Square-Enix Akhirnya Catatkan Keuntungan!

Reading time:
May 15, 2012
square enix logo black

Jika kita membicarakan salah satu developer dan publisher yang sedang dilanda masalah keuangan yang terhitung serius saat ini, maka nama Square Enix menjadi salah satu bagian dari “kegelapan” yang satu ini. Tahun 2011 memang menjadi tahun yang sulit untuk mereka. Bagaimana tidak? Dengan kegagalan Final Fantasy XIV, gempa Jepang yang sempat menyebabkan berbagai kerusakan fisik, serta game-game yang tidak kunjung rilis seperti Final Fantasy XIII Versus, semua indikator ini membentuk angka kerugian yang sangat besar untuk Square Enix. Sempat diprediksikan tidak akan mampu bertahan, Square Enix ternyata menemukan keajaiban di tahun 2012 ini. Mereka akhirnya berhasil mencetak keuntungan!

Setelah sempat menderita kerugian besar hingga 12 Milyar Yen di tahun fiskal 2011 kemarin, Square Enix akhirnya berhasil mencatatkan lompatan angka penjualan yang fantastis hingga berhasil mencetak keuntungan di tahun fiskal kali ini. Square Enix berhasil melaporkan keuangan dalam angka positif hingga 6 Milyar Yen. Lantas game apa saja yang menjadi ujung tombak dari pencapaian ini? Final Fantasy XIII-2 dan Deus Ex: Human Revolution menjadi dua judul yang mengangkat Square Enix dari jurang yang menyeramkan ini.

Deus Ex Human Revelation 120
Thanks to me!!

Dengan segudang game-game berkualitas yang juga akan hadir dalam beberapa bulan ke depan seperti: Hitman – Absolution, Kingdom Hearts 3D, dan kelahiran Final Fantasy XIV 2.0, Square Enix memang berpotensi untuk semakin meningkatkan angka keuntungan ini. Sementara bagi para gamer, ini menjadi semacam kepastian bahwa kita tetap akan melihat sepak terjang Square Enix dan game-game berkualitas mereka di masa depan. Semoga saja para publisher dan developer lain yang sedang mengalami masalah yang sama – seperti THQ akan mampu menemukan “keajaiban” seperti halnya Square Enix.

Load Comments

JP on Facebook


PC Games

May 12, 2021 - 0

Menjajal Scarlet Nexus: JRPG yang Pantas Dinanti!

Sebuah kejutan yang menarik, ini mungkin kalimat yang pantas digunakan…
April 16, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Blizzard (Diablo II: Resurrected)!

Kembali ke akar yang membuat franchise ini begitu fenomenal dan…
April 9, 2021 - 0

Menjajal Diablo II: Resurrected (Technical Alpha): Bagai Bumi Langit!

Perbedaan usia memang mau tidak mau harus diakui, juga membuat…
March 29, 2021 - 0

Review DOTA – Dragon’s Blood: Fantasi dan Promosi!

Apa satu aspek yang membuat DOTA 2 selalu kalah dari…

PlayStation

May 12, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Insomniac Games (Ratchet & Clank: Rift Apart)!

Mengembangkan Spider-Man: Miles Morales, memastikan ia bisa memamerkan apa yang…
May 12, 2021 - 0

Ratchet & Clank – Rift Apart: “Emas” Playstation 5 Selanjutnya!

Usia yang masih “muda” bukan berarti menjadi alasan untuk tidak…
May 10, 2021 - 0

Review Resident Evil Village: Aksi Minim Ngeri!

Sebuah siklus? Sebuah strategi yang nyatanya berhasil? Atau memang rutinitas…
May 7, 2021 - 0

Preview Resident Evil Village: “Liburan” ke Desa!

Lewat beberapa seri terakhir yang mereka lepas, Capcom memang harus…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…