Menjajal HALO Combat Evolved Anniversary: Standar Baru Sebuah Game HD Remake!

Reading time:
November 25, 2011

Hampir semua gamer tentu pernah mendengar nama franchise HALO sebelumnya. Game FPS yang pertama kali hadir di XBOX ini memang tampil fenomenal lewat gameplay-nya yang adiktif dan plot yang menawan. Begitu banyak gamer yang “terperangkap” dalam mode multiplayer online-nya yang hingga kini masih diakui sebagai salah satu terbaik yang pernah lahir di industri game. HALO juga menjadi salah satu pilar utama yang membuat Microsoft mampu bertahan sebagai pendatang baru di dunia konsol. Game buatan Bungie Studios ini mulai bergeser menjadi ikon utama dari supremasi XBOX di dunia barat kala itu.

Seiring dengan perkembangan waktu, HALO telah berkembang menjadi sebuah franchise raksasa yang luar biasa. Tidak hanya hadir dalam bentuk video game, plot dan dunianya yang luas juga dieksplorasi lewat beragam novel dan komik (prekuel dan sekuel) yang epik. Menceritakan tidak hanya perperangan manusia melawan Convenant dan Flood, tetapi juga sejarah besar di generasi sebelumnya. Namun siapa yang menyangka jika mahakarya franchise ini ternyata dimulai dari sebuah game sederhana – HALO: Combat Evolved di XBOX generasi pertama, yang tidak terasa, kini sudah berusia tepat 10 tahun.

Untuk merayakan 1 dekade usia game ini, sekaligus menjadi penanda bagi awal sejarah lahirnya sebuah fenomena, Microsoft memutuskan untuk merilis ulang HALO: Combat Evolved untuk XBOX 360. Proyek ambisius ini sendiri dikerjakan oleh 343 Industries yang bertanggung jawab atas franchise HALO setelah dilepas oleh Bungie Studios pasca HALO Reach. Bekerja sama dengan Saber Interactive dan Certain Affinity, HALO: Combat Evolved dipercantik agar mampu tampil dengan visualisasi dan teknologi konsol  masa kini. Sebuah proses yang secara mengejutkan melampaui sebuah konsep “HD Remake” belaka yang sedang marak di industri game saat ini.

343 Industries memang bukan developer pertama yang merilis ulang game lawas berkualitas mereka dan mengadaptasikannya kembali ke tampilan definisi tinggi. Capcom sudah melakukannya lewat Resident Revival Selection dan Konami bahkan merilis tiga seri Metal Gear Solid mereka ke sebuah kompilasi Metal Gear Solid HD Collection yang sempat kami review. Lantas apa yang membuat usaha untuk melahirkan kembali HALO: Combat Evolved ini berbeda? Anda akan terkejut dengan seberapa seriusnya 343 Industries menggarap kado ulang tahun HALO ini. Mereka boleh dikatakan berhasil menjadikan proyek ini sebagai ajang pembuktian kualitas dengan menaruh standar baru di dalam konsep “HD Remake”.

Plot dan Gameplay

Bagi Anda yang belum pernah memainkan HALO: Combat Evolved di XBOX generasi pertama sebelumnya, Anniversary Edition ini akan menjadi tempat yang sempurna untuk mempelajari awal dari kisah heroik Master Chief sebagai ujung tombak harapan dari eksistensi manusia. Apalagi jika Anda sudah pernah memainkan dan menamatkan Halo: Reach sebelumnya, Combat Evolved akan menjadi “sekuel” cerita dan menjadi kepingan puzzle yang Anda butuhkan untuk mengerti dunia Halo dengan lebih sempurna.

Setelah event di Halo: Reach, manusia yang berhasil selamat dari serangan mendadak Convenant memutuskan untuk melarikan diri ke luar angkasa. Salah satunya adalah Pillar of Autumn yang sialnya terdampar di dekat teknologi yang sedang menjadi pusat perhatian Convenant – Halo. Para Convenant tentu tak tinggal diam dan seketika langsung menyerang kapal perang harapan manusia tersebut. Kehancuran tak terhindarkan. Untungnya, salah satu pasukan terakhir dari proyek Spartan yang prestisius – Master Chief John-117, bersama dengan AI nya – Cortana berhasil melarikan diri dan selamat. Selama pertempuran untuk mempertahankan diri dan menyelamatkan pasukan lain yang berhasil selamat dari kehancuran Pillar of Autumn, Master Chief mulai menemukan kebenaran dari eksistensi Halo, alasan di balik ketertarikan Convenant, dan bagaimana teknologi ini ternyata memuat Flood – ras monster yang dapat memusnahkan seluruh semesta. Perjuangan tanpa takut untuk memastikan kelangsungan eksistensi manusia pun dimulai.

Orisinalitas gameplay tetap dipertahankan

Terlepas dari visualisasi yang dihasilkan, tidak banyak perubahan yang dihadirkan 343 Industries untuk gameplay Halo: Combat Evolved Anniversary Edition ini. Seperti pada seri XBOX-nya di masa lalu, Master Chief tetap hadir tanpa kemampuan dual-wielding yang memang baru digunakan Bungie Studios di HALO 3. Anda juga hanya harus bergerak titik tujuan misi, membunuh setiap musuh yang ada, sekaligus memasitikan diri selamat. Kesan orisinalitas gameplay seolah menjadi nilai jual utama yang dipertahankan. Beragam kemampuan Master Chief yang muncul setelah Combat Evolved tidak ada satupun yang diadaptasikan ke dalam Anniversary Edition ini. Semuanya tetap sama.

Graphic Comparison: Seberapa Signifikan Peningkatan Kualitas Grafis yang Ada?

