Review Ultimate Marvel VS Capcom 3: Versi Repackage dengan Karakter Baru

Reading time:
December 1, 2011
Ultimate Marvel vs Capcom 3 11

Game fighting crossover yang mempertemukan dua dunia di dalam satu pertempuran yang epik memang selalu menarik untuk diikuti. Industri game sendiri sudah banyak melahirkan seri seperti ini. Apakah Anda masih ingat dengan X-Men VS Street Fighter, Tatsunoko VS Capcom, Mortal Kombat vs DC Universe, hingga Marvel vs Capcom. Sebagian besar dari mereka berhasil meraih kesuksesan yang luar biasa. Bagaimana tidak? Mempertemukan dua franchise raksasa tak ubahnya menggabungkan dua kubu fans fanatik ke dalam satu wadah. Genre fighting sukses menjadi katalis lewat sistem permainan yang sederhana dan menyenangkan.

Capcom boleh dibilang merupakan developer yang paling sering melahirkan game fighting dengan gaya crossover seperti ini. Selain sibuk mempersiapkan seri terbaru – Street Fighter X Tekken, Capcom juga baru saja merilis Ultimate Marvel VS Capcom 3 yang merupakan edisi pembaharuan dari Marvel vs Capcom 3. Versi repackage seperti ini bukanlah langkah pertama yang dilakukan Capcom untuk memaksimalkan keuntungan dari game yang sudah mereka rilis. Sebelumnya mereka juga sempat merilis Super Street Fighter IV dan Super Street Fighter IV Arcade Edition dengan beragam karakter baru dan penyesuaian kekuatan tiap karakter.

Ultimate Marvel vs Capcom 3 4 Ultimate Marvel vs Capcom 3 7

Marvel VS Capcom 3 yang dirilis awal tahun ini harus diakui terhitung sukses di pasaran. Setelah absen cukup lama sejak seri terakhirnya, Capcom mampu memunculkan kekaguman dan beragam pujian lewat perubahan signifikan yang ia hadirkan di game ini. Sistem tag team 3 karakter, visualisasi mumpuni sesuai teknologi konsol saat ini, dan keberanian untuk mengadaptasikan karakter-karakter baru nan unik menjadi kekuatan utama dari Marvel VS Capcom 3. Capcom tentu berangkat dengan ekspektasi yang sama ketika merilis Ultimate Marvel VS Capcom 3 ke pasaran. Mampukah penambahan beberapa karakter baru menghadirkan sensasi permainan yang lebih baik? Saatnya berhadapan dengan kenyataan.

Hal Baru Apa Saja yang Ditawarkan Ultimate Marvel VS Capcom 3?

Ultimate Marvel vs Capcom 3 12
Semua karakter baru dapat dipilih sejak awal permainan

Capcom tentu tidak hadir membawa kata “Ultimate” tanpa menambahkan hal baru ke seri Marvel VS Capcom 3. Dari semua perubahan yang diklaim dihadirkan, tambahan karakter mungkin menjadi yang paling mudah untuk disadari. Capcom menambahkan kurang lebih 12 karakter baru dari dunia Marvel dan Capcom. Sayangnya tidak semua karakter yang dihadirkan ikonik, sehingga tidak tertutup kemungkinan Anda tidak mengenal setengah darinya, terutama karakter yang dibawa oleh Marvel. Pro kontra sudah pasti terjadi terkait pilihan Capcom ini. Banyak yang merasa ada banyak karakter lain yang dirasakan lebih “pantas” untuk muncul di Ultimate Marvel VS Capcom 3. Sayangnya lagi, dua karakter DLC yang sempat dijual Capcom selama masa promosi Marvel VS Capcom 3: Jill Valentine dan Summagorath tidak dihadirkan dalam satu paket penjualan Ultimate ini.

Ultimate Marvel vs Capcom 3 105
Beberapa karakter mendapatkan serangan baru

Selain karakter, Capcom sebenarnya juga menghadirkan banyak hal baru lainnya yang harus diakui sulit untuk diperhatikan. Capcom sendiri mengklaim bahwa mereka telah melakukan beragam penyesuaian ulang untuk setiap karakter yang ada di Marvel VS Capcom. Capcom melakukan kalibrasi ulang kekuatan, damage, efek serangan, hingga kecepatan serangan. Selain itu, versi Ultimate ini juga menambahkan ragam serangan dan combo baru bagi beberapa karakter. Bagi Anda gamer casual yang memainkan game ini atas dasar kesenangan, penyesuaian ulang dan gerakan baru ini memang cukup sulit untuk disadari. Sebagian besar pengalaman bermain yang dihadirkan akan terasa sama, seolah tidak berpengaruh signifikan. Namun bagi para gamer professional yang hidup dari game fighting, perubahan yang dihadirkan Capcom menjadi sesuatu yang penting untuk dipelajari ulang dan menentukan strategi bertarung yang baru. Karena sebagian besar dari kita adalah gamer amatir, maka boleh disimpulkan bahwa Ultimate Marvel VS Capcom 3 tidak menawarkan banyak hal baru, selain tambahan karakter.

