Final Fantasy XIII-2: Tips & Trik

Reading time:
March 5, 2012

final fantasy xiii 2 p 009
Help me finish this game, Noel!

Setelah sempat menuai kecaman dengan hasil Final Fantasy XIII yang terkesan begitu sederhana dan linear, Square Enix akhirnya secara gamblang merombak dan melahirkan mekanisme gameplay yang baru di Final Fantasy XIII-2.  Ada begitu banyak elemen yang ditambahkan di dalam game ini, dari menangkap monster ala Pokemon, perjalanan waktu, moogle, hingga live trigger yang memungkinkan Anda untuk memilih respon atas situasi dan pertanyaan tertentu. Tampil lebih “hidup” dan kompleks dibandingkan seri pertamanya, Final Fantasy XIII-2 mendapatkan respon yang jauh lebih baik dari gamers. Kami sendiri juga mengakui bahwa seri ini memang tampil jauh lebih sempurna.

Berbeda dengan game-game RPG Jepang lainnya, Final Fantasy XIII-2 memang menjadikan strategi sebagai poin utama untuk memenangkan pertempuran, tidak hanya sekedar berdasarkan pada level atau equipment yang digunakan oleh kedua karakternya: Noel dan Serah. Sistem Paradigm Shift yang lebih sederhana dihadirkan di seri terbaru ini untuk memungkinkan proses adaptasi yang lebih mudah pada jalannya pertarungan. Namun mempermudah segala sesuatunya? Kesimpulan yang terlalu naif mengingat bagaimana Square Enix menghadirkan segudang tantangan di Final Fantasy XIII-2, dari musuh ukuran besar dan kuat hingga kompleksitas pada sistem time-travel dan monster yang kini menjadi anggota tetap.

Berdasarkan pada pengalaman bermain yang kami rasakan secara langsung, kami menghimpun rangkuman tips dan trik sederhana yang mungkin sering dilupakan oleh Anda. Tujuannya? Tentu saja memastikan bahwa Noel dan Serah yang Anda mainkan akan melanggeng melewati waktu dengan mulus tanpa harus berkali-kali merasakan “nikmatnya” retry dan tewas. Apa saja yang perlu Anda pastikan di Final Fantasy XIII-2?

1.  Jangan Remehkan “Saboteur”

final fantasy xiii 2 saboteur
Terjebak hanya pada Ravager dan Commando? Anda akan kesulitan di masa depan!

Dari semua job yang tersedia di Final Fantasy XIII-2, banyak gamer yang seringkali menganggap bahwa job yang paling penting untuk dikembangkan hanyalah Ravager, Commando, dan Medic. Jika Anda termasuk salah satunya, maka Anda dapat dipastikan akan kelabakan di masa depan. Adalah sesuatu yang essensial untuk  menghadirkan job “Saboteur” di awal hingga tengah permainan dan memastikan karakter utama Anda mendapatkan semua skill yang tersedia untuknya. Mengapa? Karena status effect yang mampu dihasilkan job yang satu ini berlaku efektif untuk semua monster, termasuk boss sekalipun. Saboteur adalah job yang paling sempurna untuk menghasilkan damage super besar dan konstan pada musuh-musuh yang memiliki jumlah HP yang sangat besar dan pertahanan yang alot. Ketika musuh mendapatkan buff negatif yang lengkap, segera switch ke paradigm shift standar: Commando – Ravager untuk damage yang lebih maksimal.

2. Pastikan Setidaknya 1 Stok Monster dengan Tipe Sentinel

monster sentinel
Monster bertipe Sentinel akan efektif untuk mengalihkan perhatian

Inti di dalam sebuah game RPG bukanlah selalu tentang menghadirkan damage yang besar dan menyelesaikan pertarungan secepatnya, tetapi juga kebutuhan untuk bertahan secara efektif dan meminimalkan damage yang mungkin diterima. Atas alasan itulah, memiliki sebuah monster yang memiliki tipe Sentinel akan menjadi sesuatu yang sangat krusial di Final Fantasy XIII-2. Mengapa? Monster ini akan menjadi kunci pertahanan diri ketika Anda terdesak di dalam pertempuran dan butuh bergerak ke paradigm shift yang lebih bersifat defensif (misalnya, Medic). Monster bertipe sentinel yang seringkali datang dengan jumlah HP besar ini dan pertahanan yang tinggi pada serangan fisik ini akan menjadi pengalih perhatian musuh yang paling mumpuni untuk memastikan Noel dan Serah memiliki cukup waktu untuk menyembuhkan diri hingga maksimal. Dengan ability “Provoke” yang mereka miliki, monster-monster Sentinel ini akan menjadi magnet serangan dari musuh. Hebatnya lagi, terkadang mereka akan memberikan buff-buff positif untuk karakter Anda yang lain.

