10 Game Terpenting Sepanjang Sejarah Industri Game

Reading time:
December 28, 2011
galaga

Saat kita membicarakan industri game saat ini, maka sebagian besar dari kita tentu langsung menuju pada satu industri hiburan raksasa yang luar biasa. Sebagai industri yang berkecimpung di dalam ranah kreativitas, industri game saat ini sudah melahirkan begitu banyak produk, baik perangkat lunak maupun perangkat keras yang mendukungnya. Untuk memastikan diri dapat memenuhi kebutuhan unik setiap gamer, seperti layaknya sebuah industri film maupun musik, Industri game juga terpecah menjadi beragam genre dengan keunikannya masing-masing. Polarisasi yang menjadi pilar-pilar utama yang membuat dunia game berdiri tegak.

Jika saya meminta Anda untuk menyebutkan satu per satu genre yang ada di industri game, maka sebagian besar dari Anda tentu tidak akan merasa kesulitan. Setiap genre biasanya memiliki satu atau lebih franchise yang mampu menampilkan kualitas yang luar biasa sehingga layak dicoba oleh gamer manapun. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika seorang gamer biasanya sudah pernah menjajal beragam genre yang terdapat di industri game. Sebut saja Action, RPG, racing, sports, RTS, FPS, side-scrolling, hingga yang unik seperti Interactive Drama dan Crime Investigation. Semuanya menawarkan tantangan dan sensasi bermain yang berbeda satu sama lain.

Namun pernahkah Anda bertanya-tanya di dalam hati, dari mana sajakah genre-genre ini lahir?  Karena seperti yang kita tahu, sebagian besar dari genre game yang kita mainkan saat ini sejujurnya hanyalah merupakan turunan dari sesuatu yang sudah ada sebelumnya. Para developer di masa modern ini seolah mendapatkan jalan lapang yang sudah dibangun oleh para pendahulu mereka. Mereka hanya memodifikasi genre yang ada dengan visualisasi dan plot yang baru, atau berusaha menggabungkannya ke dalam satu gameplay. Namun melahirkan sebuah genre yang benar-benar baru? Kualitas kreativitas ini seolah sudah lama hilang. Bahkan game sekelas NFS atau Modern Warfare sekalipun hanya menjadi pengekor dengan kualitas yang superb. Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika kita memberikan sedikit tribut untuk game pencetus genre ini.

Tidak berlebihan tampaknya untuk menjadikan game-game ini sebagai game terpenting yang pernah lahir di industri game. Mengapa? Karena tanpa kehadiran mereka, kita tidak akan pernah mengenal industri game yang selama ini kita kenal. Anda ataupun saya tidak akan pernah menemui franchise-franchise besar yang membuat kita jatuh cinta dengan dunia game. Tanpa game-game terpenting di industri game ini, boleh dikatakan, tidak akan pernah ada industri game itu sendiri. Merekalah yang menjadi awal, menjadi dasar, sekaligus menjadi tiang bangunan yang meninggikan industri game seperti saat ini. Tidak hanya menjadi pengawal genre, tetapi juga teknologi yang kita kenal hingga saat ini.

Jadi, apa saja 10 game terpenting sepanjang masa yang pernah lahir di industri game?

10. Ultima Online

  • Release year: 1997
  • Publisher: Electronic Arts
  • Platform: PC
ultima online cover ultima online

Dunia MMORPG di masa modern ini harus diakui berkembang sangat pesat. Game-game seperti World of Warcraft dan RIFT yang mendunia, atau game online adaptasi Indonesia seperti Ragnarok dan RF menjadi bukti yang paling nyata. Dengan kualitas koneksi internet yang kian cepat dan murah, para gamer kini dapat menikmati sebuah game MMORPG tanpa perlu mengalami kesulitan apapun. Bandingkan dengan apa yang harus dilakukan oleh gamer di tahun 1997, 15 tahun silam, dimana internet masih menjadi benda mewah yang sulit untuk didapatkan dan kecepatan adalah sesuatu yang langka. Di masa seperti ini, EA memperkenalkan Ultima Online, salah satu game MMORPG legendaris yang telah mengubah industri game. Mengapa ia pantas masuk ke dalam list ini? Karena percaya atau tidak, Ultima Online adalah game MMORPG pertama di dunia yang berhasil membukukan pemain hingga 100.000 orang. Sebuah angka yang fantastis di kala itu. Berkat game ini jugalah, MMORPG Online berkembang.

9. Sim City

  • Release year: 1989
  • Publisher: Electronic Arts. Nintendo
  • Platform: Various
sim city logo

 

sim city

Apakah Anda termasuk penggemar game simulation? Game seperti ini biasanya akan memaksa Anda untuk memutar otak dalam mengatur resource yang terbatas untuk membangun sebuah kota, bangunan, rumah, atau bahkan pabrik. Beberapa Anda tentu mengenalnya dari game-game populer saat ini seperti The Sims atau seri Anno. Namun tahukah Anda siapa yang mencetuskannya? Sebuah game yang meminta gamer untuk lebih berfokus pada pengembangan dan pembangunan pertama kali, alias simulasi dicetuskan oleh seri klasik milik EA – Sim City. Seri yang dirilis pada tahun 1989 ini menjadi awal dari tren yang terus berkembang hingga saat ini. Bahkan Sim City sendiri telah berkembang menjadi franchise yang tumbuh bersama dengan waktu.