Gamer yang mendengar kata HD Remake seringkali menuju pada satu konsep pemikiran yang sama – game lawas hadir dalam definisi tinggi namun tanpa peningkatan grafis yang signifikan. Memang harus diakui, kenyataan menyedihkan inilah yang terjadi. Sebagian besar developer yang merilis HD Remake memang hanya memastikan game tersebut tidak pecah dalam resolusi tinggi, tanpa ingin repot memberikan tambahan details atau memperbaiki beragam kelemahan visualisasi yang ada agar lebih maksimal. Untuk hal yang satu ini, mereka perlu belajar dari keseriusan 343 Industries ketika menggarap HALO: Combat Evolved Anniversary Edition.

Ketika game HD Remake lain datang dengan engine grafis yang sama, 343 Industries membangun HALO: Combat Evolved Anniversary Edition dari awal. Tidak tanggung-tanggung, mereka menggabungkan engine grafis HALO 3 dan Halo: Reach untuk memastikan game ini mendapatkan visualisasi yang maksimal dan up to date. Lingkungan yang terasa begitu kosong dan hampa di versi XBOX 10 tahun lalu diisi untuk menampilkan setting yang lebih kaya. Beragam details, dari senjata, tekstur, hingga desain musuh juga dibangun kembali dengan engine terbaru. Memainkan HALO Anniversary Edition ini tak ubahnya seperti sedang memainkan sebuah game baru, tetapi dengan rasa orisinil yang lama. Sebuah kompleksitas dalam bernostalgia. Anda bisa melihat screenshot di bawah ini untuk mendapatkan sedikit gambaran.

Gambar di atas tiap kelompok scene berasal dari HALO Combat Evolved di XBOX 10 tahun yang lalu, sedangkan gambar di bawah memperlihatkan tampilan di Anniversary Edition saat ini.

 

Kesimpulan

Pada awalnya, banyak gamer yang ragu dengan kemampuan 343 Industries untuk menjadi nahkoda bagi franchise raksasa sekelas HALO. Bayang-bayang Bungie Studios yang telah membesarkan franchise ini memang seolah tidak terbendung. Namun, sebagai sebuah proyek awal, 343 Industries harus diakui berhasil membuktikan diri lewat kualitas dan keseriusan penggarapan dengan standar yang tinggi untuk HALO: Combat Evolved Anniversary Edition. Setidaknya ini akan menjadi “pemanasan” yang bagus sebelum 343 Industries melompat ke proyek yang lebih besar seperti HALO 4.

Bagaimana dengan kesan Anniversary Edition ini sendiri? Keputusan untuk membangun kembali game ini secara keseluruhan dengan menggunakan engine yang lebih baru adalah pilihan yang paling sempurna. Memainkan awal petualangan Master Chief dalam visualisasi yang lebih menarik tentu meninggalkan kesan lebih kuat dan di sisi lain tetap memanjakan mata.

Worth to play!

Permasalahan yang cukup serius justru terjadi di sisi gameplay yang tidak banyak berubah. Upaya 343 Industries untuk mempertahankan orisinalitas gameplay dapat berujung blunder. Sebagai sebuah game FPS yang dibangun 10 tahun yang lalu, HALO: CE tentu hadir dengan keterbatasan desain level dan kesan repetitif yang begitu kental, sesuatu yang tidak lagi cocok dengan gamer masa kini. Berusaha memperbaikinya dengan hanya menggunakan engine baru tentu tak banyak membantu. Jika saja mereka dapat merombak sedikit desain level yang ada untuk memberikan atmosfer yang lebih segar sekaligus mencegah kebosanan, maka versi Anniversary ini akan tampil lebih meyakinkan.

Terlepas dari kelemahan yang ada, HALO: Combat Evolved Anniversary Edition ini tetap menjadi salah satu game yang worth to play! Bagi gamer yang pernah merasakan kejayaan XBOX di masa lalu, ia akan menjadi media nostalgia yang terbaik. Sementara bagi gamer yang baru pertama kali memainkannya, ia akan menjadi pembuka cerita untuk membangun ketertarikan pada dunia HALO nan luas dan seri-seri sekuel selanjutnya. Bravo, 343 Industries!

Load Comments

JP on Facebook


PC Games

April 16, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Blizzard (Diablo II: Resurrected)!

Kembali ke akar yang membuat franchise ini begitu fenomenal dan…
April 9, 2021 - 0

Menjajal Diablo II: Resurrected (Technical Alpha): Bagai Bumi Langit!

Perbedaan usia memang mau tidak mau harus diakui, juga membuat…
March 29, 2021 - 0

Review DOTA – Dragon’s Blood: Fantasi dan Promosi!

Apa satu aspek yang membuat DOTA 2 selalu kalah dari…
January 14, 2021 - 0

Menjajal DEMO (2) Little Nightmares II: Misteri Lebih Besar!

Tidak ada lagi yang bisa kami lakukan selain memberikan puja-puji…

PlayStation

May 7, 2021 - 0

Preview Resident Evil Village: “Liburan” ke Desa!

Lewat beberapa seri terakhir yang mereka lepas, Capcom memang harus…
April 29, 2021 - 0

Review RETURNAL: Surga Seru di Neraka Peluru!

Apa yang langsung muncul di benak Anda begitu kita berbicara…
April 23, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Toylogic & Square Enix (NieR Replicant ver.1.22474487139…)!

Tidak perlu menyelam terlalu jauh. Melihat nama “ver.1.22474487139…” yang didorong…
April 23, 2021 - 0

Preview RETURNAL: Brutal, Gila, Menyenangkan!

Ada yang istimewa memang saat kita membicarakan hubungan antara Sony…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…