3. Jual Semua Components

chocolina
Tak perlu menimbun components

Apakah Anda seringkali merasa kesulitan uang untuk membeli beberapa item penyembuh yang penting seperti Wound Potion dan Phoenix Down? Jika iya, maka Anda mungkin termasuk gamer yang memosisikan Noel dan Serah tak ubahnya seorang pengumpul sampah bekas dengan lusinan item yang tidak terpakai di tas penyimpanan mereka. Dari seluruh komponen yang didapatkan dari monster-monster yang berhasil Anda kalahkan, hanya ada beberapa saja komponen yang memang dibutuhkan untuk melakukan upgrade pada senjata dan aksesoris Anda. Selebihnya? Menjadi sumber uang yang dapat diandalkan.

4. Skill Lebih Penting Daripada Level 99!

crystarium
Jangan mengejar level 99 dengan membabi buta. Usahakan untuk membuka semua job dan skill mereka seawal mungkin

Sistem Crystarium Points (CP) pada Final Fantasy XIII-2 memang mengharuskan Anda untuk membagi perhatian pada enam job yang masing-masing dapat ditingkatkan hingga level 99. Setiap peningkatan akan memberikan peningkatan pada damage magic, fisikal, dan jumlah HP yang ada. Tidak hanya itu saja, pada level tingkat tertentu, Anda juga akan membuka skill tertentu yang berkaitan dengan job tersebut. Sebagian besar Anda tentu merasa bingung memilih antara mana yang lebih penting: mencapai level 99 pada sebuah job atau membuka lebih banyak alternatif job yang lain? Lupakan level 99 dan kejarlah semua skill dari semua job terlebih dahulu! Mengapa? Jumlah skill yang lebih besar tentu akan membuat job Anda lebih efektif. Job yang lebih efektif akan memudahkan Anda untuk membangun paradigm shift yang lebih beragam dan adaptif terhadap jalannya pertarungan.

5. Serahkan Tugas Medic Pada Karakter AI

medic ai
AI lebih dapat diandalkan untuk menangani urusan medic

Terlepas dari apakah Anda lebih senang menggunakan Serah atau Noel sebagai karakter utama, Anda harus memastikan bahwa tugas Medic diserahkan kepada karakter lain yang dikendalikan oleh AI (memiliki monster bertipe Medic tidak direkomendasikan). Mengapa? Karena pada dasarnya karakter AI akan bergerak dengan perencanaan dan aksi healing yang lebih efektif dibandingkan jika Anda menggerakkan mereka dan menggunakan auto-heal. Lagipula, dengan dukungan yang pasti di belakang, Anda bisa lebih berfokus untuk mengirimkan damage cicilan kepada musuh yang sedang Anda hadapi. Selalu percayakan tugas healing untuk AI jika Anda hanya memiliki satu job Medic para paradigm shift yang Anda miliki.

Pages: 1 2
Load Comments

PC Games

January 13, 2022 - 0

Review God of War PC: Dewa di Rumah Baru!

Sepertinya sudah menjadi rahasia umum bahwa Sony kini memang mulai…
December 3, 2021 - 0

Review CHORUS: “Menari” di Angkasa Luar!

Seberapa sering Anda menemukan video game yang mengambil luar angkasa…
November 25, 2021 - 0

Review Gunfire Reborn: Aksi Tanpa Basa-Basi!

Jika kita bicara soal developer asal timur Asia sekitar 10…
September 29, 2021 - 0

Review SAMUDRA: Dalam Lautan Dalam Pesan!

Berkembang dengan signifikan selama beberapa tahun terakhir ini, para talenta…

PlayStation

January 26, 2022 - 0

Review Uncharted – Legacy of Thieves Collection: Ekstra Tenaga Berburu Harta!

Sebuah seri yang membantu Playstation 3 menemukan posisi yang lebih…
January 26, 2022 - 0

Review WD_BLACK SN850: Upgrade Playstation 5 Jadi 2TB!

Ketika pertama kali dirilis, PlayStation 5 sudah menawarkan storage internal…
January 25, 2022 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Daisuke Inoue, Jin Fujiwara, Fumihiko Yasuda (Stranger of Paradise: FF Origin)!

Sebuah proyek yang tidak pernah terprediksi, ini mungkin kalimat yang…
December 14, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Takefumi Terada & Raio Mitsuno (FORSPOKEN)!

Datang dengan kekuatan magis yang menggoda, apalagi dengan potensi aksi…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…