10 Video Game Adaptasi Film Terbaik Sepanjang Masa

Reading time:
April 23, 2012

aladdin feat image

Sebagai sebuah bagian dari satu kesatuan bisnis yang lebih besar, industri game memang tumbuh bersama dengan industri-industri hiburan lainnya. Tidak hanya sekedar berjalan beriringan, banyak dari mereka menggantungkan diri satu sama lain, saling bertukar dan mengimplementasikan ide yang sudah ada ke dalam bentuk yang baru. Dari kacamata gamer, kita mungkin banyak melihat bahwa ide seperti ini begitu buruk. Mengapa? Karena sudah menjadi fakta yang tidak dapat lagi dipungkiri bahwa proses adaptasi seringkali berakhir menjadi mimpi buruk, terutama mereka yang berusaha membawa ide-ide original video game menjadi film Hollywood dengan efek luar biasa. Lantas bagaimana dengan proses adaptasi sebaliknya? Dari film menjadi video game?

Dari sekian banyak video game yang lahir di industri game setiap tahunnya, tidak sedikit video game yang dikembangkan dan diriis berdasarkan sebuah judul film yang memang sudah populer terlebih dahulu. Beberapa diantaranya bahkan datang sebagai konten pelengkap yang dirilis secara bersamaan dengan filmnya. Hebatnya lagi, tidak jarang datang dengan konten-konten ekstra yang bahkan tidak ada di film. Apa yang sebenarnya seorang gamer cari dari sebuah game hasil adapatasi dari film? Poin utamanya tentu adalah kemampuan untuk menghadirkan sensasi yang sama, apalagi ia dikembangkan secara serius dengan menghadirkan plot yang berbeda. Satu yang pasti, memuaskan kebutuhan kualitas gaming seorang gamer bukanlah sesuatu yang mudah. Dari semua game yang mengusung konsep yang sama, hanya beberapa saja yang mampu melakukannya.

Jadi 10 game adaptasi film apa saja yang menurut kami, terbaik sepanjang masa?

10. Bourne Conspiracy

bourne conspiracy

Siapa yang tidak kenal dengan sosok Bourne yang fenomenal di industri film Hollywood? Datang dengan pertarungan yang cepat dan brutal serta plot konspirasi yang menarik, Bourne yang diadaptasi dari seri novel ini berhasil menciptakan sebuah “standar baru” bagi film action. Lantas bagaimana dengan gamenya sendiri? Bagi para penggemar Bourne, Conspiracy harus diakui menghadirkan adaptasi yang berhasil menangkap esensi filmnya sendiri, terutama dari sisi pertarungan tangan kosong yang ada. Sisi sinematik yang dhadirkan benar-benar memunculkan sensasi brutalitas Bourne yang selama ini kita kenal. Walaupun harus diakui muncul sebagai sebuah game action yang terhitung standar, namun bagi para penggemar Bourne, Conspiracy adalah “surga”.

9. Die Hard Trilogy

die hard trilogy

Yippie ki-yay Mother-father! Semua penggemar film action tentu familiar dengan ucapan khas John McClane ini (saya tentu harus memodifikasinya sedikit). Perawakan salah satu karakter protagonis yang terhitung paling susah dibunuh ini memang mampu meramu sebuah cerita pertualangan dan pertempuran yang epik, Tiga trilogi pertamanya yang sudah seringkali diputar di stasiun televisi swasta di Indonesia membuat franchise film yang satu ini begitu dekat. Namun tahukah Anda bahwa Die Hard pernah diadaptasikan menjadi sebuah video game yang juga dirilis secara – trilogi? Datang dengan elemen action  dan arcade shooting ala Time Crisis, adaptasi Die Hard menjadi video game memang untuk masuk sebagai salah satu yang terbaik. Sederhana tetapi juga mampu menghadirkan sensasi epicness yang sama.

