10 Tips Ngabuburit Asyik ala Gamer

Reading time:
July 26, 2012
lucky star food

Semua umat Muslim tentu saja menyambut kedatangan bulan suci – Ramadhan dengan penuh suka cita. Selain sberkah dan kesempatan yang ia tawarkan, bulan puasa juga menawarkan tantangan yang tidak mudah untuk ditakhlukkan. Menyesuaikan irama tubuh untuk tidak mengkonsumsi apapun selama lebih dari 12 jam, mengubah waktu tidur, namun di sisi yang lain – tetap beraktivitas seperti biasa tentu menuntut kita untuk beradaptasi kembali selama sebulan penuh. Untungnya bagi para gamer, selalu ada cara untuk membuat proses ini jauh lebih mudah untuk dilalui, tetapi sekaligus juga menyenangkan. Video game menjadi jawaban yang paling efektif untuk menghasilkan efek “time-warp” yang akan memudahkan Anda, namun tentu saja dengan berbagai penyesuaiian agar tidak berseberangan dengan konsep, perintah, dan larangan yang harus dipatuhi selama bulan Ramadhan ini.

Jadi, apa saja yang harus dipersiapkan oleh gamer agar dapat melewati bulan Ramadhan ini dengan mudah? Inilah 10 tips ngabuburit asyik ala gamer:

1. Jangan Ada Cemilan Di Radius 100 m!

gamer food

Melakukan sesuatu yang menyenangkan memang tidak akan lengkap tanpa kehadiran makanan, termasuk bermain game. Sebagai pasokan energi tambahan selama beraktivitas, cemilan memang menjadi salah satu bagian krusial untuk menjadikan pengalaman bermain game semakin maksimal, apalagi jika Anda disuguhi dengan berbagai snack favorit di dalamnya. Hal ini tentu saja bertentangan dnegan konsep Ramadhan sendiri yang menuntut Anda untuk menahan lapar dan haus selama satu hari penuh. Oleh karena itu, untuk mencegah “ketidaksadaran” Anda secara otomatis mengambil makanan selama bermain game, ada baiknya jika Anda memastikan tidak ada cemilan dalam radius 100 m di sekitar Anda. Setidaknya cukup untuk mencegah tubuh dan tangan Anda secara tidak sadar bergerak menuju ke makanan kecil pengundang selera ini.

2. Berfokuslah Pada 3 Genre Permainan: MOBA, Sports, dan Simulation

dota

Dari semua genre permainan yang tersedia di industri game, ada 3 genre yang akan membantu Anda mengalami time-wrap dengan efektif selama berpuasa. Mengapa MOBA? Game-game seperti DOTA, HON, dan LOL membutuhkan waktu penyelesaian sekitar 40-60 menit / pertandingan. Dengan sistem RPG kompetitif yang diusungnya, hampir tidak mungkin Anda hanya akan berhenti di 1-2 pertandingan. Anda dapat menghabiskan waktu 3-5 jam tanpa Anda sadari dengan MOBA. Mengapa Sports? Memainkan game olahraga, terutama sepakbola seperti FIFA dan PES, sudah pasti akan menghasilkan atmosfer kompetitif yang akan membuat Anda sulit untuk berhenti bermain. Anda akan menghabiskan waktu hingga 2-3 jam hanya untuk berusaha saling mengalahkan. Lantas bagaimana dengan simulation? Ini mungkin menjadi sarana yang paling efektif. Memainkan game seperti Civilation 5, The Sims, atau Sims City bahkan cukup untuk membuat Anda lupa berbuka puasa hingga bertemu dengan waktu sahur kembali. No kidding..

3. Singkirkan Alat Penunjuk Waktu dalam Bentuk Apapun

lego clock

Waktu adalah sebuah konsep yang relatif. Lama atau cepatnya waktu sangat bergantung pada pengalaman atau ekspektasi Anda. Semakin Anda menaruh perhatian yang besar pada waktu yang berlalu, maka semakin lama pula ia akan terasa. Oleh karena itu, untuk menjamin efek time-warp yang lebih maksimal, ada baiknya jika Anda menyingkirkan segala macam bentuk alat penunjuk waktu yang berada di sekitar Anda. Akan menjadi sesuatu yang percuma, jika Anda memainkan game-game MOBA dan Sports tetapi dengan fokus yang terus memerhatikan detik di jam yang berjalan sangat lambat, sembari menahan keinginan untuk berbuka puasa secepat mungkin. Lebih baik menyingkirkan terlebih dahulu semua alat penunjuk waktu ini dan menikmati game yang sedang Anda mainkan dengan semaksimal mungkin. Ini akan membantu efek time-warp yang Anda butuhkan. (Catatan redaksi: Tentu saja kami tidak menyarankan Anda untuk melewatkan waktu sholat. Anda selalu bisa menggunakan sistem alarm atau minta orang lain untuk mengingatkan)

