10 Game Android Gratis Terbaik untuk Teman Mudik

Reading time:
August 16, 2012
android on cars

Lebaran sebentar lagi! Setelah melewati proses berpuasa yang mungkin tidak mudah dan menawarkan tantangan tersendiri selama satu bulan terakhir ini, hari kemenangan akhirnya sudah tiba di depan mata. Tidak sekedar menjadi kesempatan untuk menikmati begitu banyak hal baru, baik dari sisi spiritual maupun material, Idul Fitri juga menjadi waktu terbaik untuk bersilatuhrahmi dengan kerabat-kerabat jauh maupun dekat yang selama ini tidak dapat ditemui karena kesibukan rutinitas. Dengan dalih inilah, sebuah perjalanan menuju kampung halaman, sebuah ziarah untuk kembali pada sumber identitas diri, bernama Mudik dimulai.

Mudik memang menjadi fenonema sosial yang tidak akan Anda temukan di negara lain, selain Indonesia. Pembangunan yang tidak merata membuat banyak manusia pekerja memutuskan untuk berjuang di kota-kota yang menjadi pundi uang utama dan kemudian membawa sedikit keberuntungan tersebut ke rumah pada saat hari besar seperti Idul Fitri tiba. Eksodus jutaan manusia dari kota Jakarta ke seluruh wilayah Indonesia menjadi sebuah siklus yang terjadi setiap tahun. Jika Anda termasuk salah satu yang ikut di dalam proses ini, terlepas rasa senang dan bahagia yang mungkin Anda rasakan karena akan bertemu dengan sanak keluarga, Anda “dipaksa” untuk ikut dalam sebuah perjalanan yang melelahkan.

Tidak ada perjalanan mudik yang tidak melelahkan, apalagi jika Anda harus berjibaku dengan ribuan orang lainnya yang juga memutuskan untuk lewat jalur darat / laut yang Anda lewati. Kemacetan dan waktu perjalanan yang lama akan menguras energi secara habis-habisan. Namun Anda selalu punya pilihan untuk bergantung kepada teknologi untuk menyisiati kondisi yang satu ini. Seperti yang seringkali kami bahas sebelumnya, kunci terpenting adalah menyediakan video game yang mampu memberikan efek time-warp, membuat Anda menghabiskan waktu dengan cepat begitu saja. Sebuah perangkat yang akan membantu Anda mewujudkan hal tersebut? Tentu saja sahabat yang sulit lepas dari genggaman – Smartphone.

Dengan harga yang kian bersahabat, smartphone dengan sistem operasi Android memang bukan lagi barang mewah yang sulit untuk didapatkan. Selain fungsi telepon dan sosial media, Android merupakan perangkat multimedia yang akan membantu meningkatkan mood dan energi Anda, atau bahkan sekedar menghabiskan waktu. Tidak mengherankan jika ia menjadi senjata pembunuh waktu yang paling tepat dipilih selama menjalani proses mudik menuju kampung halaman. Game-game seperti apa saja yang perlu Anda siapkan? Tentu saja game-game ringan yang menantang. Bingung? Tenang saja, kami sudah merangkum 10 game Android gratis yang dapat Anda persiapkan dan unduh lewat Google Play. Apa saja?

10. Geared

geared

Memastikan otak untuk terus aktif selama menjalani perjalanan mudik bukanlah sebuah “aib” yang justru akan membuat Anda kelelahan. Video game casual yang satu ini – Geared akan menyediakan sensasi ini dalam sebuah bentuk yang menyenangkan, namun di sisi lain, sangat adiktif. Game yang bisa unduh secara cuma-cuma ini memang memberikan objektif yang terhitung sederhana. Anda hanya perlu menggerakkan gear berwarna biru melalui susunan mekanisme gear yang Anda bangun sendiri. Dengan kurang lebih 150 level yang ia sediakana, Geared akan terus membuat Anda tertantang, membuat Anda terus menjajal level selanjutnya, tanpa Anda sadari. And who knows, Anda mungkin sudah tiba di tempat peristirahatan pertama di perjalanan ketika masih menggenggam smartphone Android ini dengan Geared yang masih menunggu di sana.

9. Tetris

tetris

Klasik, ini mungkin menjadi kata pertama yang Anda luncurkan untuk mendeskripsikan game yang satu ini. Gamer mana yang tidak mengenal game puzzle sederhana yang satu ini? Namun percaya atau tidak, membangun sebuah susunan balok secara tepat dengan berbagai bentuk yang dilemparkan secara acak akan menjadikan Tetris sebagai teman yang tepat. Daripada adiktif, kami lebih mengkategorikannya sebagai sebuah game yang akan membuat Anda obsesif. Ada perasaan untuk mencapai tingkat yang lebih tinggi dengan keinginan untuk menciptakan desain dan gerak balok yang lebih presisi. Secara tidak sadar, Tetris akan membuat Anda mengalami efek time-wrap secara efektif.

