Review Soul Calibur V: Sebuah Era Baru untuk Franchise Lawas

Reading time:
February 15, 2012

Critical Edge – Sistem Gerakan Pemungkas yang Baru

Soul Calibur V secara garis besar memang tidak menawarkan mekanisme pertarungan yang sama sekali baru untuk ukuran sebuah franchise lawas. Ia masih menghadirkan sistem pertarungan senjata yang masih sama dengan seri-seri sebelumnya. Walaupun demikian, harus diakui bahwa Soul Calibur V datang dengan animasi gerakan yang lebih halus dan terasa lebih mengalir. Kontrol serangan yang kita lancarkan juga menghasilkan kecepatan dan ketepatan gerakan yang jauh lebih responsif. Lantas, apakah Namco Bandai tidak menyisipkan hal baru sama sekali untuk seri kelima ini? Tentu tidak. Soul Calibur V datang dengan sistem gerakan pemungkas baru bernama Critical Edge.

Soul Calibur V 1601
Kapooowwww...!!!
Soul Calibur V 701
Hasilkan damage yang besar dengan mengeksekusi Critical Edge di saat yang tepat

Anda yang memainkan game ini untuk pertama kalinya tentu akan langsung menyadari bahwa Namco Bandai menghadirkan sebuah ekstra bar di sisi health bar para pertarung. Bar ini akan terisi secara otomatis setiap kali Anda melancarkan serangan yang menghasilkan damage atau kalah pada setiap ronde. Apa kegunaannya? Seperti pada game-game fighting arcade seperti KOF atau Street Fighter, Soul Calibur V juga menyediakan kesempatan bagi gamer untuk memastikan atau membalikkan kondisi pertarungan dengan mekanisme serangan besar baru bernama Critical Edge. Setiap kali bar ini terisi penuh, Anda bisa langsung mengeksekusi gerakan ini secara langsung dengan kontrol yang tidak terlalu sulit. Critical Edge hadir dengan animasi yang ditampilkan dengan luar biasa, sekaligus juga damage yang tidak main-main. Gerakan pemicu Critical Edge untuk semua pemain juga sama, sehingga Anda tidak perlu repot-repot harus menghafal kontrol untuk mengeksekusinya.

Ekspresikan Diri Lewat Creation Mode

Soul Calibur V 187
Ekspresikan diri sebebas-bebasnya lewat Creation Mode

Seperti seri-seri Soul Calibur sebelumnya, Soul Calibur V juga menyertakan Creation Mode bagi Anda yang ingin menciptakan karakter dengan gaya Anda sendiri. Namco Bandai menyediakan lusinan pakaian dan aksesoris untuk memastikan Anda mampu melahirkan sosok karakter dengan keunikan yang tiada duanya. Interface untuk melakukan hal ini juga bukanlah sesuatu yang sulit untuk dikuasai, dimana Anda hanya perlu melakukannya per tahap. Tidak hanya menciptakan, Anda juga bisa memodifikasi beberapa details pada karakter hasil rancangan Anda, dari warna, bahan, hingga pola.

Soul Calibur V 184
"Devil Jin" versi saya pribadi
Soul Calibur V 1781
Die! Die! DIEEE!!

Sayangnya, Soul Calibur V tidak menyediakan kemampuan untuk merubah preset-move untuk karakter yang kita ciptakan. Karakter yang kita bentuk harus menggunakan pola serangan dan senjata dari salah satu karakter default yang sudah ada. Oleh karena itu, Creation Mode tidak ubahnya sebuah mode modifikasi tampilan karakter yang sudah dipersiapkan oleh Namco Bandai sebelumnnya. Walaupun demikian, Namco Bandai juga menyisipkan beberapa preset-move rahasia yang terbuka jika Anda berhasil menyelesaikan persyaratan tertentu, misalnya seperti gerakan dasar milik Devil Jin dari Tekken. Saya pribadi langsung menciptakan “Devil Jin” ala kreativitas saya sendiri, yang tidak hanya menggambarkan kekuatan, tetapi juga atmosfer yang kental dengan rasa feminim dan seksi. Tidak cocok? Hell cares, my game, my rules. Untung saja Namco Bandai menyediakan segudang aksesoris dan pakaian yang mampu memfasilitasi semua ide liar tersebut.

