Nintendo Merugi Ratusan Juta Dollar

Reading time:
April 27, 2012
nintendo logo1

Lubang gelap yang menyelubungi keuangan Nintendo tampaknya belum akan menemukan titik cerah dalam waktu dekat ini. Seperti yang kita tahu, Nintendo sendiri tidak hanya dikenal sebagai produsen berbagai perangkat gaming, baik konsol maupun handheld, tetapi juga publisher dari begitu banyak game eksklusif dan franchise raksasa. Berbagai kebijakan telah ditempuh untuk memastikan roda bisnis bergerak dengan lancar selama tahun fiskal tahun 2011 yang terhitung berat. Namun pada akhirnya? Laporan keuangan Nintendo tetap saja memperlihatkan angka merah di dalamnya.

Dalam penutupan tahun fiskal 2011 yang berakhir pada Maret 2012 ini, Nintendo melaporkan angka kerugian yang tidak sedikit. Walaupun lebih rendah daripada yang mereka prediksikan, Nintendo tercatat harus menelan kerugian sekitar 37,3 Milyar Yen atau sekitar 458 juta USD. Apa yang menyebabkannya? Walaupun kebijakan pemotongan harga yang dilakukan terhadap Nintendo 3DS berhasil membuat handheld tersebut laris manis di seluruh dunia, namun Nintendo masih belum mendapatkan keuntungan apapun darinya. Nintendo memprediksikan bahwa semuanya akan berjalan lebih baik pada September 2012 mendatang.

mario sad
My money...my money.. what happen with my money?!

Dengan begitu banyak franchise game raksasa yang akan mereka lahirkan dan tren penjualan Nintendo 3DS yang tetap tinggi, Nintendo memang masih memiliki kesempatan untuk memperbaiki keuangan mereka di masa depan. Namun ini semuanya sangat tergantung pada seberapa baik pasar menerima kehadiran konsol terbaru mereka – Wii U yang rencananya akan dirilis tahun ini. Jika konsol ini berhasil, maka Nintendo akan tetap menjadi legenda hidup bagi anak cucu kita di masa depan. Jika gagal? Tidak tertutup kemungkinan Anda hanya akan dapat mengenalkannya lewat buku sejarah.

Load Comments

JP on Facebook


PC Games

May 12, 2021 - 0

Menjajal Scarlet Nexus: JRPG yang Pantas Dinanti!

Sebuah kejutan yang menarik, ini mungkin kalimat yang pantas digunakan…
April 16, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Blizzard (Diablo II: Resurrected)!

Kembali ke akar yang membuat franchise ini begitu fenomenal dan…
April 9, 2021 - 0

Menjajal Diablo II: Resurrected (Technical Alpha): Bagai Bumi Langit!

Perbedaan usia memang mau tidak mau harus diakui, juga membuat…
March 29, 2021 - 0

Review DOTA – Dragon’s Blood: Fantasi dan Promosi!

Apa satu aspek yang membuat DOTA 2 selalu kalah dari…

PlayStation

May 12, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Insomniac Games (Ratchet & Clank: Rift Apart)!

Mengembangkan Spider-Man: Miles Morales, memastikan ia bisa memamerkan apa yang…
May 12, 2021 - 0

Ratchet & Clank – Rift Apart: “Emas” Playstation 5 Selanjutnya!

Usia yang masih “muda” bukan berarti menjadi alasan untuk tidak…
May 10, 2021 - 0

Review Resident Evil Village: Aksi Minim Ngeri!

Sebuah siklus? Sebuah strategi yang nyatanya berhasil? Atau memang rutinitas…
May 7, 2021 - 0

Preview Resident Evil Village: “Liburan” ke Desa!

Lewat beberapa seri terakhir yang mereka lepas, Capcom memang harus…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…