Lantas apakah game ini tidak datang dengan perbaikan di sektor yang lain? Bagi Anda yang memainkan seri originalnya, maka Anda akan menyadari bahwa visualisasi di versi Ultimate ini tampak lebih matang. Warna tampil lebih cerah dengan tampilan yang kini lebih padat penuh warna. Beragam tambahan efek juga kini dihadirkan untuk menjadi pemanis mata.

Mengenal Karakter Baru Lebih Jauh

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, Ultimate Marvel VS Capcom 3 menjadikan tambahan karakter baru sebagai nilai jual yang paling utama. Terhitung 6 karakter baru dari dunia Capcom dan 6 dari Dunia Marvel ikut bergabung di dalamnya. Semua karakter ini langsung terbuka dan dapat dipilih begitu Anda memainkan game ini tanpa butuh syarat-syarat tertentu. Bagi Anda yang bermimpi dapat mengendalikan Galactus di seri Ultimate ini, mimpi Anda tampaknya harus terkubur dalam karena Galactus masih menjadi Boss terakhir dan tidak bisa digunakan.

Siapa saja karakter baru yang dihadirkan? Sesi ini akan mengupas ke-12 karakter ini lebih dalam, tentu tidak dari segi teknis, tetapi lebih kepada kesan pertama yang mereka hadirkan. Beberapa screenshot juga ditambahkan untuk memberikan gambaran yang lebih baik.

Doctor Strange (Marvel – Doctor Strange)

Ultimate Marvel vs Capcom 3 75 Ultimate Marvel vs Capcom 3 81

Sebagian besar dari gamer mungkin tidak mengenal siapa sosok yang satu ini. Doctor Strange merupakan karakter superhero yang dijuluki Pesulap Terhebat seluruh semesta di dunia Marvel. Walaupun desainnya tidak memberikan kesan yang kuat akan hal tersebut, Strange menjadi karakter yang bisa diandalkan. Sebagian besar serangannya berfokus pada range dan trap, sehingga kurang efektif untuk bertarung jarak dekat. Jurus-jurusnya juga membutuhkan skema kontrol yang cukup sulit.

Ghost Rider (Marvel – Ghost Rider)

Ultimate Marvel vs Capcom 3 56 Ultimate Marvel vs Capcom 3 58

Pembalap iblis ini memang sedang meraih popularitas berkat film Hollywood-nya yang cukup sukses di pasaran. Ghost Rider hadir sebagai karakter yang balance. Serangan jarak dekat dan jauhnya dapat diandalkan. Gerakannya juga berimbang dengan damage yang terhitung rata-rata. Serangan-serangan biasanya yang lebih berfokus pada api dan rantai juga tidak sulit untuk dikuasai.

Hawkeye (Marvel – Hawkeye)

Ultimate Marvel vs Capcom 3 68 Ultimate Marvel vs Capcom 3 71

Jangan anggap remeh pemanah yang satu ini. Ketika anak panah sudah terbentang dari busurnya yang tertarik, maka target yang diinginkannya sudah pasti akan menerimanya. Hawkeye memang terkenal sebagai superhero Marvel dengan presisi serangan yang belum tertandingi. Di Ultimate MVC 3, ia menjadi karakter range yang sangat bisa diandalkan. Semua serangan range-nya mampu dieksekusi dengan kecepatan yang luar biasa, lebih cepat daripada semua serangan range di Marvel VS Capcom 3. Anda hanya butuh menjaga jarak untuk memenangkan pertarungan. Sayangnya, serangan spesialnya tidak terlalu efektif.

Iron Fist (Marvel – Iron Fist)

Ultimate Marvel vs Capcom 3 90 Ultimate Marvel vs Capcom 3 95

Iron Fist a.k.a Power Man bukanlah karakter yang cukup dikenal di dunia Marvel, tetapi ia mampu memunculkan aura kehadiran yang unik. Tidak seperti superhero yang lain, Iron Fist adalah petarung yang berfokus pada kemampuan bela dirinya. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika ia menjadi karakter yang kuat pada serangan melee dan kombo di jarak dekat. Kecepatan serangannya rata-rata dengan damage yang tidak terlalu besar.

Nova (Marvel – Nova)

Ultimate Marvel vs Capcom 3 51 Ultimate Marvel vs Capcom 3 53

Mungkin banyak dari Anda yang tidak mengenal siapa sosok yang satu ini. Superhero Marvel yang satu ini memang tidak setenar superhero Marvel yang lain, tetapi cukup memainkan peranan yang penting dalam semesta Marvel. Anehnya, sebagian besar serangannya hadir dengan range yang pendek, sementara serangan spesialnya muncul dalam range. Karakter yang tidak terlalu sulit untuk dikendalikan.