4. Read the Walkthrough!

guide book

Bagaimana jika Anda sudah mulai lelah dengan video game dan mulai bingung dengan kegiatan lain seputar game lain apa lagi yang bisa Anda lakukan? Jika Anda memiliki waktu yang cukup banyak, tidak ada salahnya jika Anda mulai mencari arsip walkthrough di dunia maya dan mulai membacanya secara detail, terutama untuk game-game yang sedang Anda mainkan saat ini. Mencegah spoiler, walkthrough biasanya memiliki seksi yang akan membantu Anda untuk menjelajahi dunia game yang sedang Anda mainkan dan membuka setiap rahasia darinya, apalagi jika game yang sedang Anda mainkan adalah RPG. Ada kepuasan tersendiri untuk mempelajari semua hal ini dan memastikan diri untuk menyelesaikan setiap sub-quest, mendapatkan equipment terbaik, atau meraih ending rahasia yang sulit. Walkthrough akan sangat membantu, baik untuk progress permainan Anda, atau untuk sekedar menghabiskan waktu.

5. Kesempatan Terbaik untuk Bernostalgia

suikoden 2

Jika Anda termasuk gamer yang seringkali berkunjung ke JagatPlay, maka Anda tentu sempat mengenal salah satu fitur eksklusif kami – NostalGame yang membawa Anda menikmati kembali game-game lawas yang berkualitas di masa lalu. Daripada sekedar membaca artikel dan bernostalgia, bulan Ramadhan juga dapat menjadi kesempatan terbaik untuk membuat nostalgame versi Anda sendiri. Dengan emulator yang tersebar luas di dunia maya, Anda bisa memainkan game-game lawas ini di PC Anda, dengan kebutuhan spesifikasi yang tidak terlalu berat. Ada begitu banyak game adiktif yang dapat Anda nikmati kembali, terutama seri-seri RPG jempolan yang sempat dirilis di Playstation.

Pages: 1 2
Load Comments

PC Games

February 6, 2024 - 0

Menjajal Honkai Star Rail 2.0: Selamat Datang di Penacony, Semoga Mimpi Indah! 

Honkai Star Rail akhirnya memasuki versi 2.0 dengan memperkenalkan dunia…
December 14, 2023 - 0

Menjajal Prince of Persia – The Lost Crown: Kini Jadi Metroidvania!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh 5 jam pertama Prince of…
December 13, 2023 - 0

JagatPlay: Menikmati Festival Kenangan Teyvat Genshin Impact di Jakarta!

Seperti apa keseruan yang ditawarkan oleh event Festival Kenangan Teyvat…
December 7, 2023 - 0

Preview Zenless Zone Zero (ZZZ) Closed Beta 2: HoYoVerse Naik Level!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh masa closed beta 2 Zenless…

PlayStation

February 21, 2024 - 0

Review TEKKEN 8: Program Keluarga Ber-Bencana!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh TEKKEN 8 ini? Mengapa kami…
February 15, 2024 - 0

Review HELLDIVERS 2: Pergi, Basmi, Kembali, atau Mati!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Helldivers 2 ini? Mengapa kami…
February 12, 2024 - 0

Review Persona 3 Reload: Pesona Ulang Kelas Berkelas!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Persona 3 Reload ini? Mengapa…
January 31, 2024 - 0

Review Granblue Fantasy – Relink: JRPG Super Nagih!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Granblue Fantasy: Relink ini? Mengapa…

Nintendo

July 28, 2023 - 0

Review Legend of Zelda – Tears of the Kingdom: Tak Sesempurna yang Dibicarakan!

Mengapa kami menyebutnya sebagai game yang tak sesempurna yang dibicarakan…
May 19, 2023 - 0

Preview Legend of Zelda – Tears of the Kingdom: Kian Menggila dengan Logika!

Apa yang ditawarkan oleh Legend of Zelda: Tears of the…
November 2, 2022 - 0

Review Bayonetta 3: Tak Cukup Satu Tante!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Bayonetta 3? Mengapa kami menyebutnya…
September 21, 2022 - 0

Review Xenoblade Chronicles 3: Salah Satu JRPG Terbaik Sepanjang Masa!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Xenoblade Chronicles 3? Mengapa kami…