10 Kisah Cinta Paling Romantis di Video Game

Reading time:
February 14, 2012
Jill Valentine

Apa yang begitu spesial di tanggal 14 Februari 2012 ini? Sebagian masyarakat “modern” tentu akan langsung mengasosiasikannya dengan Hari Kasih Sayang dan Cinta, atau yang lebih dikenal sebagai “Valentine’s Day”. Terlepas dari seberapa banyak yang benar-benar mengerti tentang latar belakang sejarah, intisari, atau alasan dibalik kelahiran hari spesial ini, Hari Valentine mulai berkembang menjadi monumen perayaan kasih sayang yang melewati batas suku, agama, ras, dan golongan. Pada akhirnya, ia tumbuh menjadi kebudayaan pop dan tren yang perlahan namun pasti, menetap sebagai identitas kehidupan manusia modern.

Memang tidak mudah untuk mendapatkan kisah cinta yang begitu diidam-idamkan semua insan manusia di dunia. Cinta yang penuh romantisme dan pengorbanan adalah sebuah pencapaian yang hampir mustahil terjadi di dunia nyata,. Tidak bermaksud untuk pesimis, namun fakta bahwa banyak orang yang berusaha mencari kisah cinta seperti itu lewat film, musik, dan cerita adalah salah satu bukti yang paling nyata. Cinta dan kasih sayang yang romantis menjadi sebuah dunia fiksi yang menarik untuk dinikmati dan dihayati. Hal yang sama juga terjadi di dunia game.

Orang awam mungkin mengidentikkan industri game dengan aksi, kekerasan, kekejaman, petualangan, fantasi, dan semua hal yang lekat dengan dunia pria. Padahal jika ingin diselediki lebih jauh, dunia game memuat lebih banyak emosi yang kompleks daripada sekedar kepuasan atas melindungi kebenaran dan membunuh mereka yang bersalah. Percaya atau tidak, banyak video game yang menawarkan plot dengan kisah cinta terbaik yang pernah diciptakan, bahkan lebih baik daripada yang ditawarkan oleh Hollywood. Semua pengalaman “romantis” tersebut tampil lebih kuat berkat mekanisme interaktif khas video game yang juga membuat kita terserap ke dalam cerita yang dibawakan.

Hampir semua game, terlepas dari genre apapun yang diusung, seringkali membawa cerita cinta sebagai bumbu pelengkap yang paling mumpuni. Ia menghadirkan drama yang tidak bisa didapatkan hanya dari sekedar pertarungan skala besar atau pertempuran epik dengan monster super-besar. Tidak jarang, cerita cinta ini justru menjadi dasar dari semua cerita yang dibangun. Dari semua cerita cinta yang pernah lahir di industri game, munculah para pasangan kekasih di video game yang juga tak kalah memorable. Mereka berbagi eksistensi yang sama, hingga hampir tak mungkin hidup tanpa yang lainnya. Beberapa memang indah bak cerita dongeng, namun tidak jarang pula yang memperlihatkan tragedi sebagai bentuk nyata cinta yang sebenarnya.

Dari semua pasangan kekasih di industri game, siapa sajakah 10 pasangan kekasih paling “romantis” dari video game?

10. Nathan Drake & Elena Fisher (Uncharted)

drake elena

Memang cukup sulit untuk mendefinisikan Nathan Drake & Elena Fisher sebagai pasangan kekasih yang romantis. Drake sendiri tidak pernah berbicara terbuka bahwa ia mencintai Elena, dan begitu juga sebaliknya. Namun bagi gamer yang pernah memainkan seri Uncharted sebelumnya tentu menyadari bahwa kedua karakter ini memang tidak dapat dipisahkan begitu saja. Ketika Drake berada dalam bahaya besar, Elena selalu berada di sisinya, siap untuk mengorbankan banyak hal untuk menyelamatkan Drake dari ancaman. Drake juga selalu siap pasang badan jika bahaya datang mengancam nyawa Elena. Sikap saling memahami dan melindungi ini sudah menjadi bagian yang paling sederhana dari tumbuhnya cinta di masa depan. Drake dan Elena juga sempat terlibat beberapa kali event romantis yang mungkin dapat berkembang jauh.

9. Jansen Friedh & Ming Numara (Lost Odyssey)

jansen and ming

Ada yang percaya pada cinta pertama, ada yang percaya bahwa cinta datang dari proses pengenalan yang lebih jauh. Bagi Jansen, kedua proses inilah yang membuat hatinya tak mampu melepaskan sosok Ming. Setelah terkenal sebagai playboy kawakan, hati Jansen langsung terenyuh melihat Ming Numara, seorang ratu yang memimpin salah satu negara terbesar di dunia Lost Odyssey. Walaupun status sosial antar keduanya yang sudah terhitung berat untuk dilompati, Jansen terus berupaya mendapatkan cinta dari Ming. Sampai akhirnya ia menemukan fakta bahwa Ming adalah manusia abadi yang tidak bisa mati. Bukannya takut, Jansen justru terus berkomitmen untuk membuktikan cintanya dan bersedia menghabiskan seluruh masa hidupnya dengan Ming, walaupun ini tak akan menjadi cinta sehidup semati. Ketika Ming menerima cinta Jansen, para gamer yang pernah memainkan Lost Odyssey pasti merasakan ada satu gejolak yang hangat di hati. Ini adalah salah satu kisah cinta paling manis di dunia RPG.