8. The Lords of the Ring

LOTR

Peter Jackson mungkin sudah menyihir jutaan penikmat film lewat trilogi Lords of The Ring yang epik. Namun bagi industri game, ini menjadi kesempatan yang terbaik untuk berusaha menggaet pasar potensial sama yang mungkin jatuh hati pada ketiga film ini. Hasilnya? Sebuah game adaptasi yang terhitung baik. Dirilis pertama kali untuk Playstation 2, adaptasi game dari Lord of The Rings ini datang sebagai kesempatan untuk terlibat dalam perjalanan melelahkan Frodo, Eragorn, Legolas dan Gandalf yang lebih interaktif. Dibalut dalam format action, game ini berhasil menangkap semua esensi LOTR dengan sangat baik, terutama dari desain karakter dan dunia Middle-Earth yang begitu dingin dan kelam. Bagi para pencinta seri LOTR, adaptasi ini menjadi seri yang tidak boleh terlewatkan.

7. The Chronicles of Riddick

riddick

Anda mengenal nama Riddick sebelumnya? Anda yang menggemari film-film science-fiction yang berhubungan dengan perang masif antar alien tentu mengenal seri film yang satu ini. Dibintangi oleh Vin Diesel, Riddick memang tidak menawarkan banyak hal baru untuk sebuah film, namun untuk versi gamenya sendiri? Begitu banyak pujian melayang untuknya. Sebagai sebuah game first person yang lebih dari sekedar shooter, Riddick puji karena mampu menghadirkan mekanisme gameplay yang berbeda dibandingkan game first person lainnya. Dimana kegelapan dan bayangan memainkan peranan yang penting bersama dengan plot yang juga menarik. Riddick berhasi mencapai kualitas dimana versi gamenya sendiri lebih banyak dipuji daripada film-film yang lahir dari franchisenya.

6. Aladdin

aladdin snes

Di masa ketika Disney masih hidup dengan film-film kartun berkualitas, tidak ada satupun anak-anak yang tidak mengenal nama Aladdin yang diadaptasikan dari cerita 1001 malam. Karpet terbang, jin dari lampu ajaib, dan usaha untuk menyelamatkan sang putri raja dari cengkeram kekuatan jahat memang menjadi cerita impian khas anak-anak yang harus diakui, berhasil divisualisasikan dengan kualitas yang patut diacungi jempol. Untuk adaptasi gamenya sendiri? Aladdin untuk Super Nintendo boleh dibilang  sebagai salah satu yang terbaik. Hadir dengan animasi dan gaya yang hampir sama dengan film kartunnya, Aladdin berhasil menghadirkan sensasi petualangan yang seru lewat platform dua dimensinya yang sederhana. Tidak mudah untuk melewatkan game yang satu ini.

Tags:

Pages: 1 2
Load Comments

PC Games

August 26, 2021 - 0

Impresi Park Beyond: Saatnya Meracik Taman Bermain yang Gila!

Ada sebuah keasyikan tersendir memang ketika sebuah game memberikan Anda…
August 20, 2021 - 0

Review 12 Minutes: Selamat Ulang Hari!

Untuk sebuah industri yang sudah eksis selama setidaknya tiga dekade,…
June 24, 2021 - 0

Menjajal Tales of Arise: Luapan Rasa Rindu!

Gamer JRPG mana yang tidak gembira setelah pengumuman eksistensi Tales…
June 17, 2021 - 0

JagatPlay: Interview dengan Tom Hegarty & John Ribbins (OlliOlli World)!

Tidak semua gamer mungkin pernah mendengar game yang satu ini,…

PlayStation

September 27, 2021 - 0

Review Diablo II Resurrected: Bentuk Baru, Cinta Lama!

Blizzard dan kata “remaster” sejauh ini memang bukanlah asosiasi yang…
September 23, 2021 - 0

Review Death Stranding – Director’s Cut: Paket Baru Definisi Tinggi!

Antara Anda benar-benar menyukainya atau benar-benar membenci apa yang ia…
September 22, 2021 - 0

Review Kena – Bridge of Spirits: Kena Sihir Fantasi Elok!

Menarik adalah kata yang tepat untuk menjelaskan pilihan game-game yang…
September 14, 2021 - 0

Review DEATHLOOP: Kesenangan Berulang, Berulang, Berulang!

Kami yakin sebagian besar dari Anda tentu saja sudah familiar…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…