8. Bebbled

bebbled

Seperti halnya Tetris, Bebbled menawarkan sebuah puzzle balok warna-warni dengan objektif yang kurang lebih serupa, namun dengan mekanisme eksekusi yang jauh lebih “segar”. Konsepnya sendiri begitu sederhana, namun cukup untuk membuat mata Anda tidak mampu memalingkan diri dari layar smartphone Android Anda. Namun berbeda dengan Tetris, Bebbled datang dengan misi yang jelas dan kebutuhan untuk menentukan langkah permainan selanjutnya secara presisi. Ini adalah game yang menuntut Anda untuk berpikir penuh pertimbangan sebelum memilih langkah permainan selanjutnya.

7. Barrr Lite

barr lite

Masih ingatkah Anda dengan game PopCap di masa lalu yang menuntut Anda untuk mengurus sebuah restoran dan memastikan semua kebutuhan para pelanggan yang masuk kesananya untuk terpenuhi. Sebagian besar tugas memang dapat diselesaikan dengan hanya melakukan klik dan drag, namun varian tuntutan misi yang Anda membuat Anda harus membangun sebuah strategi yang tepat agar tidak ada satupun pelanggan yang marah dan tidak puas. Gameplay seperti inilah yang juga ditawarkan oleh Barrr. Anda akan begitu disibukkan dengan berbagai tugas dan misi dengan kuantitas super besar, bahkan cukup untuk membuat Anda sendiri kewalahan. Seperti layaknya bekerja di dunia nyata, jangan kaget ketika Anda selesai menyelesaikan beberapa misi, waktu sudah berlalu begitu saja.

6. GT Racing: Motor Academy Free+

gt racing academy

Menemukan sebuah game racing berkualitas yang ditawarkan secara cuma-cuma kepada para gamer casual memang bukan pekerjaan yang mudah. Namun untungnya, sebuah game berjudul GT Racing: Motor Academy Free+ menawarkan kesempatan untuk merasakan sensasi racing dengan pacu adrenalin dalam genggaman Anda. Walaupun tidak seefektif game puzzle atau game casual yang lain, GT Racing: Motor Academy ini dapat Anda posisikan sebagai sebuah “bukti” untuk memperlihatkan kemajuan dunia ponsel kepada saudara-saudara di daerah yang mungkin tertinggal secara teknologi. Lagipula, sebagia sebuah game arcade, GT Racing: Motor Academy mampu menempatkan diri sebagai game racing arcade yang pantas untuk dijajal.

Pages: 1 2
Load Comments

PC Games

February 6, 2024 - 0

Menjajal Honkai Star Rail 2.0: Selamat Datang di Penacony, Semoga Mimpi Indah! 

Honkai Star Rail akhirnya memasuki versi 2.0 dengan memperkenalkan dunia…
December 14, 2023 - 0

Menjajal Prince of Persia – The Lost Crown: Kini Jadi Metroidvania!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh 5 jam pertama Prince of…
December 13, 2023 - 0

JagatPlay: Menikmati Festival Kenangan Teyvat Genshin Impact di Jakarta!

Seperti apa keseruan yang ditawarkan oleh event Festival Kenangan Teyvat…
December 7, 2023 - 0

Preview Zenless Zone Zero (ZZZ) Closed Beta 2: HoYoVerse Naik Level!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh masa closed beta 2 Zenless…

PlayStation

February 15, 2024 - 0

Review HELLDIVERS 2: Pergi, Basmi, Kembali, atau Mati!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Helldivers 2 ini? Mengapa kami…
February 12, 2024 - 0

Review Persona 3 Reload: Pesona Ulang Kelas Berkelas!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Persona 3 Reload ini? Mengapa…
January 31, 2024 - 0

Review Granblue Fantasy – Relink: JRPG Super Nagih!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Granblue Fantasy: Relink ini? Mengapa…
January 29, 2024 - 0

Review Like a Dragon – Infinite Wealth: Tinju dan Air Mata Sang Naga!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Like a Dragon: Infinite Wealth?…

Nintendo

July 28, 2023 - 0

Review Legend of Zelda – Tears of the Kingdom: Tak Sesempurna yang Dibicarakan!

Mengapa kami menyebutnya sebagai game yang tak sesempurna yang dibicarakan…
May 19, 2023 - 0

Preview Legend of Zelda – Tears of the Kingdom: Kian Menggila dengan Logika!

Apa yang ditawarkan oleh Legend of Zelda: Tears of the…
November 2, 2022 - 0

Review Bayonetta 3: Tak Cukup Satu Tante!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Bayonetta 3? Mengapa kami menyebutnya…
September 21, 2022 - 0

Review Xenoblade Chronicles 3: Salah Satu JRPG Terbaik Sepanjang Masa!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Xenoblade Chronicles 3? Mengapa kami…