Final Fantasy XIII-2: Tips & Trik

Reading time:
March 5, 2012

6. Easy Money dan CP

narasimha
Narasimha untuk CP tercepat

Gil dan CP merupakan dua “mata uang” terpenting di Final Fantasy XIII-2. Yang satu berfungsi untuk membeli item yang dibutuhkan, sedangkan yang lainnya dibutuhkan untuk “membeli” status dan level yang dibutuhkan. Bagaimana cara mendapatkan keduanya dengan mudah? Anda membutuhkan fragment skill Battlemania dan Rolling in CP untuk keduanya dengan level yang cukup tinggi (setidaknya dengan HP di atas 7.000). Untuk Easy Money (Gil), Anda dapat menjajal dan mengalahkan Raspatil di Oerba -400AF- yang muncul sebagai lubang hitam saat encounter. Jika Anda cukup kuat, satu pertarungan ini akan menghasilkan kurang lebih 100.000 gil untuk setiap pertarungan. Bagaimana dengan Easy CP? Anda dapat ke Yaschas Massif -100AF- dan -110AF- dan berburu monster spesial – Narasimha dengan CP sekitar 3000-4000 / battle.

7. Cara Terbaik Menundukkan Slot Machine di Serendipity?

serendipity slot machine
Butuh kesabaran dan keberuntungan untuk memenangkan mesin yang satu ini

Ada banyak alasan mengapa Slot Machine di Serendipity mampu membuat Anda kelabakan dan frustrasi. Mesin judi yang didasarkan pada keberuntungan ini memang “menjanjikan” peluang menang yang mampu melipatgandakan jumlah koin Anda dalam sekejap. Anda membutuhkan koin ini untuk membuka memory fragments dan membeli item-item penting seperti “Chaos Crystal” yang berguna untuk menghadirkan senjata terkuat di FF XIII-2.  Lantas apa yang perlu Anda lakukan? Bicara dengan waitress di depan slot machine dan pastikan ia menjawabnya dengan “It’s Like A Hot Summer Day”. Pastikan Anda punya modal setidaknya 15.000 koin di awal permainan dan save terlebih dahulu sebelum memulai mesin ini. Cara setelahnya begitu sederhana. Anda hanya perlu mengaitkan karet gelang dan memastikan tombol L1 (PS3) atau LB (XBOX 360) terus tertekan dan memicu auto-trigger pada mesin tersebut. Langkah selanjutnya? Cek secara berkala untuk memastikan apakah Anda sedang menang atau kalah.

8. Wound Potion is Crucial!

wound damage
Selalu siapkan wound potion jika tidak ingin mati perlahan dalam pertempuran

Dari semua item yang tersedia di shop, wound potion adalah item yang harus Anda pastikan ada dalam stok dalam jumlah yang cukup banyak. Mengapa? Karena sebagian besar musuh besar yang ada (Boss, mini Boss) seringkali menghasilkan damage wound yang cukup besar. Dengan pertarungan yang terkadang masih berjalan waktu yang cukup lama, memiliki wound damage tentu menjadi disadvantage yang merugikan, terutama jika Anda terus mendapatkan damage secara konstan. Hebatnya lagi, wound hanya bisa disembuhkan dengan menggunakan wound potion. Jadi jangan berharap terlalu banyak bagi Medic untuk menyediakan alternatif penyembuh untuk status effect yang satu ini.

9. Kejar Semua Wild Artefact!

wild artefacts1
Kejar semua wild artefacts!

