Review The Lost Komodo: Game Promosi Pariwisata Indonesia

Reading time:
December 20, 2011
The Lost Komodo 7

Indonesia merupakan negara yang sangat indah. Kita, sebagai penduduk yang hidup di dalam negara yang istimewa ini tentu sangat menyadari potensi yang dimilikinya. Gugusan ribuan pulau, garis pantai dengan pasir yang begitu bersih, gunung yang begitu kokoh, biota laut dan darat yang begitu kaya, hingga atmosfer yang terasa begitu eksotis ada di negara kita ini. Namun, sayangnya, Indonesia seringkali tampil seolah kurang memperkenalkan diri, sehingga potensi ini tidak tetangkap secara maksimal oleh calon wisatawan, baik dari luar maupun dalam negeri. Walaupun demikian, industri pariwisata terus bertahan sebagai pejuang di garis dengan industri kreatif sebagai pilar penopang yang mumpuni.

Masih ingatkah Anda bagaimana perjuangan sebagian besar rakyat Indonesia untuk memastikan Pulau Komodo masuk ke dalam New 7 Wonders? Walaupun sempat memicu berbagai kontroversi, namun event yang satu ini harus diakui menghasilkan satu aspek positif. Kita dapat melihat bagaimana masyarakat bergerak dalam satu kesatuan untuk memastikan Indonesia lebih dikenal dunia. Banyak cara dilakukan, salah satunya seperti yang dilakukan oleh developer lokal kita – Vostrix Interactive. Mereka merilis sebuah game mobile sebagai bentuk dukungan. Lahirlah The Lost Komodo yang dirilis untuk iOS, Android, Blackberry.

Plot

The Lost Komodo 17
Sang komodo yang terdampar jauh, harus mencari jalan pulang kembali ke Taman Nasional Komodo

Game ini menceritakan seekor bayi komodo yang secara tidak sengaja terbawa dan tersesat di padang pasir, jauh dari rumah dan keluarganya. Oleh karena itu, ia harus berjuang untuk bertahan hidup sembari mencari jalan pulang – ke Taman Nasional Komodo. Sepanjang perjalanan, sang bayi komodo ini harus mencari makanan yang tepat dan menghindari predator.

Gameplay

Gameplay yang diusung oleh Lost Komodo sangat sederhana. Anda hanya perlu memastikan sang komodo untuk memakan beragam binatang yang ada di setiap level hingga pada kuantitas tertentu. Jika berhasil, ia akan tumbuh semakin besar dan Anda akan dibawa ke level selanjutnya. Namun perjalanan ini tidak semudah yang dibayangkan. Beragam predator yang lebih besar tentu menjadikan komodo ini sebagai target yang lezat. Tidak hanya itu saja, binatang kecil beracun dan perangkap juga menjadi ancaman yang menyulitkan.

The Lost Komodo 10
Inti dari game ini adalah memangsa binatang yang tepat dan menghindari predator dan jebakan yang ada
The Lost Komodo 5
Dengan skema kontrol bergaya joystick, The Lost Komodo akan lebih mudah dimainkan

Permainan berakhir jika Anda tidak berhasil menyelesaikan objektif dalam jumlah waktu yang disediakan atau health bar tidak tersisa lagi. Tenang saja, akan ada banyak item yang muncul sepanjang permainan dengan efek-efek yang menguntungkan seperti pertambahan waktu atau mempercepat gerakan si komodo hingga lebih mudah menangkap mangsanya. Anda hanya perlu berkeliling untuk menemukan mereka.

Pada dasarnya game ini dimainkan dengan menggunakan kemampuan accelerometer pada perangkat, dimana Anda menggerakkan sang komodo dengan memiringkan perangkat yang Anda gunakan. Namun bermain dengan gaya seperti ini tentu melelahkan dan akan tampak terlalu mencolok ketika melakukannya di tempat umum. Vostrix Interactive dengan cerdas menyertakan opsi untuk menggunakan skema kontrol ala Joystick yang lebih mudah.

Animasi yang Indah

The Lost Komodo 141
Cut-scene yang ada digambar dengan begitu apik. Dua jempol!

