Review Uncharted – Golden Abyss: Petualangan Drake dengan Rasa Berbeda!

Reading time:
January 17, 2012
PS Vita Uncharted Golden Abyss12

Sebuah game eksklusif mungkin menjadi primadona yang begitu populer di industri game masa lalu. Di masa dimana hanya satu atau dua konsol saja yang mendominasi persaingan tentu menjadi lingkungan yang lebih “nyaman” bagi para developer game. Keputusan untuk merilis sebuah game secara eksklusif juga tidak butuh pertimbangan banyak. Namun, hal yang sangat berbeda terjadi saat ini. Jumlah platform gaming yang semakin menjamur dan pesaing developer yang juga semakin meningkat secara kuantitas membuat eksistensi sebuah game eksklusif menjadi semakin langka. Untuk memastikan kesuksesan dan keuntungan, pilihan untuk merilis game secara multiplatform menjadi opsi yang paling masuk akal. Beberapa masih mampu bertahan dengan baik, salah satunya franchise eksklusif Playstation – Uncharted.

Uncharted yang lahir dari tangan dingin Naughty Dogs memang merupakan salah satu game action terbaik yang pernah diciptakan di industri game. Pilihan untuk merilisnya secara eksklusif untuk Playstation mungkin menjadi kesedihan terbesar gamer yang hanya memiliki platform lain selain konsol milik Sony tersebut. Keterikatan emosional Naughty Dogs dan Playstation yang sudah terjalin semenjak kelahiran game ikonik – Crash Bandicoot di masa keemasan Playstation seolah tidak mampu tergerus zaman. Buktinya? Sony dengan penuh percaya diri “menyerahkan” masa depan handheld terbarunya – Playstation Vita di tangan developer yang satu ini. Sony mempercayakan impresi pertama yang ditampilkan oleh handheld yang cukup diantisipasi ini lewat seri terbaru Uncharted yang memang didesain khusus – Golden Abyss.

Uncharted Golden Abyss 491

Bagi Anda yang sempat membaca preview kami sebelumnya tentu sudah memiliki gambaran tentang visualisasi menawan yang dihadirkan oleh Uncharted: Golden Abyss. Untuk urusan yang satu ini, Uncharted boleh dikatakan berhasil memaksa PS Vita untuk memunculkan kemampuan terbaik yang bisa dihasilkan oleh piranti kerasnya. Detail yang ditawarkan memang mendekati kualitas Playstation 3 dan tampil memukau. Namun, terlepas dari agenda utama yang dituntut oleh Sony, sebuah kualitas game tidak bisa ditentukan hanya dari visualisasinya semata. Pada akhirnya, game selalu menyangkut keseluruhan pengalaman yang dihadirkan. Sebuah tugas yang tidak mudah dicapai untuk sebuah franchise lawas di dalam sebuah platform dengan segudang fitur baru dan unik.

Lantas bagaimana performa Uncharted: Golden Abyss secara keseluruhan? Mampukah ia menawarkan suasana epic yang sama dengan tiga seri Uncharted sebelumnya yang lahir di Playstation 3? Atau PS Vita justru mengubahnya secara ekstrim?

Plot

Sebagai sebuah seri Uncharted, Golden Abyss tentu tetap akan mengusung inti cerita yang sama dengan tiga seri Uncharted lainnya yang dirilis di Playstation 3. Anda sekali lagi, harus berperan sebagai treasure hunter kawakan – Nathan Drake yang kembali terjebak pada rasa ingin tahunya yang “berbahaya”. Petualangannya untuk mencari harta karun yang selama ini hanya dikenal sebagai sebuah legenda membawanya kembali pada sudut-sudut dunia yang selama ini tidak pernah diketahui eksistensinya. Satu yang pasti, citra Drake sebagai magnet masalah dan peluru tampaknya belum terhapuskan di seri terbaru ini.

Uncharted Golden Abyss 641
Drake kembali menempuh bahaya demi harta karun masa lalu, kali ini ditemani oleh Chase

 

Uncharted Golden Abyss 681
Menyusuri jejak ekspedisi Spanyol 400 tahun yang lalu

Uncharted: Golden Abyss menceritakan usaha Drake untuk membuka relung misteri kota emas dari informasi yang sudah berusia 400 tahun. Bersama dengan temannya, Dante dan seorang cucu arkeologis  bernama Marisa Chase, Nathan Drake menyusuri jejak ekspedisi Spanyol dan beragam teka-teki yang berada di dalamnya, termasuk pembunuhan massal yang dilakukan oleh sekte tertentu di dalamnya. Tujuan utamanya: menemukan si kota emas – Golden Abyss. Namun, seperti biasa, perjalanan ini sendiri tidak akan mudah. Kekuatan besar lain yang berasal dari Jenderal Revolusi – Guerro ternyata juga menaruh perhatian yang sama untuk harta karun yang satu ini. Konflik pun tidak terhindarkan. Seperti pada seri Uncharted sebelumnya, pengkhianatan dan persahabatan dikemas di dalam sebuah plot yang epik.

Uncharted Golden Abyss 391
Masih mengusung esensi gameplay yang sama

Gameplay yang diusung sebenarnya tidak banyak berbeda dengan seri Uncharted di Playstation 3 yang kita kenal selama ini. Uncharted: Golden Abyss juga menghadirkan tiga unsur gameplay utama: Third person shooter, platformer, dan puzzle-solving, menjadkannya sebagai sebuah paket game dengan sisi action yang lengkap. Kehadiran Playstation Vita yang memuat beragam fitur unik yang tidak dimiliki Playstation 3 membentuk sisi unik sebuah Uncharted: Golden Abyss. Fungsi layar sentuh, accelerometer, hingga sensitivitas cahaya kamera mampu dimaksimalkan untuk menghadirkan pengalaman bermain yang berbeda. Keputusan Sony untuk mempercayakan PS Vita di tangan Naughty Dogs dibayar dengan kualitas yang luar biasa baik.

Pages: 1 2 3
Load Comments

PC Games

August 26, 2021 - 0

Impresi Park Beyond: Saatnya Meracik Taman Bermain yang Gila!

Ada sebuah keasyikan tersendir memang ketika sebuah game memberikan Anda…
August 20, 2021 - 0

Review 12 Minutes: Selamat Ulang Hari!

Untuk sebuah industri yang sudah eksis selama setidaknya tiga dekade,…
June 24, 2021 - 0

Menjajal Tales of Arise: Luapan Rasa Rindu!

Gamer JRPG mana yang tidak gembira setelah pengumuman eksistensi Tales…
June 17, 2021 - 0

JagatPlay: Interview dengan Tom Hegarty & John Ribbins (OlliOlli World)!

Tidak semua gamer mungkin pernah mendengar game yang satu ini,…

PlayStation

September 14, 2021 - 0

Review DEATHLOOP: Kesenangan Berulang, Berulang, Berulang!

Kami yakin sebagian besar dari Anda tentu saja sudah familiar…
September 8, 2021 - 0

Review Tales of Arise: Dahaga yang Terpuaskan!

Salah satu seri JRPG yang paling konsisten lahir di industri…
August 27, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara Eksklusif dengan Yasuhiro Kitao (Elden Ring)!

Impresi pertama yang begitu kuat dan mengagumkan, tidak ada lagi…
August 27, 2021 - 0

Impresi Elden Ring: Souls dengan Rasa Berpetualang!

Apa yang Anda pikirkan ketika mendengar nama From Software saat…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…