10 Video Game Adaptasi Film Terbaik Sepanjang Masa

Reading time:
April 23, 2012

5. Matrix: The Path of Neo

path of the neo

Menghindari peluru, terbang, mengalahkan pasukan bersenjata lengkap dengan tangan kosong, bergerak sangat cepat dengan bullet time, dan menghadapi pertarungan epik dengan Mr. Smith sudah menjadi impian bagi semua gamer yang sempat menikmati trilogi The Matrix yang cukup membingungkan. Ada usaha untuk mengadaptasikan game ini lewat Enter The Matrix yang membawa cerita dari sudut pandang Niobe dan Ghost, namun berakhir mengecewakan karena absennya sang tokoh utama – Neo di dalamnya. Lewat The Path of Neo, “kesalahan” ini diperbaiki dalam level yang luar biasa. Semua kesalahn seolah terampuni dengan seri yang satu ini. Berperan sebagai Neo, kita diberi kesempatan untuk menyusuri berbagai setting, level, dan pertarungan memorable yang mendefinisikan seri The Matrix itu sendiri. Salah satu adaptasi  terbaik.

4. Jurassic Park: The Lost World

jurassic park

Lewat tangan dingin Steven Spielberg, kita berkesempatan untuk merasakan sensasi Dinosaurus yang hiudp, walaupun hanya lewat tipuan teknologi dan kamera. Walaupun tidak menghadirkan fakta yang akurat sesuai data pre-historis yang tercatat, namun Jurassic Park tumbuh menjadi salah satu franchise film yang tidak tergantikan, sampai kapan pun. Lantas bagaimana dengan versi video gamenya sendiri? Dari semua genre yang pernah didapatasikan darinya, seri Jurassic Park: The Lost World adalah yang terbaik. Tidak hanya terjebak mengambil sisi cerita dari manusia, Anda bahkan diberi kesempatan untuk berperan sebagai dinosaurus-dinosaurus ikonik dalam sebuah platform gameplay dua dimensi. Ini menjadi satu-satunya kesempatan Anda berperan sebagai Velociraptor atau T-Rex yang memaksa manusia.

3. LEGO Indiana Jones

lego indiana jone

Menganggap remeh sebuah seri LEGO video game adalah kesalahan besar. Walaupun visualisasinya begitu sederhana dan tidak menarik hati, namun LEGO selalu mampu menawarkan sebuah tingkat kesenangan yang tidak terlukiskan. Salah satu tren yang paling identik dengan LEGO adalah kebiasaannya mengadaptasikan sebuah game yang lahir dari film-film ikonik yang populer. Sebut saja Star Wars, Harry Potter, Batman, Pirates of Caribbean, hingga Indiana Jones. Memang sulit untuk mencari yang terbaik dari semua seri ini, namun Indiana Jones pantas mendapatkan perhatian lebih. Mengapa? Pertama, karena Indiana Jones bukanlah sebuah seri film yang mudah Anda temukan di industri game. Kedua? Karena kemampuannya menangkap esensi Indiana Jones dalam gameplay yang begitu fun, tetapi juga epik dalam kesempatan yang sama.

2. GoldenEye 007

golden eye

Seiring dengan lahirnya lebih banyak seri James Bond di industri film, maka semakin banyak pula video game yang dirilis dengan nama yang serupa, seperti yang dilakukan oleh 007 Legends yang rencananya akan merangkum enam cerita Bond ke dalamnya. Namun dari semua seri yang ada, GoldenEye: 007 yang dirilis di Nintendo64 pada tahun 1997 silam pantas mendapatkan penghargaan tertinggi. Mengapa? Terjual lebih dari jutaan unit, tidak hanya sekedar adaptasi, ia bahkan dianggap sebagai sebuah karya FPS yang menjadi standar bagi game-game bergenre serupa setelahnya. Menggabungkan sedikit konsep open-world di dalamnya, GoldenEye: 007 menjadi sebuah bukti, bahwa sebuah film dan adaptasi video game yang menyertainya, memiliki kesempatan yang sama untuk meraih kesuksesan, selama dikerjakan dengan kualitas terbaik.

1. The Godfather

Godfather2game3

Lantas siapa yang pantas menjadi game adaptasi film yang terbaik? Bagi Anda yang pernah merasakan keanggunan dan kekuatan cerita dari trilogi The Godfather akan setuju bahwa seri video game yang diadapatasikan darinya merupakan yang terbaik. Dengan mekanisme gameplay open-world ala GTA, The Godfather menawarkan semua hal unik yang tidak akan pernah Anda temukan di game-game serupa, bahkan untuk sekelas Mafia atau GTA sendiri. Sebagai sebuah game mafia, ia menawarkan konsep gameplay dengan kesan role-playing yang kuat. Anda  akan benar-benar berperan sebagai seorang mafia dengan semua kejahatan yang bisa Anda lakukan, dari sekedar memeras, membunuh, bahkan berperang memperbutkan kekuasaan dengan keluarga mafia yang lain. Walaupun masih kalah epik dengan cerita film triloginya (terutama dua seri pertama), The Godfather versi video game ini berhasil menangkap pengalaman menjadi seorang mafia yang sesungguhnya. Tidak heran ia pantas menjadi yang terbaik.

Di atas adalah 10 game adaptasi film terbaik sepanjang masa menurut versi kami. Sebagian besar dari Anda tentu bertanya-tanya tentang absennya beberapa judul film seperti Star Wars dan Batman: Arkham City yang begitu luar biasa. Namun, dari sudut pandang kami, kedua game ini sama sekali tidak berhubungan dengan seri film populer yang lahir dari franchise yang sama. Batman misalnya, mengesankan plot dan cerita yang lebih terkesan ke arah komiknya, walaupun visualisasinya kental dengan gaya milik Christopher Nolan.

Jangan ragu untuk memberikan komentar jika Anda merasa ada video game yang pantas untuk mastuk ke dalam list di atas namun terlewatkan oleh kami. Feel free to comment!

Tags:

Pages: 1 2
Load Comments

PC Games

September 29, 2021 - 0

Review SAMUDRA: Dalam Lautan Dalam Pesan!

Berkembang dengan signifikan selama beberapa tahun terakhir ini, para talenta…
August 26, 2021 - 0

Impresi Park Beyond: Saatnya Meracik Taman Bermain yang Gila!

Ada sebuah keasyikan tersendir memang ketika sebuah game memberikan Anda…
August 20, 2021 - 0

Review 12 Minutes: Selamat Ulang Hari!

Untuk sebuah industri yang sudah eksis selama setidaknya tiga dekade,…
June 24, 2021 - 0

Menjajal Tales of Arise: Luapan Rasa Rindu!

Gamer JRPG mana yang tidak gembira setelah pengumuman eksistensi Tales…

PlayStation

October 15, 2021 - 0

Review Demon Slayer – Kimetsu no Yaiba- The Hinokami Chronicles: Pemuas Para Fans!

Meledak dan langsung menjadi salah satu anime yang paling dicintai…
October 6, 2021 - 0

Review Far Cry 6: Revolusi yang Minim Revolusi!

Sebuah franchise shooter andalan, posisi inilah yang harus dipikul oleh…
October 1, 2021 - 0

Review Lost Judgment: Peduli Rundungi!

Sebuah langkah yang jenius atau ekstrim penuh resiko yang terhitung…
September 27, 2021 - 0

Review Diablo II Resurrected: Bentuk Baru, Cinta Lama!

Blizzard dan kata “remaster” sejauh ini memang bukanlah asosiasi yang…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…