Rocket Raccoon (Marvel – Marvel Preview)

Ultimate Marvel vs Capcom 3 86 Ultimate Marvel vs Capcom 3 89

Jangan menganggap remeh karakter yang satu ini hanya karena ia seekor rakun dengan tubuh yang kecil. Karakter Marvel ini dikenal sebagai seorang ahli taktik dan komandan perang. Di Ultimate Marvel VS Capcom 3, Rocket Raccoon hadir dengan keuntungan sendiri. Bentuk tubuhnya yang cukup kecil membuatnya aman dari beberapa kombo yang membutuhkan serangan menengah. Ia merupakan karakter dengan fokus kemampuan range yang dapat diandalkan. Apalagi kecepatannya berada di atas rata-rata.

Firebrand (Capcom – Ghost n Goblins)

Ultimate Marvel vs Capcom 3 37 Ultimate Marvel vs Capcom 3 40

Gargoyle merah yang satu ini memang menjadi ancaman yang cukup menyebalkan di seri Ghost n Goblins di masa lalu. Kini ia hadir kembali di Ultimate MVC 3 sebagai salah satu karakter yang dapat digunakan. Seperti namanya, Firebrand tentu menggunakan api sebagai serangan utama, menjadikannya karakter range yang cukup efektif. Ia mampu bergerak dari sudut layar dengan cepat sembari menyerang, dan sekaligus terbang untuk sementara waktu.

Frank West (Capcom – Dead Rising)

Ultimate Marvel vs Capcom 3 17 Ultimate Marvel vs Capcom 3 19

Manusia biasa dalam pertarungan antar superhero? Bukan masalah! Pembasmi zombie yang datang dari seri Dead Rising ini masih mampu membuktikan diri. Ia dapat menggunakan beragam benda untuk dijadikan senjata pemusnah massal. Skema kontrol dan serangan West terhitung unik, karena ia masih membutuhkan indikator lain berupa skill level untuk mengaktifkan setiap darinya. Sebagian besar serangannya berfokus pada melee.

Nemesis T-Type (Capcom – Resident Evil 3)

Ultimate Marvel vs Capcom 3 16 Ultimate Marvel vs Capcom 3 14

Nemesis menjadi karakter baru dari dunia Resident Evil, menemani Chris dan Wesker yang sudah hadir dari seri sebelumnya. Seperti di game originalnya, Nemesis adalah karakter dengan pergerakan yang berat dan lambat, tetapi dengan damage yang besar. Sebagian besar serangannya dibuka dengan melee dan lebih berfokus padanya. Walaupun demikian, Nemesis juga membawa variasi serangan range dari moncong bazooka yang dibawanya. Hal ini menjadikannya karakter yang cukup berimbang, terlepas dari kecepatannya.

Phoenix Wright (Capcom – Ace Attorney)

Ultimate Marvel vs Capcom 3 32 Ultimate Marvel vs Capcom 3 33

Jika kita membicarakan karakter paling unik dan absurd di Ultimate MVC 3, maka Phoenix Wright pantas mendapatkannya. Bagaimana caranya karakter yang satu ini dapat bertarung melawan para superhero? Pada dasarnya, Phoenix Wright merupakan karakter dengan range serangan yang pendek. Namun, ia juga memiliki variasi serangan paling banyak di antara semua karakter yang ada. Wright memiliki tiga fase bertarung yang dapat diubah-ubah selama pertarungan: Investigation, Courtroom, dan Turnabout yang masing-masing membawa gerakan serangan yang berbeda. Turnabout mode dapat diaktfikan setelah menyelesaikan fase investigation dan courtroom yang cukup mudah. Serangan spesial terkuatnya juga merupakan salah satu serangan dengan damage terbesar.

Strider Hiryu (Capcom – Strider)

Ultimate Marvel vs Capcom 3 21 Ultimate Marvel vs Capcom 3 26

Hampir semua penggemar game Marvel vs Capcom tentu mengenal karakter ninja ikonik yang satu ini. Di Ultimate MVC 3, Strider Hiryu tetap hadir dengan variasi serangan yang tidak jauh berbeda dengan serangannya di seri yang lalu. Ia menjadi karakter yang paling reliable untuk membongkar pertahanan musuh karena kecepatan serangannya yang luar biasa. Jika Anda senang dengan karakter melee yang cepat, maka Hiryu akan menjadi senjata pemungkas Anda. Semua combo yang ia hadirkan juga mudah untuk dieksekusi.