8. Quake

  • Release year: 1996
  • Publisher: Activision
  • Platform: PC, Mac, and consoles
quake logo quake1

Jika kita membicarakan genre game online yang paling populer saat ini, maka RPG dan FPS boleh dibilang memuncaki puncak persaingan. Dengan koneksi internet yang semakin mudah, franchise populer saat ini seperti Modern Warfare 3 dan Battlefield 3 mengusung sistem multiplayer online untuk mempertemukan gamer dari seluruh dunia pada satu pertempuran. Sebelum kedua franchise ini terkenal, Counter-Strike yang mengusung sistem LAN dan Online menjadi jawara yang berhasil mencapai popularitas yang tidak tergantikan selama bertahun-tahun. Namun, siapa yang sebenarnya menjadi pencetus ide petempuran dengan menggunakan koneksi internet ini? Benar sekali, game yang memperkenalkan format MMOFPS kepada industri game adalah Quake yang dirilis pada 1996.

7. Alone in The Dark

  • Release year: 1992
  • Publisher: Infogrames
  • Platform: Playstation, 3DO, PC
alone in the dark logo alone in the dark

Resident Evil, Silent Hill, Siren, Clocktower, Dead Space, hingga Fatal Frame merupakan seri-seri survival horror terbaik di industri game saat ini. Semua judul tersebut bahkan berhasil merebut hati para gamer dan tumbuh menjadi franchise raksasa yang masih bertahan hingga saat ini. Pernakah Anda bertanya-tanya siapa yang pertama kali meramu horror dan sistem gameplay penuh action ke dalam satu game ini? Sebagian besar Anda tentu yakin bahwa Resident Evil yang begitu populer di masa Playstation pertama adalah pencetusnya. Ternyata anggapan ini salah besar. Genre survival-horror justru diperkenalkan pertama kali oleh seri Alone in The Dark yang begitu fenomenal di awal kemunculannya. Anda yang pernah memainkannya tentu masih ingat bagaimana para bayangan dan kegelapan yang ditawarkan benar-benar bisa membuat bulu kuduk Anda merinding. Ironisnya, justru seri pencetus ini yang akhirnya tidak berhasil menyelamatkan diri dan terlempat dari kompetisi di industri game saat ini.

6.  Dune II

  • Release year: 1992
  • Publisher: Virgin Interactive
  • Platform: Amiga, DOS, Genesis/Mega Drive
dune II dune II gameplay

Dune mungkin nama yang tidak terlalu dikenal oleh gamer saat ini. Namun di masa kejayaannya, judul game yang satu ini benar-benar fenomenal. Percaya atau tidak, Dune II buatan sang legenda – Westwood Studios merupakan game yang memperkenalkan genre RTS kepada dunia. Gamer dituntut untuk mengumpulkan resource, membangun pangkalan dan kekuatan militer, menggerakkan serangan, dan menghancurkan daerah musuh. Walaupun tampil begitu sederhana, Dune II telah menjadi inspirasi terbesar bagi kelahiran seri game RTS hingga saat ini. Bahkan beberapa game seperti Warcraft, Starcraft, hingga Red Alert masih mengusung inti permainan yang sama.

Pages: 1 2
Load Comments

PC Games

September 29, 2021 - 0

Review SAMUDRA: Dalam Lautan Dalam Pesan!

Berkembang dengan signifikan selama beberapa tahun terakhir ini, para talenta…
August 26, 2021 - 0

Impresi Park Beyond: Saatnya Meracik Taman Bermain yang Gila!

Ada sebuah keasyikan tersendir memang ketika sebuah game memberikan Anda…
August 20, 2021 - 0

Review 12 Minutes: Selamat Ulang Hari!

Untuk sebuah industri yang sudah eksis selama setidaknya tiga dekade,…
June 24, 2021 - 0

Menjajal Tales of Arise: Luapan Rasa Rindu!

Gamer JRPG mana yang tidak gembira setelah pengumuman eksistensi Tales…

PlayStation

October 15, 2021 - 0

Review Demon Slayer – Kimetsu no Yaiba- The Hinokami Chronicles: Pemuas Para Fans!

Meledak dan langsung menjadi salah satu anime yang paling dicintai…
October 6, 2021 - 0

Review Far Cry 6: Revolusi yang Minim Revolusi!

Sebuah franchise shooter andalan, posisi inilah yang harus dipikul oleh…
October 1, 2021 - 0

Review Lost Judgment: Peduli Rundungi!

Sebuah langkah yang jenius atau ekstrim penuh resiko yang terhitung…
September 27, 2021 - 0

Review Diablo II Resurrected: Bentuk Baru, Cinta Lama!

Blizzard dan kata “remaster” sejauh ini memang bukanlah asosiasi yang…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…