Review Armored Core V: Mimpi Buruk Bagi Gamer Bajakan!

Reading time:
April 24, 2012

 

Armored Core V 46

Nama besar Armored Core di kancah industri game memang sudah mendapatkan tempat khusus yang tidak tergantikan, khususnya bagi para penggemar seri Mecha raksasa dan pertempuran epik yang mampu dihasilkannya. Kelahiran empat seri sebelumnya yang dirilis untuk berbagai macam platform telah berhasil membuat franchise ini mendapatkan basis fans fanatiknya sendiri. Kompleksitas yang ditawarkan lewat kebebasan untuk melakukan kustomisasi part dan menciptakan mecha unik miliknya sendiri telah menjadi daya tarik yang tidak bisa terlepaskan dari franchise yang satu ini, termasuk seri terbarunya – Armored Core V.

Setelah melewati proses pengembangan yang terhitung sulit dan penuh dengan rintangan, From Software akhirnya merilis game ini ke pasaran. Keinginan untuk merilis sebuah seri Armored Core yang berbeda memang membuat banyak para fans yang mengantisipasi kehadiran seri kali ini. Mengikuti tren-tren game yang berkembang saat ini, From Software mulai melirik mode multiplayer sebagai kekuatan utama yang tampaknya akan menjadi basis franchise ini di masa depan. Sebuah kebijakan yang tentu saja menjanjikan sebuah pengalaman dan sensasi yang berbeda. Bagaimana dengan implementasinya sendiri? Armored Core V menawarkan satu hal yang pasti, mimpi buruk bagi sebagian besar dari kita yang masih hidup dari game-game bajakan.

Bagi Anda yang sudah menyimak preview kami sebelumnya tentu sudah memiliki gambaran awal tentang apa yang ditawarkan oleh Armored Core V ini. Lantas bagaimana dengan pengalaman yang dihadirkannya secara keseluruhan? Mengapa kami menyebutnya sebagai mimpi buruk bagi gamer bajakan?

Masih Tetap Hadir dengan Sistem Pertempuran Serupa

Berbeda dengan seri-seri Armored Core sebelumnya, seri kelima ini tidak lagi menjadikan plot sebagai kekuatan utama dalam cerita. Seolah tampil hanya sebagai latar belakang yang tidak berperan signifikan, Anda akan menjalani peran sebagai seorang pilot AC yang terjebak dalam perang antara dua kepentingan besar: pihak Resistance dan Corporation yang masing-masing memiliki kepentingannya sendiri-sendiri. Sebagai seorang mercenaries, Anda bekerja sesuai dengan tuntutan uang. Namun seolah sudah digariskan, perlahan namun pasti, berbagai event yang ada akhirnya membuat Anda harus memilih pihak yang satu dan memerangi pihak yang lain.

Armored Core V 341
AC V menghadirkan sistem battle yang serupa dengan seri-seri AC sebelumnya. Inti permainan adalah memastikan musuh berada di depan crosshair dan melemparkan ratusan tembakan padanya.
Armored Core V 171
Bingung kemana harus melangkah? Tinggal aktifkan scan-mode dan ikuti rute yang ada

Bagaimana dengan mekanisme gameplay nya sendiri? Hampir tidak ada yang berubah. Sebagai sebuah game action yang dekat dengan third person shooter, Anda hanya perlu menyelesaikan setiap misi yang dilemparkan kepada Anda dan selamat selama menjalani proses tersebut. Caranya? Tentu saja menghancurkan setiap musuh yang Anda temui. Anda sendiri memiliki kebebasan untuk menggunakan setidaknya empat senjata secara bersamaan tergantung pada mecha yang Anda desain. Tangan dan bahu di kanan dan kiri mecha Anda akan menjadi slot bagi senjata yang bisa Anda gunakan. Yang perlu Anda lakukan selanjutnya hanyalah memastikan musuh berada tepat di crosshair utama dan meluncurkan semua peluru senjata yang Anda miliki. Anda juga akan dibekali dengan Scan-Mode untuk menentukan rute perjalanan dan mendeteksi musuh-musuh yang tersembunyi. Mode yang akan sangat membantu Anda menyelesaikan setiap misi yang ada.