8. Prince & Farah (Prince of Persia: Sands of Time)

the prince farah

Sebuah cerita tentang pangeran tidak akan lengkap tanpa kehadiran seorang putri yang cantik jelita. Hal inilah yang mungkin ditemukan oleh Prince ketika berpetualang dan berjuang sembari mengendalikan waktu dengan Sands of Time. Dalam perjalanannya yang berat ini, Prince bertemu dengan sosok wanita misterius yang ternyata juga selamat dari kekuatan sihir berat yang menyelimuti kerajaan. Walaupun tidak saling mengenal, keduanya saling membantu untuk memecahkan misteri yang terjadi. Berbeda dengan putri kerajaan di cerita dongeng yang sering digambarkan sebagai wanita anggun yang tidak bisa berbuat banyak, Farah mewarisi kekuatan dan kelincahan yang hampir setara dengan sosok Prince. Tidak heran jika kedua karakter ini seperti pasangan memang tercipta untuk satu sama lain.

7. Dominic Santiago & Maria Santiago (Gears of Wars)

dom maria

Kata-kata gombal tentu sering dilancarkan oleh pasangan muda-mudi untuk meyakinkan pasangannya betapa cinta mereka begitu besar. “Aku rela menyeberangi lautan dan mendaki gunung tertinggi, untuk cintamu”. Semua kata-kata ini sama sekali tidak berarti jika melihat perjalanan dan pengorbanan yang sudah dilakukan oleh Dominic Santiago aka Dom di Gears of Wars. Tanpa pernah mengemukakan kata cinta sama sekali, Dom tanpa lelah berusaha mencari dan menyelamatkan istrinya yang ditawan dan dijadikan bahan percobaan oleh para Locust. Dom benar-benar melewati semuanya untuk istrinya ini. Ia melawan lusinan peleton pasukan Locust, menyelami gua terdalam hingga inti bumi, menaiki monster-monster besar. Walaupun pada akhirnya semua hanya berujung pada tragedi yang tragis, Dom tetap mewakili sebuah kisah cinta idaman di dunia nyata.

6. Solid Snake & Meryl Silverburgh (Metal Gear Solid)

meryl snake

Perjumpaan dalam situasi yang aneh antara Solid Snake dan Meryl di Metal Gear Solid: Solid Snake menghasilkan sinyal-sinyal elektrik yang ternyata berkesan untuk keduanya. Setelah berhasil selamat bersama dari serangan Metal Gear Rex dan ambisi Liquid Snake yang menyeramkan, Meryl dan Snake memang memutuskan untuk berpisah jalan. Sosok wanita kharismatik ini juga tidak terlihat di seri sekuel Sons of Liberty yang memuat usaha Snake untuk membuka tabir misteri Metal Gear Ray. Namun, sebuah kejutan tampil di seri terakhir – Metal Gear Solid 4. Solid Snake yang untuk pertama kalinya bertemu Meryl setelah sekian lama akhirnya berbicara terbuka dan terang-terangan tentang perasaan mereka masing-masing. Meryl mengemukakan bagaimana sosok Snake tidak pernah meninggalkan hatinya. Respon Snake? Dirinya yang semakin menua menginginkan pasangan yang lebih pantas untuk Meryl. Ini semacam cinta yang tidak harus saling memiliki. Indah, tetapi sekaligus juga miris.

Pages: 1 2
Load Comments

PC Games

June 24, 2021 - 0

Menjajal Tales of Arise: Luapan Rasa Rindu!

Gamer JRPG mana yang tidak gembira setelah pengumuman eksistensi Tales…
June 17, 2021 - 0

JagatPlay: Interview dengan Tom Hegarty & John Ribbins (OlliOlli World)!

Tidak semua gamer mungkin pernah mendengar game yang satu ini,…
June 17, 2021 - 0

Menjajal OlliOlli World: Game Skateboard Imut nan Ekstrim!

Berapa banyak dari Anda yang seringkali melewatkan judul game-game “kecil”…
May 27, 2021 - 0

Review Mass Effect – Legendary Edition: Legenda dalam Kondisi Terbaik!

Bagi gamer yang tidak tumbuh besar dengan Xbox 360 dan…

PlayStation

June 21, 2021 - 0

Review Guilty Gear Strive: Wangi Kemenangan!

Sepak terjang Arc System Works di genre game fighting memang…
June 16, 2021 - 0

Review Final Fantasy VII Remake INTERGRADE (+ INTERMISSION): Selangkah Lebih Sempurna!

Mencapai sebuah keberhasilan untuk konsep yang di atas kertas nyaris…
June 11, 2021 - 0

Review Ninja Gaiden – Master Collection: Bak Tebasan Pedang Tua!

Apa nama franchise yang menurut Anda melekat pada nama Koei…
June 8, 2021 - 0

Review Ratchet & Clank – Rift Apart: Masuk Dimensi Baru!

Menyebut Insomniac Games sebagai salah satu developer first party tersibuk…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…