Unreal Engine 4 Terlalu Berat untuk XBOX 720?

Reading time:
February 14, 2012

 

unreal engine next gen

Perkembangan teknologi di industri game memang tidak selalu berhubungan dengan kelahiran piranti keras yang lebih kuat, tetapi juga kehadiran dukungan piranti lunak yang lebih baik. Pada akhirnya kualitas sebuah game ditentukan dari bagaimana engine yang dibangun untuknya dapat memfasilitasi semua kebutuhan yang diperlukan oleh developer. Hal inilah yang berusaha dicapai oleh Epic Games yang memang terkenal lewat engine grafisnya yang populer – Unreal Engine. Salah satu engine grafis yang paling sering digunakan ini kabarnya akan membutuhkan spesifikasi berat untuk generasi selanjutnya. Sesuatu yang bahkan kabarnya tidak akan dapat ditangani oleh konsol seperti XBOX 720 sekalipun.

Masih ingatkah Anda dengan bocoran informasi yang sempat beredar di dunia maya tentang XBOX 720? Konsol generasi selanjutnya ini kabarnya akan memuat kekuatan enam kali lipat lebih baik dibandingkan konsol XBOX 360 saat ini. Walaupun terdengar hebat, namun kenyataannya kekuatan seperti ini tidak akan mencukupi kebutuhan piranti lunak di masa depan. Tim Sweeney dari Epic mengungkapkan fakta mengejutkan ini. Menurut Sweeney, pengaplikasian Unreal Engine 4, seperti yang sempat terekam di Samaritan Demo, membutuhkan kemampuan konsol setidaknya sepuluh kali lipat lebih baik dibandingkan XBOX 360 saat ini. XBOX 360 hanya mampu melakukan pemrosesan sebesar 0.25 Teraflops, sementara Samaritan Demo membutuhkan kurang lebih 2.5 Teraflops.

unreal engine

Walaupun terlihat kurang meyakinkan, namun perlu diingat bahwa spesifikasi yang kabarnya akan diusung oleh konsol XBOX 720 seluruhnya masih berada dalam batas rumor belaka. Dengan kebutuhan jelas yang disampaikan oleh pihak Epic, manufaktur seperti Microsoft maupun Sony masih punya waktu untuk membangun perangkat gaming yang mampu memenuhi kebutuhan tersebut. Jika memang mereka tidak mampu, maka PC tampaknya akan menjadi platform gaming yang paling memadai. Kekuatan 10 kali lipat konsol saat ini? Kualitas setara Samaritan Demo? Akan jauh lebih menarik jika mereka juga berfokus untuk mengembangkan teknologi baru untuk menghadirkan pengalaman bermain yang berbeda.

Load Comments

PC Games

May 27, 2021 - 0

Review Mass Effect – Legendary Edition: Legenda dalam Kondisi Terbaik!

Bagi gamer yang tidak tumbuh besar dengan Xbox 360 dan…
May 19, 2021 - 0

Review Rising Hell: Melompat Lebih Tinggi!

Kualitas game indie yang semakin solid, tidak ada lagi kalimat…
May 12, 2021 - 0

Menjajal Scarlet Nexus: JRPG yang Pantas Dinanti!

Sebuah kejutan yang menarik, ini mungkin kalimat yang pantas digunakan…
April 16, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Blizzard (Diablo II: Resurrected)!

Kembali ke akar yang membuat franchise ini begitu fenomenal dan…

PlayStation

June 11, 2021 - 0

Review Ninja Gaiden – Master Collection: Bak Tebasan Pedang Tua!

Apa nama franchise yang menurut Anda melekat pada nama Koei…
June 8, 2021 - 0

Review Ratchet & Clank – Rift Apart: Masuk Dimensi Baru!

Menyebut Insomniac Games sebagai salah satu developer first party tersibuk…
June 8, 2021 - 0

Preview Guilty Gear Strive: LET’S ROCK!

Nama besar Arc System Works sebagai salah satu developer game…
May 12, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Insomniac Games (Ratchet & Clank: Rift Apart)!

Mengembangkan Spider-Man: Miles Morales, memastikan ia bisa memamerkan apa yang…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…