Review Naruto Shippuden Ultimate Ninja Storm Generations: Hanya untuk Para Fans Sejati!

Reading time:
March 30, 2012

Tetap Hadir Dengan Sistem Battle yang Serupa

Naruto Shippuden Ultimate Ninja Storm Generations 28
Sistem pertarungan yang dihadirkan tetap sama, menghadirkan lingkungan tiga dimensi yang memungkinkan Anda untuk bergerak bebas

Berbeda dengan seri-seri game fighting di masa lalu, ada kecenderungan bahwa game-game fighting berbasis anime saat ini lebih sering ditampilkan dalam konsep pertarungan tiga dimensi yang terkesan lebih bebas. Daripada sekedar bergerak dan menghajar dari satu sisi ke sisi lainnya, Anda diberi kebebasan untuk menggerakkan karakter dalam lingkungan model tiga dimensi, dimana Anda bisa bergerak ke arah manapun. Naruto Shippuden Ultimate Ninja Storm Generations juga mengusung konsep pertarungan yang sama. Sistem kamera yang dinamis juga mampu memastikan tidak akan ada karakter yang dirugikan dalam pertarungan, walaupun Anda berada dalam posisi jauh sekalipun. Untuk urusan yang satu ini, Ultimate Ninja Storm Generations patut diacungi dua jempol.

Sistem pertarungan yang ada juga memastikan Anda dapat mengeksekusi semua jenis serangan dengan mekanisme yang sangat sederhana. Menekan tombol pukulan dan arah akan menampilkan kombo serangan panjang yang akan diakhiri dengan satu serangan besar yang sinematik. Berbeda dengan game fighting lain yang mengandalkan penguasaan pada kombinasi kombo dan jurus besar, Ultimate Ninja Storm Generations hanyalah soal eksekusi gerakan dalam timing yang tepat. Menghindari serangan musuh dengan replacement jutsu dan melakukan counter-attack serta mencari waktu yang tepat untuk melancarkan serangan terkuat akan menjadi esensi dari setiap pertarungan yang akan Anda temui. Anda juga bisa memanfaatkan anggota tim yang lain untuk melancarkan serangan kecil yang akan membuat musuh “sibuk” sementara Anda mengatur strategi serangan selanjutnya.

Naruto Shippuden Ultimate Ninja Storm Generations 8
Yang terpenting adalah mencari timing yang tepat untuk melancarkan serangan secara terbuka. Mekanisme combonya sendiri tampil sangat sederhana, hanya tinggal menekan tombol pukulan berkali-kali hingga sebuah serangan akhir yang kuat muncul.
Naruto Shippuden Ultimate Ninja Storm Generations 50
Serangan spesial dengan damage dan efek yang luar bisa juga dapat dieksekusi dengan mudah
Naruto Shippuden Ultimate Ninja Storm Generations 45
Setiap serangan spesial ini akan datang dengan efek-efek sinematik yang memanjakan mata

CyberConnect2 juga tampaknya masih bertahan dengan konsep game fighting yang lebih dititikberatkan pada pengalaman secara “visual” daripada menghadirkan kompleksitas “standar” yang biasanya dihadirkan oleh sebuah game fighting. Eksekusi jurus besar pun dapat dilakukan dengan sangat mudah. Anda hanya tinggal mengumpulkan chakra dalam jumlah yang cukup, mempersiapkan diri Anda dengannya (yang terlihat sebagai api biru yang menyala di sekeliling tubuh karakter) dan tinggal menekan tombol pukulan untuk menghasilkan satu serangan andalan dengan damage besar. Selanjutnya? Menikmati semua efek dan ledakan yang memanjakan mata.

Kesederhanaan yang ditampilkan oleh Ultimate Ninja Storm Generations ini membuatnya dapat diakses oleh tipikal gamer manapun, bahkan termasuk mereka yang tidak familiar dengan game fighting sebelumnya. Boleh disimpulkan bahwa seri terbaru game Naruto ini juga tetap lebih mementingkan unsur fun, dengan fokus untuk menjaring penggemar anime Naruto di seluruh dunia.

Segudang Karakter Ikonik untuk Anda Gunakan

Selain sistem pertarungan yang berjalan lebih halus dan mengalir dibandingkan seri pendahulunya, Ultimate Ninja Storm Generations juga memiliki segudang karakter ikonik dari seri anime dan manga yang sudah pasti Anda kenal, tentu saja jika Anda merupakan salah satu penggemar franchise ini. Ada kurang lebih 72 karakter playable yang bisa Anda gunakan dalam mode Free Battle melawan teman Anda ataupun Online Battle melawan gamer di seluruh dunia. Hampir semua karakter familiar dari petualangan awal Naruto hingga pertempuran epiknya melawan Pain di Konoha dihadirkan di sini, termasuk para Kage dan Hokage masa lalu. Cara untuk membukanya? Anda harus menyelesaikan setiap cerita dari setiap karakter di Story Mode.