Vergil (Capcom – Devil May Cry 3)

Ultimate Marvel vs Capcom 3 42 Ultimate Marvel vs Capcom 3 45

Walaupun hidup di bawah bayang-bayang Dante, Capcom mampu memunculkan Vergil sebagai satu entitas yang unik di game ini. Sama-sama bersenjatakan pedang, kecepatan Vergil tidak setinggi Dante. Ia juga terhitung sebagai karakter yang cukup berimbang, dengan serangan melee dan range yang sama efektifnya. Menariknya, Devil-Mode yang tidak terlalu esensial pada diri Dante menjadi hal yang cukup penting bagi Vergil. Tanpanya, Anda tidak akan bisa mengeluarkan jurus terkuat Vergil.

Kesimpulan

Ultimate Marvel vs Capcom 3 31
Pengadilan memutuskan: Urungkan niat jika Anda berencana membeli versi original game ini!

Apakah Anda termasuk gamer yang sangat mencermati setiap aspek serangan karakter di game fighting? Gamer yang hafal dengan setiap kombinasi tombol dan nama serangan di combo list? Gamer yang merasa bahwa perbedaan efek mini-stun dan knockback sepersekian detik adalah sesuatu yang sangat signifikan? Gamer yang melihat delay kecepatan serangan dalam hitungan milidetik dapat mempengaruhi outcome pertandingan? Jika Anda menjawab iya untuk semua di pertanyaan di atas, maka Ultimate Marvel VS Capcom 3 merupakan game yang harus Anda mainkan. Karena bagi gamer yang tidak peduli, Ultimate Marvel VS Capcom 3 hanyalah sebuah game repackage dengan tambahan 12 karakter baru, dengan sedikit permak visualisasi, tidak lebih.

Capcom harus diakui pantas mendapatkan acungan dua jempol untuk tambahan 12 karakter baru di Ultimate MVC 3 ini. Selain keberaniannya untuk melibatkan karakter yang unik dan absurd untuk bergabung, Capcom memenuhi ekspektasi dengan mampu memunculkan animasi serangan yang kental dengan ciri khas tiap karakter. Misalnya saja pada kasus Frank West dan Phoenix Wright yang boleh dikatakan mustahil muncul sebagai karakter tambahan di  sebuah game fighting. West tetap hadir dengan “rongsokan” nya sebagai senjata, sementara Wright tetap mampu membawa suasana pengadilan ke arena. Ini menjadi poin plus yang terpenting.

Jadi, apakah Ultimate Marvel vs Capcom 3 menarik untuk dimainkan? Tentu saja. Semua karakter yang baru ini memang mampu menawarkan gaya bertarung yang berbeda dan unik. Namun, apakah ia pantas untuk membuat Anda menghabiskan uang hingga ratusan ribu untuk sebuah versi original? Jika Anda bukan merupakan seorang kolektor, maka ada baiknya Anda menyimpan uang tersebut untuk game lain yang lebih baik. Percaya atau tidak, uang yang Anda keluarkan tidak akan sebanding dengan hal yang Anda dapatkan. Sebagai sebuah game yang hanya memunculkan sensasi baru lewat tambahan karakter bagi casual gamer, Ultimate Marvel VS Capcom 3 tidak mengalami perubahan yang signifikan dibandingkan versi sebelumnya. Lebih pantas untuk menjadi sebuah DLC saja.

Load Comments

JP on Facebook


PC Games

May 12, 2021 - 0

Menjajal Scarlet Nexus: JRPG yang Pantas Dinanti!

Sebuah kejutan yang menarik, ini mungkin kalimat yang pantas digunakan…
April 16, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Blizzard (Diablo II: Resurrected)!

Kembali ke akar yang membuat franchise ini begitu fenomenal dan…
April 9, 2021 - 0

Menjajal Diablo II: Resurrected (Technical Alpha): Bagai Bumi Langit!

Perbedaan usia memang mau tidak mau harus diakui, juga membuat…
March 29, 2021 - 0

Review DOTA – Dragon’s Blood: Fantasi dan Promosi!

Apa satu aspek yang membuat DOTA 2 selalu kalah dari…

PlayStation

May 12, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Insomniac Games (Ratchet & Clank: Rift Apart)!

Mengembangkan Spider-Man: Miles Morales, memastikan ia bisa memamerkan apa yang…
May 12, 2021 - 0

Ratchet & Clank – Rift Apart: “Emas” Playstation 5 Selanjutnya!

Usia yang masih “muda” bukan berarti menjadi alasan untuk tidak…
May 10, 2021 - 0

Review Resident Evil Village: Aksi Minim Ngeri!

Sebuah siklus? Sebuah strategi yang nyatanya berhasil? Atau memang rutinitas…
May 7, 2021 - 0

Preview Resident Evil Village: “Liburan” ke Desa!

Lewat beberapa seri terakhir yang mereka lepas, Capcom memang harus…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…