DLC Mass Effect 3 – Extended Cut Hadirkan Ending Baru!

Reading time:
June 27, 2012
me 3 extended cut

Gelombang protes yang menyelimuti ending sebuah game memang bukan sebuah fenomena yang umum terjadi di industri game. Kecintaan, fanatisme, dan perasaan terikat pada sebuah franchise yang sudah menemani hidup gamer dalam waktu yang lama tentu menimbulkan tanggung jawab yang besar bagi developer untuk keinginan untuk mendapatkan cerita penutup yang terbaik. Kesalahan inilah yang harus diakui dilakukan oleh Bioware di Mass Effect 3. “Kesederhanaan” dan ketidakjelasan cerita pada tiga ending utama yang ditawarkan di seri penutup ini memang memicu reaksi ketidakpuasan. Tidak hanya sekedar petisi, beberapa gamer bahkan membawa masalah ini ke meja hijau. Bioware tampaknya sadar akan hal ini dan berjanji akan memperbaiki ending yang mereka tawarkan. Setelah menunggu cukup lama, implementasi ini akhirnya tercurahkan pada DLC terbaru ME 3 – Extended Cut.

DLC yang didistribusikan secara gratis ini memang sangat diantisipasi. Bagaimana tidak? Ia berpotensi menjadi jawaban atas berbagai misteri yang menyelimuti semua pilihan ending yang dijajal oleh gamer di Mass Effect 3. Sebelum Anda membaca lebih jauh, peringatan, artikel ini akan membuat SPOILER! Anda yang sudah memainkan ME 3 dan menamatkannya tentu menyadari bahwa hampir setiap ending, baik Control, Synthetic, maupun Destroy  selalu berakhir dengan terdamparnya Normandy di sebuah planet yang misterius. DLC Extended Cut memberikan 4 menit scene tambahan untuk memberikan penjelasan tentang apa yang terjadi setelahnya. Control akan mengambil sudut pandang Shepard yang telah menjadi The Reaper, Synthetic menceritakan kebahagiaan EDI yang kini menjadi makhluk setengah organic, serta Destroy yang diisi dengan cerita kepahlawanan Shepard dari mulut Admiral Heckett. Scene tambahan ini tentu saja menjadi “obat” penawar kekecewaan yang cukup mumpuni. Tidak cukup? Extended Cut juga menawarkan sebuah ending baru – REFUSAL.

liara tsoni
Liara T’Soni menjadi narator untuk ending baru Mass Effect 3 – REFUSAL. Ending apa yang ditawarkan? Berhati-hatilah dengan SPOILER di paragraf selanjutnya!

Berbeda dengan Control, Destroy, dan Synthetic, Refusal memberikan sebuah arah ending baru yang memungkinkan Shepard untuk beragumen dengan Starchild – representasi dari penguasa The Reaper sendiri. Bertahan dengan idealismenya untuk tidak tunduk pada apapun keinginan The Reaper, Shepard memutuskan untuk membiarkan semesta hancur dan mengulang siklus kehidupannya yang baru. Tidak ada satupun makhluk hidup yang tersisa setelah Starchild memerintahkan Reaper untuk membumihanguskan semuanya. Berakhir begitu saja? Tentu saja tidak. Ending ini memperlihatkan bagaimana rekaman yang dibuat Liara T’Soni berhasil selamat dari serangan ini. Di dalamnya, Liara T’Soni menjelaskan tentang eksistensi The Reaper, ancaman yang ditimbulkannya, dan bagaimana membangun Crucible untuk membunuhnya. Inilah ending baru Refusal!

Beberapa gamer yang sudah menyelesaikan DLC ini juga telah merilis beberapa video ending ini untuk Anda nikmati, seperti yang kami tampilkan di bawah ini. Jika Anda termasuk gamer yang ingin merasakan ending baru ini sendiri, disarankan untuk tidak memainkan video di bawah ini. Bagaimana dengan Anda, terutama yang sudah menamatkan Mass Effect 3 sebelumnya? Apakah kehadiran extra scene dan ending baru ini cukup untuk membuat Anda puas?

Load Comments

JP on Facebook


PC Games

May 12, 2021 - 0

Menjajal Scarlet Nexus: JRPG yang Pantas Dinanti!

Sebuah kejutan yang menarik, ini mungkin kalimat yang pantas digunakan…
April 16, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Blizzard (Diablo II: Resurrected)!

Kembali ke akar yang membuat franchise ini begitu fenomenal dan…
April 9, 2021 - 0

Menjajal Diablo II: Resurrected (Technical Alpha): Bagai Bumi Langit!

Perbedaan usia memang mau tidak mau harus diakui, juga membuat…
March 29, 2021 - 0

Review DOTA – Dragon’s Blood: Fantasi dan Promosi!

Apa satu aspek yang membuat DOTA 2 selalu kalah dari…

PlayStation

May 12, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Insomniac Games (Ratchet & Clank: Rift Apart)!

Mengembangkan Spider-Man: Miles Morales, memastikan ia bisa memamerkan apa yang…
May 12, 2021 - 0

Ratchet & Clank – Rift Apart: “Emas” Playstation 5 Selanjutnya!

Usia yang masih “muda” bukan berarti menjadi alasan untuk tidak…
May 10, 2021 - 0

Review Resident Evil Village: Aksi Minim Ngeri!

Sebuah siklus? Sebuah strategi yang nyatanya berhasil? Atau memang rutinitas…
May 7, 2021 - 0

Preview Resident Evil Village: “Liburan” ke Desa!

Lewat beberapa seri terakhir yang mereka lepas, Capcom memang harus…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…