Selain artefact utama yang digunakan untuk mengakses tempat-tempat yang berhubungan dengan garis utama plot, Anda juga memiliki kesempatan untuk membuka timeline yang berbeda-beda dengan menggunakan Wild Artefact yang tersebar. Sebagian darinya akan mudah didapatkan dan berada di depan mata Noel dan Serah, namun tidak sedikit yang membutuhkan ekstra kerja keras untuk ditemukan. Wild Artefact sangat dibutuhkan untuk membuka area alternatif yang seringkali terkait dengan sub-quest dan quest utama yang ada. Tanpa membuka dan mengeksplorasi setiap dari mereka, mustahil bagi Anda untuk mendapatkan memory fragments secara penuh dan membuka fragment skills yang menarik. Lokasinya? Here they are:

wild artefacts

10. Final Fantasy XIII-2 Memiliki Secret Ending

ending
Kumpulkan semua 160 memory fragments untuk membuka ekstra ending!

Jika Anda termasuk salah satu gamer yang sudah menyelesaikan Final Fantasy XIII-2 dan masih shock melihat ending yang dihadirkan oleh Square Enix, tugas Anda sendiri ternyata masih jauh dari selesai. Fragment skills – Paradox Scope yang Anda dapatkan dari pertarungan terakhir tersebut akan menjadi kunci untuk mengambil dan menyelesaikan quest-quest memory fragments yang tersisa. Untuk apa Anda mengumpulkan kepingan-kepingan ini? Selain untuk mendapatkan akses yang lebih luas untuk fragment skills yang ada, memory fragments juga menjadi elemen paling krusial untuk membuka secret ending di FF XIII-2. Kumpulkan 160 dari mereka, maka Anda akan mendapatkan extra scene yang memberikan sedikit gambaran akan kelanjutan ending yang ada. Cara untuk mengumpulkan mereka semua? Anda bisa menuju ke sini untuk mendapatkan petunjuk yang mumpuni.

Sekian adalah tips dan trik untuk Final Fantasy XIII-2, terutama bagi Anda yang baru hendak mulai memainkan game yang satu ini. Semoga membantu!

Source Gambar: Google

Pages: 1 2
Load Comments

PC Games

January 20, 2023 - 0

Review A Space for the Unbound: Standar Tertinggi Game Indonesia Saat Ini!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh A Space for the Unbound?…
October 18, 2022 - 0

Review Uncharted Legacy of Thieves (PC): Drake Pindah Rumah!

Seperti apa performa dan fitur yang ditawarkan oleh Uncharted Legacy…
September 23, 2022 - 0

Review IMMORTALITY: Misteri Dalam Misteri Dalam Misteri!

Apa yang sebenarnya  ditawarkan oleh IMMORTALITY? Mengapa kami menyebutnya game…
August 19, 2022 - 0

Review Cult of the Lamb: Menyembah Setan Sambil Bertani!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Cult of the Lamb ini?…

PlayStation

December 22, 2022 - 0

Review Crisis Core – Final Fantasy VII Reunion: Reunian dengan Muka Baru!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Crisis Core – Final Fantasy…
December 8, 2022 - 0

Review Star Ocean – The Divine Force: Bukan Melesat, Malah Meleset!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Star Ocean: The Divine Force?…
December 7, 2022 - 0

Review The Callisto Protocol: Permulaan yang Menjanjikan!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh The Callisto Protocol ini? Mengapa…
November 11, 2022 - 0

Review Sonic Frontiers: Gaya Baru, Lumayan Seru!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Sonic Frontiers ini? Mengapa kami…

Nintendo

November 2, 2022 - 0

Review Bayonetta 3: Tak Cukup Satu Tante!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Bayonetta 3? Mengapa kami menyebutnya…
September 21, 2022 - 0

Review Xenoblade Chronicles 3: Salah Satu JRPG Terbaik Sepanjang Masa!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Xenoblade Chronicles 3? Mengapa kami…
August 4, 2022 - 0

Preview Xenoblade Chronicles 3: Seperti Sebuah Keajaiban!

Kesan pertama apa yang ditawarkan Xenoblade Chronicles 3? Mengapa kami…
April 6, 2022 - 0

Review Kirby and The Forgotten Land: Ini Baru Mainan Laki-Laki!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Kirby and the Forgotten…