Menjajal Demo – Sumioni (PS Vita): Pertempuran Epik dalam Lukisan

Reading time:
January 30, 2012
Sumioni 1

Kehadiran PS Vita sebagai platfom game terbaru tentu membuat jantung kehidupan industri game berdetak semakin cepat. Gairah dan semangat terpancar begitu jelas dari para developer game yang berlomba-lomba ingin menjajal handheld potensial yang satu ini. Beragam fitur dan kemampuan PS Vita yang terhitung memesona menjadi media yang tepat untuk menghasilkan sebuah game yang jauh berbeda. PS Vita sendiri memang tidak hanya menawarkan mekanisme gameplay yang lebih interaktif, tetapi juga sebuah game yang tampil “manis” secara visual. Dua hal utama yang ditawarkan oleh sebuah seri game platformer eksklusif yang satu ini – Sumioni.

Sumioni sendiri merupakan game dua dimensi yang dikembangkan oleh Acquire Corp, developer yang bertanggung jawab di belakang game fenomenal – Way of Samurai. Game ini ditampilkan perdana di ajang TGS 2011 silam dan terhitung berhasil merebut perhatian industri game saat ini. Tampil dalam kualitas grafis yang indah, Sumioni juga menawarkan mekanisme gameplay yang didesain untuk memaksimalkan beragam fitur PS Vita. Tidak heran jika Sumioni menjadi salah satu game yang paling diantisipasi oleh gamer PS Vita saat ini.

Visualisasi

Sumioni 16
Seperti sebuah lukisan yang hidup

Playstation Vita memang harus diakui merupakan handheld gaming paling bertenaga di pasaran saat ini. Kemampuannya untuk menghasilkan kualitas grafis yang memesona tidak perlu diragukan lagi. Game-game seperti Uncharted: Golden Abyss dan Dynasty Warriors : NEXT menjadi bukti yang paling nyata bagaimana handheld yang satu ini mampu menampilkan visualisasi serupa dengan konsol di generasi saat ini. Namun berbeda dengan kedua game tersebut, Acquire Corp memilih menggali potensi grafis PS Vita dengan jalur yang lebih unik. Mereka memutuskan untuk menghadirkan Sumioni sebagai sebuah game platformer dua dimensi.

Walaupun hadir dalam format dua dimensi, bukan berarti developer tidak mampu menghadirkan sebuah game yang memanjakan mata. Suminoi menjadi game dua dimensi pertama PS Vita yang membuktikan hal tersebut. Game ini ditampilkan dengan visualisasi yang menyerupai lukisan oriental di masa lalu. Semua dunia di dalamnya dibangun dari coretan tinta yang lahir dari sapuan kuas yang jelas, seolah Anda bermain di dalam sebuah lukisan yang hidup. Setting dan baragam efek di dalam game juga ikut menguatkan citra tersebut. Walaupun demikian, kesan yang berbeda ditampilkan untuk desain karakter, bangunan, dan musuh yang tampil lebih solid dengan warna yang lebih padat.

Mekanisme Gameplay

Hampir semua game yang dihadirkan untuk PS Vita saat ini didesain untuk memaksimalkan semua fungsi yang terdapat di dalamnya. Hal yang sama juga dilakukan Acquire Corp untuk Sumioni. Analog tetap menjadi bagian paling krusial untuk melakukan navigasi gerak pada karakter yang memang hanya bergerak dari sisi layar kiri ke kanan. Tombol aksi fisik  konvensional juga tetap menjadi bagian terpenting untuk melakukan beragam aksi seperti melompat dan menyerang musuh. Namun inti permainan Sumioni terletak pada kemampuan layar sentuh PS Vita.

