Review Batman Arkham City Lockdown iOS: Versi Lebih Sederhana!

Reading time:
December 14, 2011
Batman Arkham City Lockdown 1

Perangkat iOS memang tidak dipungkiri telah bergeser menjadi salah satu alternatif perangkat multimedia paling mumpuni di pasaran saat ini. Kemampuan piranti lunaknya untuk memaksimalkan setiap aspek piranti keras yang diusungnya membuat iPhone, iTouch, dan iPad tampil sebagai “rumah baru” yang potensial bagi industri game. Tidak mengherankan jika banyak developer besar yang dulunya hanya berkecimpung di dunia konsol dan PC kini juga mulai melirik pasar iOS ini. Beberapa franchise raksasa pun mulai hinggap dan bersarang di dalamnya.

Tidak sedikit developer yang melihat ini sebagai kesempatan untuk memunculkan sebuah franchise baru dalam balutan eksklusivitas yang menawan. Chair Entertainment dan seri Infinity Blade mereka menjadi bukti yang paling nyata akan hal tersebut. Namun di sisi lain, perangkat iOS masih dilihat sebagai alternatif untuk memunculkan kualitas yang tidak jauh berbeda, namun sebagai bagian dari franchise yang sudah “dewasa” di konsol dan PC terlebih dahulu. Lewat sistem gameplay dan tampilan yang lebih sederhana, para developer ini berusaha menampilkan pengalaman yang serupa dalam genggaman.

Batman Arkham City Lockdown 9

Hal inilah yang tampaknya berusaha dilakukan oleh Warner Bros lewat Batman: Arkham City Lockdown yang baru dirilis untuk perangkat iOS. Merangkum dunia Arkham City yang luas dan memesona di konsol dan PC ke dalam sebuah perangkat mobile memang hal yang mustahil. Oleh karena itu, bekerja sama dengan Netherrealm Studios yang selama ini terkenal dengan seri Mortal Kombat mereka yang sukses, sebuah seri Batman yang baru dilahirkan. Kali ini untuk spesial untuk iOS. Seperti apakah seri yang disebut sebagai Batman: Arkham City Lockdown ini?

Plot

Batman Arkham City Lockdown 8
Tidak pernah ada kata istirahat untuk The Dark Knight

Bagi gamer yang sudah memainkan Batman Arkham City di konsol atau PC sebelumnya, tentu sempat bingung dengan plot yang tiba-tiba berkembang di sekitar Dr. Strange. Lompatan cerita yang cukup signfikan ini seolah tidak berhubungan dengan akhir plot di Arkham Asylum. Lockdown boleh terbilang lahir sebagai seri yang menjadi jembatan antara keduanya. Walaupun tidak menjadi satu-satunya alasan, Lockdown mengemukakan salah satu penyebab didirikannya Arkham City dan mengapa Batman terlibat di dalamya.

Tidak lama setelah event terakhir di Arkham Asylum, para penjahat kawakan yang sudah dihajar habis-habisan oleh Batman tampaknya tak pernah kapok membuat keonaran. Digawangi oleh sang jenius – Joker, mereka berhasil melarikan diri dari Arkham Asylum dan kembali mengancam Gotham City. Batman tentu terpanggil untuk kembali memastikan terciptanya kedamaian di Gotham. Sementara di sisi yang lain, Mayor Sharp menjadikan insiden ini sebagai justifikasi untuk mempercepat pembangunan Arkham City. Untuk sekali lagi, Batman harus memastikan semua penjahat yang keluar untuk terpenjara kembali di Arkham.

Gameplay

Batman Arkham City Lockdown 37
The power of Unreal Engine!

Visualisasi dan kualitas grafis harus diakui menjadi  salah satu kekuatan utama Batman: Arkham City Lockdown. Terang saja, game ini sendiri dibangun dengan Unreal Engine, engine grafis yang juga berhasil membuat Infinity Blade tampil memesona. Oleh karena itu, hampir tidak mungkin bagi game seperti ini untuk memberikan kesempatan bagi Anda untuk berpetualang dengan kebebasan yang maksimal. Visualisasi yang mumpuni dalam mobile biasanya datang dengan sebuah pengorbanan, dan biasanya menyerang bagian gameplay. Hal ini juga tidak bisa dihindari dari Batman: Arkham City Lockdown.

Jika kita harus menyederhanakan dan menyimpulkan bagaimana gameplay dari Lockdown ini, maka Infinity Blade menjadi pembanding yang setara. Batman: Arkham City Lockdown juga menghadirkan sistem gameplay rail-fighting sebagai format gameplay yang paling utama. Anda akan lebih difokuskan untuk bertempur satu lawan satu dengan musuh yang berada di depan mata, tanpa ada kesempatan untuk menjelajahi luasnya Gotham City sama sekali. Anda hanya harus memenangkan setiap pertempuran yang dilemparkan kepada Anda dan berlanjut hingga akhir permainan. Tantangan yang dihadirkan juga lebih kepada seberapa cepat dan tepat reaksi Anda pada setiap respon musuh, sembari memastikan bahwa nyawa Anda tidak terkuras habis. Sebuah konsep yang sederhana, namun adiktif.

