transformasi yang dapat mengubah karakter menjadi monster perang (mutant)
  • Kualitas grafis yang cukup bagus untuk game online
  • Jumlah quest yang banyak
  • Quest tracking untuk memudahkan misi Anda
  • Konsep station dan ekonomi dinamis

Kekurangan

  • Tidak bisa mengubah tombol Shortcut/hotkey
  • Sulit untuk melakukan swap weapon pada saat pertempuran
  • Begitu banyak bug dan masalah yang harus diatasi publisher
  • Terjemahan yang cukup membingungkan
  • Tidak ada Macro

Cocok Untuk

Gamer yang menyukai permainan game online RPG dengan konsep masa depan

Tidak Cocok Untuk

Gamer yang menyukai game bernuansa jaman dulu

Tertarik dengan game ini? Silahkan daftarkan diri Anda di website resmi Mobius untuk memainkanya. Jangan lupa juga sesuaikan spesifikasi komputer Anda untuk memainkan game ini:

LAW Spec
Load Comments

PC Games

November 25, 2021 - 0

Review Gunfire Reborn: Aksi Tanpa Basa-Basi!

Jika kita bicara soal developer asal timur Asia sekitar 10…
September 29, 2021 - 0

Review SAMUDRA: Dalam Lautan Dalam Pesan!

Berkembang dengan signifikan selama beberapa tahun terakhir ini, para talenta…
August 26, 2021 - 0

Impresi Park Beyond: Saatnya Meracik Taman Bermain yang Gila!

Ada sebuah keasyikan tersendir memang ketika sebuah game memberikan Anda…
August 20, 2021 - 0

Review 12 Minutes: Selamat Ulang Hari!

Untuk sebuah industri yang sudah eksis selama setidaknya tiga dekade,…

PlayStation

November 19, 2021 - 0

Preview Battlefield 2042: Masa Depan Tak Selalu Cerah!

Ada yang datang dengan antisipasi tinggi, tetapi tak sedikit pula…
November 19, 2021 - 0

Review GTA The Trilogy – The Definitive Edition: Bak Lelucon Besar!

Merayakan ulang tahun sebuah franchise legendaris adalah sebuah langkah yang…
November 17, 2021 - 0

Menjajal Elden Ring (Network Test): Makin Cinta, Makin Mantap!

Apa yang bisa Anda dorong lebih jauh dengan formula Souls-like…
November 15, 2021 - 0

Review Headset PULSE 3D Wireless – Midnight Black: Tiga Dimensi dalam Telinga!

Apa yang mendefinisikan sebuah pengalaman generasi terbaru? Bagi Sony dan…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…