Naruto Shippuden Ultimate Ninja Storm Generations 42
Anda hanya tinggal menyelesaikan semua jalinan cerita di Story Mode untuk membuka semua karakter yang tersedia (yang sayangnya, belum sempat kami lakukan, seperti yang dapat Anda lihat di screenshot di atas)
Naruto Shippuden Ultimate Ninja Storm Generations 14
Seperti karakteristiknya di seri anime dan manga, Deidara tetap hadir sebagai karakter yang berfokus pada serangna jarak jauh

Keunggulan utama game ini tidak hanya sekedar dari menghadirkan karakter dengan jumlah yang begitu besar, tetapi juga adaptasi “karakteristik” yang terhitung mumpuni untuknya. Identitas paling utama setiap karakter mampu ditampilkan dengan ciamik, dari segi desain hingga gaya bertarung khas yang memang identik dengan karakter-karakter tertentu. Contohnya? Salah satu anggota Akatsuki – Deidara yang memang dikenal sebagai “ahli peledak” dan spesialis serangan jarak jauh. Dengan feel yang sama dengan seri animenya, Anda juga akan menemukan sosok Deidara dengan fokus kemampuan dan gaya menyerang yang serupa di Ultimate Ninja Storm Generations ini.

Nikmati Konten-Konten Original yang Belum Pernah Ada Sebelumnya!

Apa yang membedakan antara Naruto di versi manga dan anime? Mengapa lebih banyak penggemar seri ini yang lebih memilih untuk mengikuti versi manga yang ada daripada seri anime walaupun ia menghadirkan kesan yang lebih “hidup” lewat gerakan yang dinamis? Jawabannya tentu ada kontroversi hadirnya episode-episode filler yang seringkali membuat cerita di anime jauh lebih lambat daripada versi manga. Sementara di sisi lain, manga, waluapun statis, hadir dengan timeline yang efektif tanpa harus dipusingkan dengan sisi cerita lain yang terkadang tidak berkontribusi signifikan pada timeline utama. Lantas apa hubungannya dengan seri Storm Generations kali ini? Percaya atau tidak, CyberConnect2 ternyata menghadirkan cukup banyak konten “filler” original yang hebatnya, memiliki keterkaitan yang sangat kuat dengan jalinan cerita utama yang ada, sehingga membuatnya sebagai salah satu daya tarik yang akan sulit ditolak oleh para penggemar Naruto, baik penikmat manga ataupun animenya.

Naruto Shippuden Ultimate Ninja Storm Generations 55
Naruto Shippuden Ultimate Ninja Storm Generations menyediakan konten-konten orisinil yang melengkapi latar belakang cerita karakter yang ada
Naruto Shippuden Ultimate Ninja Storm Generations 56
Minato dan Hatake Kakashi muda. Apa yang sebenarnya terjadi?

Salah satu contohnya adalah latar belakang cerita yang menyelimuti salah satu sosok ninja paling misterius di keseluruhan dunia Naruto – Hatake Kakashi. Jika di seri manga dan anime, Anda hanya diberi kesempatan untuk melihat sekelibat masa lalu Kakashi yang terkait dengan Uchiha Obito dan mata Sharingan yang didapatkannya, maka Ultimate Ninja Storm Generations ini datang dengan latar belakang cerita yang lain. Game ini menghadirkan konten orisinil yang menceritakan kedekatan masa kecil Kakashi dengan sosok sang guru – Minato, ayah dari Naruto sendiri. Hebatnya lagi? Konten-konten orisinil ini disajikan dalam bentuk anime high-definition dengan kualitas yang luar biasa. Sebuah “godaan” yang tidak mungkin ditolak oleh pecinta seri Naruto.

Pages: 1 2 3
Load Comments

PC Games

January 20, 2023 - 0

Review A Space for the Unbound: Standar Tertinggi Game Indonesia Saat Ini!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh A Space for the Unbound?…
October 18, 2022 - 0

Review Uncharted Legacy of Thieves (PC): Drake Pindah Rumah!

Seperti apa performa dan fitur yang ditawarkan oleh Uncharted Legacy…
September 23, 2022 - 0

Review IMMORTALITY: Misteri Dalam Misteri Dalam Misteri!

Apa yang sebenarnya  ditawarkan oleh IMMORTALITY? Mengapa kami menyebutnya game…
August 19, 2022 - 0

Review Cult of the Lamb: Menyembah Setan Sambil Bertani!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Cult of the Lamb ini?…

PlayStation

January 30, 2023 - 0

Review Dead Space Remake: Isak Tangis di Luar Angkasa!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Dead Space Remake ini? Apa…
December 22, 2022 - 0

Review Crisis Core – Final Fantasy VII Reunion: Reunian dengan Muka Baru!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Crisis Core – Final Fantasy…
December 8, 2022 - 0

Review Star Ocean – The Divine Force: Bukan Melesat, Malah Meleset!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Star Ocean: The Divine Force?…
December 7, 2022 - 0

Review The Callisto Protocol: Permulaan yang Menjanjikan!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh The Callisto Protocol ini? Mengapa…

Nintendo

November 2, 2022 - 0

Review Bayonetta 3: Tak Cukup Satu Tante!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Bayonetta 3? Mengapa kami menyebutnya…
September 21, 2022 - 0

Review Xenoblade Chronicles 3: Salah Satu JRPG Terbaik Sepanjang Masa!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Xenoblade Chronicles 3? Mengapa kami…
August 4, 2022 - 0

Preview Xenoblade Chronicles 3: Seperti Sebuah Keajaiban!

Kesan pertama apa yang ditawarkan Xenoblade Chronicles 3? Mengapa kami…
April 6, 2022 - 0

Review Kirby and The Forgotten Land: Ini Baru Mainan Laki-Laki!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Kirby and the Forgotten…