Batman Arkham City Lockdown 15
Membersihkan dua area saja sudah cukup untuk menantang sang boss penguasa sub-region

Gotham City sendiri akan terbagi atas beberapa sub-region yang masing-masing berisikan satu boss utama yang harus dikalahkan oleh Batman. Di setiap sub-region ini, Batman harus menakhlukkan setidaknya dua dari tiga level yang ada untuk mencapai boss utama. Setiap sub-region ini akan memperlihatkan level dan kuantitas musuh yang berada di dalamnya. Jadi, Anda bisa mempersiapkan segala sesuatunya sebelum memutuskan untuk bergabung dalam pertempuran. Menariknya lagi, Anda juga bisa memainkan ulang setiap level yang sudah Anda selesaikan untuk keuntungan tertentu.

Mekanisme kontrol pada pertarungan satu lawan satu ini sendiri bukanlah sesuatu yang sulit untuk dikuasai. Tap pada layar satu kali untuk membuat Batman menghindari setiap pukulan yang dilayangkan padanya. Slide ke bawah untuk membuat Batman melakukan deflect dan counter terhadap pukulan yang mendekatinya. Slide kiri dan kanan digunakan untuk melancarkan serangan hook kiri dan kanan Batman serta membuat kombo darinya. Slide atas memastikan Batman melancarkan uppercut super kuatnya yang lebih cocok sebagai penutup kombo serangan. Melalui skema kontrol inilah, Anda diharapkan dapat menyelesaikan dan menakhlukkan setiap musuh yang menghadang Anda.

Batman Arkham City Lockdown 44
Pertarungan mano-a-mano, gunakan strategi yang tepat!

Strategi terbaik? Daripada memukul membabi buta tanpa arah, Slide bawah dan melakukan counter akan menjadi pembuka serangan yang paling baik. Menunggu kesempatan dan menetapkan timing akan memastikan strategi yang satu ini berhasil. Jika Anda berhasil melakukannya, maka musuh akan mengalami stun dan terbuka pada pukulan Batman. Ini adalah chance terbaik untuk mengirimkan damage sebesar mungkin dalam waktu yang paling singkat. Counter ini bahkan terkadang akan membuka kesempatan untuk melakukan finishing move yang mengakhiri pertarungan seketika, berapapun health bar musuh yang tersisa.

Musuh juga memiliki serangan spesialnya sendiri yang disebut Rage Mode. Pada beberapa titik pertarungan, musuh yang Anda hadapi akan memasuki mode ini untuk menyeimbangkan pertempuran. Mereka akan meluncurkan serangan dengan damage besar yang tidak bisa dicounter atau dibatalkan dengan serangan Batman. Oleh karena itu, Anda hanya bisa menghindar dari semua serangan yang ada di mode ini. Jika berhasil, musuh akan masuk dalam mode stun dan Anda bisa menghajar mereka sebebas mungkin.

Batman Arkham City Lockdown 35
Run Batman!! Run!!

Berbeda dengan pertempuran biasa, Boss Fight menghadirkan ekstra event yang harus dilalui sebelum bertarung melawan mereka mano-a-mano. Event yang berbeda ini tentu saja akan memunculkan pengalaman yang lebih menyegarkan setelah pertarungan repetitif yang harus Anda lalui untuk mencapai fase ini. Anda terkadang harus menyetir batarang dengan memiringkan perangkat iOS Anda, menghindar dari kejaran Salomon Grundy, sampai membersihkan layar dari semprotan tinta Joker. Namun pada akhirnya, Anda tetap harus bertarung dengan mereka pada sistem gameplay yang biasa. Strategi pertempuran dengan deflect dan counter juga berlaku untuk mereka.

Level Up dan Upgrade Kemampuan Batman

Batman Arkham City Lockdown 45
Maksimalkan point Waynetech untuk memperkuat Batman

Seperti pada game-game mobile yang lahir di masa sekarang, Batman juga menyuntikkan sedikit sistem RPG-like untuk memperkaya gameplay yang ada. Setiap pertarungan yang dimenangkan oleh Batman akan memberikan The Dark Knight ini sejumlah experience points yang dibutuhkan untuk meningkatkan level. Keuntungan apa yang akan didapatkan dari kenaikan level ini? Sang superhero tidak serta-merta akan bertambah kuat atau cepat, tetapi mendapatkan 1.000 points Waynetech dan kelipatannya pada level yang lebih besar. Apa kegunaan dari point ini sebenarnya?

