10 Kisah Cinta Paling Romantis di Video Game

Reading time:
February 14, 2012

5. Stahn Aileron & Rutee Katrea (Tales of Destiny)

stahn rutee

Di dunia nyata, pasangan terbaik adalah mereka yang bisa menyelesaikan masalah bersama, bukan?. Namun di dunia RPG, pasangan yang terbaik adalah mereka yang mampu bertarung dengan baik bersama. Di keseluruhan dunia Tales, tidak ada satupun pasangan yang mampu mengalahkan keserasian pasangan Stahn Aileron & Rutee Katrea dari seri Tales of Destiny pertama. Walaupun cerita yang terbangun tidak berfokus pada kisah cinta mereka berdua, namun semua gamer tentu dapat merasakan bagaimana kedua karakter  ini mampu bertarung bersama dengan sempurna, hingga pada batas, lemah tanpa kehadiran yang lain. Setelah akhir krisis di Tales of Destiny, Stahn pindah ke Cresta dan menikahi Rutee. Dari buah pernikahan mereka, lahirlah Kyle.

4. Wander & Mono (Shadow of Colossus)

wander mono

Seperti kisah yang diperlihatkan Dom di Gears of Wars, pengorbanan memang menjadi intisari yang paling penting dari cinta. Hal inilah yang juga menjadi fokus cerita dari salah satu game unik yang pernah lahir di industri game – Shadow of Colossus. Wander adalah seorang pria biasa yang berani memegang pedang dan panah melawan 16 raksasa yang berukuran ratusan kali badannya, untuk satu tujuan, mengembalikan kehidupan bagi wanita yang dicintainya. Pengorbanan yang diperlihatkan Wander memang terasa signifikan berkat mekanisme gameplay yang ditawarkan oleh game ini. Wander benar-beanr tampil sebagai manusia biasa yang tidak memiliki kekuatan super dan privilege tertentu untuk mengalahkan setiap Colossus dengan mudah. Setiap nyawa raksasa yang diklaimnya harus melewati proses perjuangan yang berat. Semuanyan demi cinta.

3. Cloud Strife & Aerith Gainsborough (Final Fantasy VII)

352650 cloud strife amp aeris gainsborough

Memang tidak mudah untuk menetapkan pasangan ini sebagai salah satu pasangan yang memberikan nuansa romansa di industri game. Walaupun harus diakui, Final Fantasy VII memberikan salah satu tragedi cinta paling tragis yang pernah lahir di dunia game lewat kematian Aerith di tangan Sephiroth, Namun pada kenyatannya, kisah cinta Cloud dan Aerith hanyalah sebuah kisah cinta yang bertepuk sebelah tangan. Cinta sejati Aerith hanyalah pada sosok Zack Fair, mentor dari Cloud sendiri. Cinta yang dilemparkan oleh Cloud, perasaan tertarik dan sayang yang diperlihatkannya sama sekali tidak menembus hati Aerith. Tetapi kisah cinta ini sendiri memang begitu mengena. “Pasangan” Cloud dan Aerith adalah salah satu cerita bagaimana romantisme dapat muncul dari tragedi yang mengundang air mata.

2. Max Payne & Mona Sax (Max Payne)

payne mona

Partner in crime, sebagian besar dari kita tentu mengharapkan pasangan yang mampu melakukan hal ini. Berbagi rasa cinta dan ketertarikan pada hal yang sama, di sisi yang lain mampu meraih dan melakukannya dengan keterampilan yang sama baiknya. Kisah inilah yang mungkin paling cocok untuk mendeskripsikan cinta Max Payne & Mona Sax. Walaupun keduanya seringkali berseberangan dalam berbagai hal, namun Payne dan Sax adalah dua sejoli yang tidak bisa terpisahkan. Ketika pada saatnya mereka harus saling membunuh, rasa cinta mereka menghalangi setiap peluru yang mungkin terluncur dari moncong senjata mereka masing-masing. Payne yang begitu dingin hanya bisa diluluhkan oleh kekuatan Sax, dan begitu  juga sebaliknya. Max Payne & Mona Sax adalah salah satu pasangan kekasih terbaik di industri game.

1. Tidus & Yuna (Final Fantasy X)

tidus yuna kiss

Dari semua seri Final Fantasy yang pernah dihadirkan Squaresoft (sekarang Square-Enix) di industri game, Final Fantasy X harus diakui merupakan seri yang memiliki jalinan plot dengan kisah cinta yang paling dramatis dan indah. Tidus selalu datang dengan satu tekad yang sama, melindungi Yuna yang naif dengan segala cara. Ketika ia mendengar bahwa Yuna harus mati untuk menyelamatkan dunia di akhir perjuangan, Tidus mati-matian berusaha mencari jalan alternatif agar Yuna mampu menghindari tragedi tersebut. Final Fantasy X juga menjadi seri Final Fantasy pertama yang menampilkan kisah cinta ini secara eksplisit. Adegan percintaan Yuna dan Tidus di Macalania Forest harus diakui merupakan salah satu adegan paling yang indah di industri game. Namun yang terbaik selalu disimpan untuk yang terakhir. Sebagian besar gamer tentu menitikkan air mata ketika harus berhadapan dengan ending FFX yang mengharukan. Walaupun Tidus berhasil menyelamatkan Yuna, bukan berarti mereka dapat hidup bersama. Pada akhirnya, takdir yang lebih besar memaksa mereka untuk berpisah. Sebuah kisah cinta yang lebih indah dari dunia dongeng.

Demikian adalah 10 pasangan kekasih paling romantis yang pernah ada di industri game. Seperti halnya di dunia nyata, tidak semua cinta berarti senyum, kesenangan, dan kebahagiaan. Tidak tertutup kemungkinan bahwa tragedi, pengorbanan, kematian, dan air mata justru menjadi indikator cinta dan kasih sayang yang lebih kuat. Jangan ragu untuk berbagi dan memberikan komentar jika Anda merasa ada pasangan yang seharusnya masuk di atas namun tidak terwakili. Feel free to comment!

forever alone gamers
What is Valentine?
Pages: 1 2
Load Comments

PC Games

June 24, 2021 - 0

Menjajal Tales of Arise: Luapan Rasa Rindu!

Gamer JRPG mana yang tidak gembira setelah pengumuman eksistensi Tales…
June 17, 2021 - 0

JagatPlay: Interview dengan Tom Hegarty & John Ribbins (OlliOlli World)!

Tidak semua gamer mungkin pernah mendengar game yang satu ini,…
June 17, 2021 - 0

Menjajal OlliOlli World: Game Skateboard Imut nan Ekstrim!

Berapa banyak dari Anda yang seringkali melewatkan judul game-game “kecil”…
May 27, 2021 - 0

Review Mass Effect – Legendary Edition: Legenda dalam Kondisi Terbaik!

Bagi gamer yang tidak tumbuh besar dengan Xbox 360 dan…

PlayStation

June 29, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara Eksklusif dengan Yoko Taro (NieR Series)!

Menyebutnya sebagai salah satu developer paling eksentrik di industri game…
June 24, 2021 - 0

Preview Scarlet Nexus: Bak Menikmati Anime Aksi Berkualitas!

Komitmen Bandai Namco untuk menawarkan game-game dengan cita rasa anime…
June 21, 2021 - 0

Review Guilty Gear Strive: Wangi Kemenangan!

Sepak terjang Arc System Works di genre game fighting memang…
June 16, 2021 - 0

Review Final Fantasy VII Remake INTERGRADE (+ INTERMISSION): Selangkah Lebih Sempurna!

Mencapai sebuah keberhasilan untuk konsep yang di atas kertas nyaris…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…