Review Final Fantasy XIII-2: Jauh Lebih Sempurna!

Author
David Novan
Reading time:
February 16, 2012

Apakah yang menurut Anda seharusnya ada dalam Final fantasy XIII? Penjelajahan ala RPG? Atau mungkin tidak adanya konsep kota seperti yang biasa ditemukan dalam game RPG lain? Apapun alasan Anda, Final Fantasy XIII mengalami penilaian yang buruk dari banyak pihak. Seakan angka 13 di judulnya menjadi angka sial. Lalu, bagaimana dengan Final Fantasy XIII-2? Mampukah game sekuel ini memperbaiki dan mengembalikan kepercayaan gamer akan kualitas seri Final Fantasy yang telah melegenda?

final fantasy xiii 2 p 0011

Bila Anda sempat membaca Preview Final Fantasy XIII-2 yang kami susun beberapa saat lalu, pastinya Anda dapat sedikit memperkirakan kualitas dari game ini. Ya, Final Fantasy XIII-2 jauh lebih baik dari pendahulunya! Bahkan, bisa dibilang Final Fantasy XIII-2 memiliki beragam fitur yang idealnya ada dalam game sebelumnya. Walaupun game ini sebenarnya dibangun dari pondasi yang sama, seperti cerita dan sistem battle-nya, tetapi Final Fantasy XIII-2 terasa seperti game yang benar-benar baru! Nah, berikut beberapa highlight yang dapat Anda temukan dalam game ini!

Cerita

Gamer yang berhasil menamatkan Final Fantasy XIII tentu mengetahui nasib dari semua karakternya. Setelah berhasil mengalahkan Orphan, fal’Cie yang mengatur Coccon; Lightning, Fang, dan Vanille mengorbankan dirinya dengan berubah menjadi kristal raksasa yang menahan jatuhnya Cocoon ke Pulse. Pada saat bersamaan Serah, adik Lightning yang berubah menjadi kristal pada awal permainan Final Fantasy XIII kembali menjadi manusia. Akhir yang menggantung dan samar pada ending Final Fantasy XIII diteruskan ceritanya pada Final Fantasy XIII-2. Jadi, Anda harus memainkan Final Fantasy XIII-2 untuk mengetahui keseluruhan ceritanya!

final fantasy xiii 2 p 0091

Permainan Final Fantasy XIII-2 diisi dengan petualangan Serah dan Noel Kreiss, pemuda misterius dari masa depan dalam menemukan Lightning. Ternyata, Lightning tidak ikut menjadi kristal seperti yang dikira semua orang dan memulai hidup barunya di Valhalla, dunia lain yang disebut Invisible World. Bila Anda mengetahui mythology buatan Square-Enix yang bernama Fabula Nova Crystallis, maka Anda akan lebih mengerti mengenai keberadaan Invisible World (Valhalla) dan Visible World (Pulse dan Coccoon). Mythology ini pula yang menjadi pondasi dasar cerita Final Fantasy lain, seperti Final Fantasy Agito XIII (Final Fantasy Type-O) dan Final Fantasy Versus XIII.

Konsep cerita dalam Final Fantasy XIII-2 begitu menarik untuk dimainkan. Pada game ini, Anda akan bertualang menjelajahi dimensi waktu dengan menggunakan Time Gate. Anda akan bertemu dengan tempat yang sama 3, 5, bahkan 200 tahun kemudian. Namun, keadaan dari tempat itu dan kondisi dunia telah berubah di setiap dimensi waktu yang Anda jelajahi. Hal inilah yang membuat Final Fantasy XIII-2 begitu menyenangkan untuk dimainkan!

final fantasy xiii 2 p 0151

Gameplay dan Battle

Sekilas memang tidak banyak yang berubah dari sisi gameplay dan battle. Anda tetap menjalankan karakter seperti Final Fantasy XIII dan battle juga berjalan sama. Pertempuran melawan musuh akan dijalankan dalam konsep Active Time Battle (ATB) unik dari Final Fantasy XIII, dimana Anda akan memasukkan urutan aksi yang memiliki harga indikator ATB. Mulanya Anda akan memiliki tiga ATB saja dan indikator akan terisi dalam waktu tertentu. Namun, seiring meningkatnya kekuatan karakter, jumlah ATB akan meningkat dan harga ATB untuk menjalankan aksi yang lebih kuat akan lebih besar. Akibatnya, Anda harus menunggu lebih lama untuk menjalankan serangan yang dahsyat.