Seperti pada Arkham City versi konsol dan PC, gamer juga berkesempatan untuk memperkuat Batman di Arkham City Lockdown. Kemampuan yang bisa ditingkatkan terbagi atas dua kelompok besar: Combat dan Gadgets. Combat akan langsung berhubungan dengan kemampuan bertarung Batman: damage serangan, health dan armor, serta kecepatan menghindar, serangan, dan counter. Sementara gadgets berisikan upgrade peralatan yang bisa digunakan oleh Batman selama pertarungan berlangsung. Anda bisa memperpanjang nyawa Batman dengan kotak health yang bisa diakses selama pertarungan, atau berfokus pada perangkat serangan tambahan seperti sarung tangan listrik.

Upgrade kemampuan ini tentu akan memastikan perjalanan Anda akan lebih mudah ke depannya. Apalagi jika level sub-region yang harus Anda lawan ternyata masih jauh terlalu tinggi. Kebebasan untuk memainkan level yang telah Anda selesaikan akan memberikan ekstra exp. dan kesempatan upgrade yang lebih besar. Oleh karena itu, manfaatkan semaksimal mungkin.

Kesimpulan

Batman Arkham City Lockdown 32
6 USD untuk sebuah game Batman dalam genggaman? Totally worth it!

Sebagai sebuah game mobile yang mengusung franchise besar sebagai dasar ceritanya, Batman: Arkham City Lockdown harus diakui berhasil melakukan hal tersebut. Walaupun mengusung sistem gameplay yang lebih sederhana dengan rail-fighting yang kian populer saat ini, semua elemen yang lain mampu dibangun dan terintegrasi sebagai sebuah pengalaman Batman yang menyeluruh. Dipilihnya Unreal Engine sebagai engine grafis sudah pasti membuat visualisasi game ini tidak perlu diragukan lagi. Namun elemen lain seperti sound effect, desain lingkungan, karakter, hingga finishing move berhasil dibangun Netherrealm Studios dengan sangat baik. Anda seperti memainkan Arkham City dalam format yang lebih sederhana. Bahkan elemen dramatisasi dan event unik di Boss Fight pun patut diacungi jempol.

Jika kita harus membicarakan kelemahan dari game yang satu ini, maka waktu penyelesaian boleh terbilang yang paling fatal. Walaupun game ini mengusung plot yang mengesankan seolah seluruh penghuni Arkham Asylum berhasil bebas, namun nyatanya musuh yang harus Anda hadapi sangatlah terbatas. Percaya atau tidak, Anda bisa menyelesaikan game ini hanya dalam kisaran waktu 1 – 1,5 jam saja. Memang Anda diberi kesempatan untuk memainkan ulang game ini dengan tingkat level musuh yang lebih tinggi dan sulit, namun tidak menghasilkan ketertarikan secara signifikan. Untuk USD 6 yang Anda keluarkan, terlepas dari gameplay yang singkat, Anda akan merasakan pengalaman petualangan Batman secara penuh.

Kelebihan

Batman Arkham City Lockdown 5
Unreal Engine memang pilihan yang terbaik
  • Visualisasi dengan Unreal Engine
  • Sistem level dan power up
  • Dramatisasi yang epik

Kekurangan

Batman Arkham City Lockdown 18
Serangan musuh akan terbaca dengan mudah
  • Waktu penyelesaian yang singkat
  • Gerakan musuh yang scripted dan mudah terbaca

Cocok untuk: gamer iOS yang butuh game pembunuh waktu luang yang berkualitas

Tidak cocok untuk: gamer dengan handset Android dan Blackberry

Load Comments

PC Games

November 25, 2021 - 0

Review Gunfire Reborn: Aksi Tanpa Basa-Basi!

Jika kita bicara soal developer asal timur Asia sekitar 10…
September 29, 2021 - 0

Review SAMUDRA: Dalam Lautan Dalam Pesan!

Berkembang dengan signifikan selama beberapa tahun terakhir ini, para talenta…
August 26, 2021 - 0

Impresi Park Beyond: Saatnya Meracik Taman Bermain yang Gila!

Ada sebuah keasyikan tersendir memang ketika sebuah game memberikan Anda…
August 20, 2021 - 0

Review 12 Minutes: Selamat Ulang Hari!

Untuk sebuah industri yang sudah eksis selama setidaknya tiga dekade,…

PlayStation

November 19, 2021 - 0

Preview Battlefield 2042: Masa Depan Tak Selalu Cerah!

Ada yang datang dengan antisipasi tinggi, tetapi tak sedikit pula…
November 19, 2021 - 0

Review GTA The Trilogy – The Definitive Edition: Bak Lelucon Besar!

Merayakan ulang tahun sebuah franchise legendaris adalah sebuah langkah yang…
November 17, 2021 - 0

Menjajal Elden Ring (Network Test): Makin Cinta, Makin Mantap!

Apa yang bisa Anda dorong lebih jauh dengan formula Souls-like…
November 15, 2021 - 0

Review Headset PULSE 3D Wireless – Midnight Black: Tiga Dimensi dalam Telinga!

Apa yang mendefinisikan sebuah pengalaman generasi terbaru? Bagi Sony dan…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…