Satu hal yang patut diacungi jempol adalah keseriusan yang diperlihatkan Vostrix ketika mendesain game yang satu ini. Anda langsung bisa menilai bagaimana game ini dibangun dengan perencanaan yang matang dan mampu menampilkan sebuah kualitas yang tidak memalukan. Desain dari setiap level dihadirkan penuh warna cerah, indah, dan halus. Tidak hanya itu saja, setiap cut-scene yang menjadi jembatan cerita antar setiap level hadir dalam bentuk gambar animasi yang begitu indah dan lucu. Tidak diragukan lagi, The Lost Komodo memosisikan dirinya sebagai sarana promosi pariwisata Indonesia yang tepat. Kreativitas dan kecintaan pada negeri sendiri seolah tercermin kuat darinya.

Kesimpulan

The Lost Komodo 21
Kualitas yang dihadirkan membuat game yang satu ini patut dicoba!

Jika Anda memiliki perangkat yang mendukung game ini, tidak ada salahnya menjajal The Lost Komodo. Sebagai sebuah game hasil kerja keras pelaku kreatif dalam negeri, game ini datang dengan kualitas yang patut diacungi jempol. Sederhana, namun di sisi lain menyenangkan. Sayangnya, pada beberapa level Anda akan merasakan sedikit frustrasi karena tingkat kesulitan yang tinggi. Anda akan menemukan karakter komodo Anda dikelilingi oleh lebih banyak predator dan jebakan dibandingkan bahan makanan yang tersedia. Namun terlepas darinya, secara keseluruhan, game ini mampu tampil sebagai sebuah game mobile yang layak untuk dicoba. Semoga saja tujuan promosi pariwisata Indonesia berhasil diwujudkan dengan eksistensinya.

Aplikasi ini disediakan secara gratis lewat app store masing-masing sistem operasi.

Game ini dimainkan dengan Blackberry Playbook.

Load Comments

JP on Facebook


PC Games

July 3, 2024 - 0

Review Wuthering Waves: Penuh Pasang dan Surut!

Apa yang ditawarkan oleh Wuthering Waves? Mengapa kami menyebutnya sebagai…
June 28, 2024 - 0

Impresi Zenless Zone Zero (Build Terbaru): Lebih Cepat, Lebih Ketat!

Kami berkesempatan menjajal build terbaru Zenless Zone Zero. Apakah kami…
June 12, 2024 - 0

Preview My Lovely Empress: Racun Cinta Raja Racikan Dev. Indonesia!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh My Lovely Empress di…
February 6, 2024 - 0

Menjajal Honkai Star Rail 2.0: Selamat Datang di Penacony, Semoga Mimpi Indah! 

Honkai Star Rail akhirnya memasuki versi 2.0 dengan memperkenalkan dunia…

PlayStation

June 20, 2024 - 0

Wawancara dengan Zhenyu Li (Zenless Zone Zero)!

Kami sempat berbincang-bincang dengan produser Zenless Zone Zero - Zhenyu…
April 25, 2024 - 0

JagatPlay: Wawancara Eksklusif dengan Kim Hyung-Tae dan Lee Dong-Gi (Stellar Blade)!

Kami berkesempatan ngobrol dengan dua pentolan Stellar Blade - Kim…
April 24, 2024 - 0

Review Stellar Blade: Tak Hanya Soal Bokong dan Dada!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Stellar Blade ini? Mengapa kami…
April 22, 2024 - 0

Review Eiyuden Chronicle – Hundred Heroes: Rasa Rindu yang Terobati!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Eiyuden Chronicle: Hundred Heroes ini?…

Nintendo

July 28, 2023 - 0

Review Legend of Zelda – Tears of the Kingdom: Tak Sesempurna yang Dibicarakan!

Mengapa kami menyebutnya sebagai game yang tak sesempurna yang dibicarakan…
May 19, 2023 - 0

Preview Legend of Zelda – Tears of the Kingdom: Kian Menggila dengan Logika!

Apa yang ditawarkan oleh Legend of Zelda: Tears of the…
November 2, 2022 - 0

Review Bayonetta 3: Tak Cukup Satu Tante!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Bayonetta 3? Mengapa kami menyebutnya…
September 21, 2022 - 0

Review Xenoblade Chronicles 3: Salah Satu JRPG Terbaik Sepanjang Masa!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Xenoblade Chronicles 3? Mengapa kami…