Lantas apa yang harus Anda lakukan jika senjata Anda kehabisan peluru selama menjalani sebuah misi yang panjang? Atau karena keteledoran Anda, mecha Anda berada dalam kondisi kritis dan bisa hancur kapan saja? Untungnya, Anda bisa memanggil Mobile Garage Anda untuk mengisi kembali semua persenjataan dan health Anda selama menjalani misi. Anda hanya tinggal mencari spot ini melalui scan-mode dan memanggil mereka dengan mengorbankan uang dalam jumlah tertentu. Fungsi garage ini sendiri akan bertambah krusial seiring dengan meningkatnya tingkat kesulitan permainan.

Armored Core V 471
Anda bisa memanggil mobile garage Anda dari tempat-tempat tertentu untuk memulihkan ammo dan health AC Anda
Armored Core V 541
Berada di tempat yang lebih tinggi daripada musuh akan memberikan keuntungan tersendiri dalam pertempuran

Salah satu yang cukup membuat Armored Core V berbeda adalah hadirnya wilayah urban perkotaan sebagai setting utama pertempuran. Gedung-gedung tinggi dan jalan yang sempit tentu membuat strategi ambush menjadi lebih mudah untuk dilakukan. Akan sulit sekali untuk menentukan arah tembakan yang menyerang Anda secara akurat jika Anda tidak awas. Oleh karena itu, cara terbaik untuk menyikapinya adalah dengan mencari tempat yang lebih tinggi untuk observasi lingkungan yang lebih mumpuni. Percaya atau tidak, mecha Anda akan dapat dengan mudah melakukannya. Anda hanya tinggal menekan tombol lompat secara terus-menerus pada dinding gedung atau bukit untuk memanjatnya. Terbang dari satu gedung ke gedung lainnya? Selalu ada mode booster untuk membantu Anda melakukannya.

Pages: 1 2 3
Load Comments

JP on Facebook


PC Games

July 3, 2024 - 0

Review Wuthering Waves: Penuh Pasang dan Surut!

Apa yang ditawarkan oleh Wuthering Waves? Mengapa kami menyebutnya sebagai…
June 28, 2024 - 0

Impresi Zenless Zone Zero (Build Terbaru): Lebih Cepat, Lebih Ketat!

Kami berkesempatan menjajal build terbaru Zenless Zone Zero. Apakah kami…
June 12, 2024 - 0

Preview My Lovely Empress: Racun Cinta Raja Racikan Dev. Indonesia!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh My Lovely Empress di…
February 6, 2024 - 0

Menjajal Honkai Star Rail 2.0: Selamat Datang di Penacony, Semoga Mimpi Indah! 

Honkai Star Rail akhirnya memasuki versi 2.0 dengan memperkenalkan dunia…

PlayStation

June 20, 2024 - 0

Wawancara dengan Zhenyu Li (Zenless Zone Zero)!

Kami sempat berbincang-bincang dengan produser Zenless Zone Zero - Zhenyu…
April 25, 2024 - 0

JagatPlay: Wawancara Eksklusif dengan Kim Hyung-Tae dan Lee Dong-Gi (Stellar Blade)!

Kami berkesempatan ngobrol dengan dua pentolan Stellar Blade - Kim…
April 24, 2024 - 0

Review Stellar Blade: Tak Hanya Soal Bokong dan Dada!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Stellar Blade ini? Mengapa kami…
April 22, 2024 - 0

Review Eiyuden Chronicle – Hundred Heroes: Rasa Rindu yang Terobati!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Eiyuden Chronicle: Hundred Heroes ini?…

Nintendo

July 28, 2023 - 0

Review Legend of Zelda – Tears of the Kingdom: Tak Sesempurna yang Dibicarakan!

Mengapa kami menyebutnya sebagai game yang tak sesempurna yang dibicarakan…
May 19, 2023 - 0

Preview Legend of Zelda – Tears of the Kingdom: Kian Menggila dengan Logika!

Apa yang ditawarkan oleh Legend of Zelda: Tears of the…
November 2, 2022 - 0

Review Bayonetta 3: Tak Cukup Satu Tante!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Bayonetta 3? Mengapa kami menyebutnya…
September 21, 2022 - 0

Review Xenoblade Chronicles 3: Salah Satu JRPG Terbaik Sepanjang Masa!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Xenoblade Chronicles 3? Mengapa kami…