Sumioni 6
Sapu layar PS Vita Anda untuk menciptakan platform
Sumioni 17
Platform akan sangat berguna untuk mencapai area yang tinggi dan sulit

Misi yang dihadirkan memang sederhana. Layaknya game platformer lain, Anda hanya harus menyelesaikan setiap level dengan memastikan karakter Anda tiba dengan selamat di kanan layar. Layar sentuh PS Vita akan memegang peranan yang penting untuk memastikan hal tersebut dapat terlaksana dengan baik. Dengan hanya menyapu layar di handheld, Anda akan menciptakan sebuah goresan tinta yang berfungsi sebagai platform yang bisa dilewati oleh sang karakter utama. Darinya, Anda bisa mendesain jembatan atau tangga untuk mencapai area yang sulit atau menjadikannya sebagai sarana untuk menghindar dan lari dari serangan musuh.  Tidak hanya menciptakan platform, Sumioni juga menyediakan opsi untuk menghapus setiap tinta yang sudah Anda sapu di layar lewat ikon air di kanan bawah layar.

Sumioni 10
Berhentikan waktu dan gores layar!
Sumioni 11
Hasilnya? Kekuatan api yang destruktif!

Kemampuan layar sentuh ini sendiri juga sangat berperan penting dalam pertarungan. Selain serangan fisik dengan tombol kotak, Sumioni juga memiliki kemampuan untuk memunculkan serangan api secara masif di layar. Serangan yang sudah pasti dibutuhkan untuk melawan musuh yang muncul dalam jumlah besar atau bos yang butuh damage ekstra besar. Anda hanya perlu memberhentikan waktu dengan tombol L, melukis jalur api yang Anda inginkan dengan menyapu layar PS Vita, dan menjalankan waktu kembali. Jalur api akan muncul sesuai dengan garis yang Anda lukis. Namun patut diingat, serangan ini sendiri membutuhkan jumlah MP yang tidak sedikit.

Pantas untuk Dipertimbangkan ?

Sumioni 15
Sayangnya, saat ini hanya tersedia dalam bahasa Jepang

Walaupun tampil dalam sebuah genre yang terhitung sederhana, Sumioni mampu membuktikan diri sebagai sebuah game plaformer dua dimensi yang wajib dimiliki oleh gamer PS Vita. Visualisasi yang menawan dan mekanisme gameplay unik yang memaksimalkan fitur PS Vita menjadi dua point kekuatan yang membuat game ini begitu menarik. Di tengah gersangnya game berkualitas yang menyelimuti PS Vita, Sumioni hadir sebagai oase kecil yang sangat menarik.

Sayangnya, game ini baru dipastikan akan hadir untuk pasar Jepang tanpa kepastian translasi.

 

Load Comments

JP on Facebook


PC Games

May 12, 2021 - 0

Menjajal Scarlet Nexus: JRPG yang Pantas Dinanti!

Sebuah kejutan yang menarik, ini mungkin kalimat yang pantas digunakan…
April 16, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Blizzard (Diablo II: Resurrected)!

Kembali ke akar yang membuat franchise ini begitu fenomenal dan…
April 9, 2021 - 0

Menjajal Diablo II: Resurrected (Technical Alpha): Bagai Bumi Langit!

Perbedaan usia memang mau tidak mau harus diakui, juga membuat…
March 29, 2021 - 0

Review DOTA – Dragon’s Blood: Fantasi dan Promosi!

Apa satu aspek yang membuat DOTA 2 selalu kalah dari…

PlayStation

May 12, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Insomniac Games (Ratchet & Clank: Rift Apart)!

Mengembangkan Spider-Man: Miles Morales, memastikan ia bisa memamerkan apa yang…
May 12, 2021 - 0

Ratchet & Clank – Rift Apart: “Emas” Playstation 5 Selanjutnya!

Usia yang masih “muda” bukan berarti menjadi alasan untuk tidak…
May 10, 2021 - 0

Review Resident Evil Village: Aksi Minim Ngeri!

Sebuah siklus? Sebuah strategi yang nyatanya berhasil? Atau memang rutinitas…
May 7, 2021 - 0

Preview Resident Evil Village: “Liburan” ke Desa!

Lewat beberapa seri terakhir yang mereka lepas, Capcom memang harus…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…