Hilangnya Salah Satu “Identitas Utama” Soul Calibur

Soul Calibur V 1191
Sistem level kini menggantikan sistem shop secara keseluruhan

Apa yang membuat Anda betah memainkan Soul Calibur di masa lalu? Sebagian besar Anda tentu setuju bahwa sistem Shop merupakan salah satu daya tarik yang paling utama. Sistem ini membuat Soul Calibur mampu memberikan atmosfer achievement yang mendorong Anda untuk memainkan game ini berulang kali. Dengan menyelesaikan tantangan tertentu, Anda diberi kesempatan untuk membeli potongan equipment, aksesoris, dan senjata tertentu dengan efek-efek khusus di pertarungan. Bagi gamer yang begitu menyanjung mode yang satu ini, Anda harus bersiap kecewa menyambut Soul Calibur V.

Entah apa yang ada di pikiran Namco Bandai, namun satu yang pasti, mereka menghilangkan salah satu mode paling adiktif ini dari Soul Calibur V begitu saja. Tidak ada lagi sistem shop dan beragam harga yang harus Anda penuhi untuk dapat membuka perlengkapan di Creation Mode. Mekanisme ini diganti dengan sistem level-up ala game RPG. Setiap profile yang tercatat di Soul Calibur V akan memiliki sistem levelnya sendiri. Experience points didapatkan dari setiap pertarungan yang dijalani, besarnya tergantung pada kemenangan atau kekalahan yang Anda dapatkan. Semakin tinggi level Anda, semakin banyak pula pakaian dan aksesoris yang terbuka dan bisa Anda gunakan. Semuanya tersedia begitu juga secara otomatis. Mengecewakan.

Tidak hanya sistem shop saja yang dihilangkan, salah satu mode paling unik dari Soul Calibur – Exhibition Mode yang mempertontonkan kebolehan para karakter menguasai penggunaan senjata mereka masing-masing juga tetap tidak terlihat di Soul Calibur V. Sebuah kesalahan besar yang tetap dipertahankan sejak Soul Calibur IV, padahal banyak gamer yang secara terang-terangan menentang dihapuskannya mode ini.

Pages: 1 2 3 4
Load Comments

PC Games

June 24, 2021 - 0

Menjajal Tales of Arise: Luapan Rasa Rindu!

Gamer JRPG mana yang tidak gembira setelah pengumuman eksistensi Tales…
June 17, 2021 - 0

JagatPlay: Interview dengan Tom Hegarty & John Ribbins (OlliOlli World)!

Tidak semua gamer mungkin pernah mendengar game yang satu ini,…
June 17, 2021 - 0

Menjajal OlliOlli World: Game Skateboard Imut nan Ekstrim!

Berapa banyak dari Anda yang seringkali melewatkan judul game-game “kecil”…
May 27, 2021 - 0

Review Mass Effect – Legendary Edition: Legenda dalam Kondisi Terbaik!

Bagi gamer yang tidak tumbuh besar dengan Xbox 360 dan…

PlayStation

June 29, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara Eksklusif dengan Yoko Taro (NieR Series)!

Menyebutnya sebagai salah satu developer paling eksentrik di industri game…
June 24, 2021 - 0

Preview Scarlet Nexus: Bak Menikmati Anime Aksi Berkualitas!

Komitmen Bandai Namco untuk menawarkan game-game dengan cita rasa anime…
June 21, 2021 - 0

Review Guilty Gear Strive: Wangi Kemenangan!

Sepak terjang Arc System Works di genre game fighting memang…
June 16, 2021 - 0

Review Final Fantasy VII Remake INTERGRADE (+ INTERMISSION): Selangkah Lebih Sempurna!

Mencapai sebuah keberhasilan untuk konsep yang di atas kertas nyaris…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…