final fantasy xiii 2 p 0331

Perbaikan dalam gameplay bila dibandingkan Final Fantasy XIII terletak pada beragam fitur baru. Kini Anda dapat melompat ketika menjelajah! Hal ini memang tidak begitu penting, tetapi fitur ini memberi Anda pengendalian penuh terhadap aksi karakter. Jumlah karakter yang dapat dimainkan juga menyusut jauh. Anda hanya dapat memainkan Serah dan Noel saja di sepanjang permainan. Karakter yang sebelumnya ada di Final Fantasy XIII dapat Anda temui di sepanjang perjalanan, seperti Hope dan Snow. Namun, mereka hanya menjadi tokoh tamu saja. Untuk menambal kekurangan ini, Final Fantasy XIII-2 memberikan fitur yang jauh lebih menarik, yaitu kemampuan untuk merekrut monster!

final fantasy xiii 2 p 0391

Memulai pertempuran dalam Final Fantasy XIII-2 juga berbeda dengan sebelumnya. Kini, Anda tidak dapat lagi melihat monster berkeliaran di area permainan. Pertempuran terjadi dengan menggunakan sistem random battle, yaitu Anda akan dikejutkan dengan kehadiran monster ketika bertualang. Namun, cara memulainya ternyata terkesan unik. Sebab, Anda akan menggunakan fitur Mog Clock untuk menentukan apakah battle akan menjadi preemptive, normal, atau ambush. Lebih jauh mengenai sistem Mog akan kami bahas nanti.

final fantasy xiii 2 p 0291

Fitur baru yang menurut kami paling menarik justru terletak pada adanya Cinematic Action dan Live Trigger. Cinematic Action akan muncul di tengah pertempuran melawan boss dan Anda akan diminta untuk menekan tombol yang tertera di layar permainan! Tombol tersebut akan memiliki durasi untuk ditekan dan kegagalan menekan tombol tersebut akan tercermin dalam aksi karakter Anda. Beda lagi dengan Live Trigger. Fitur ini akan muncul ketika Anda menghadapi pilihan di dalam event. Anda harus memilih salah satu respons jawaban dari empat opsi yang tersedia. Setiap jawaban akan memiliki efek yang berbeda! Keberhasilan pada Live Trigger dan Cinematic Action akan memberikan hadiah yang menarik. Pada kasus Live Trigger, ia bahkan akan memberikan hadiah yang berbeda untuk setiap opsi jawaban!

final fantasy xiii 2 p 0071
Tekan tombol yang muncul saat Cinematic Action!
final fantasy xiii 2 p 0171
Pilihan jawaban Anda akan menentukan hadiah yang Anda terima
Pages: 1 2 3 4
Load Comments

PC Games

May 27, 2021 - 0

Review Mass Effect – Legendary Edition: Legenda dalam Kondisi Terbaik!

Bagi gamer yang tidak tumbuh besar dengan Xbox 360 dan…
May 19, 2021 - 0

Review Rising Hell: Melompat Lebih Tinggi!

Kualitas game indie yang semakin solid, tidak ada lagi kalimat…
May 12, 2021 - 0

Menjajal Scarlet Nexus: JRPG yang Pantas Dinanti!

Sebuah kejutan yang menarik, ini mungkin kalimat yang pantas digunakan…
April 16, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Blizzard (Diablo II: Resurrected)!

Kembali ke akar yang membuat franchise ini begitu fenomenal dan…

PlayStation

June 11, 2021 - 0

Review Ninja Gaiden – Master Collection: Bak Tebasan Pedang Tua!

Apa nama franchise yang menurut Anda melekat pada nama Koei…
June 8, 2021 - 0

Review Ratchet & Clank – Rift Apart: Masuk Dimensi Baru!

Menyebut Insomniac Games sebagai salah satu developer first party tersibuk…
June 8, 2021 - 0

Preview Guilty Gear Strive: LET’S ROCK!

Nama besar Arc System Works sebagai salah satu developer game…
May 12, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Insomniac Games (Ratchet & Clank: Rift Apart)!

Mengembangkan Spider-Man: Miles Morales, memastikan ia bisa memamerkan apa yang…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…