Preview Counter Strike – Global Offensive: Nostalgia dengan Wajah Baru!

Reading time:
August 29, 2012
CS GO logo 1

Gamer mana yang tidak pernah mengenal nama Counter Strike sebelumnya? Mod military shooter yang diciptakan dari seri Half-Life memang begitu fenomenal, bahkan termasuk salah satu game yang paling berpengaruh di industri game. Ia menetapkan sebuah sistem yang kemudian menjadi standar bagi sebagian besar game serupa yang lahir setelahnya, terutama dari mekanisme gameplay dan tema utama. Di Indonesia, efek game yang satu ini bahkan jauh lebih besar. Counter-Strike menandai sebuah era LAN gaming yang berefek positif pada perekonomian, dengan kemunculan gaming center dalam jumlah yang masif di hampir semua kota di Indonesia. Setelah tampil memukau lewat CS: Source pada tahun 2004 silam, Valve akhirnya merilis sebuah seri CS terbaru – Counter Strike: Global Offensive.

Kesan Pertama

Siapa yang menyangka bahwa nama seklasik Counter Strike akan muncul kembali di industri game dan membuka sebuah babak persaingan yang baru? Valve tampaknya tidak ingin tinggal diam melihat kekuatan “baru” seperti Call of Duty dan Battlefield yang kini seolah pasar FPS military shooter terus meraih keuntungan tanpa persaingan yang sepadan. Menjawab tantangan ini dan juga untuk mengobati kerinduan para gamer, Global Offensive akhirnya secara resmi dirilis secara komersial dengan harga yang cukup terjangkau. Bagi para gamer yang tumbuh besar bersama dengan Counter Strike, ini tentu menjadi kesempatan terbaik untuk menggali kembali sedikit memori, tentu dengan tampilan jauh lebih sempurna.

Kata apa yang mampu mendeskripsikan kesan pertama yang ditawarkan oleh CS: GO? Jawabannya: Unik. Jauh di luar perkiraan kami, terlepas dari visualisasinya yang tampil lebih menarik, CS: GO meninggalkan kesan yang tidak berbeda dengan sebuah seri Counter Strike klasik. Anda seperti sedang dibawa untuk kembali bernostalgia, dengan sebuah game yang mendapatkan modifikasi secara ekstrim di sisi visualisasi. Selebihnya? Anda akan berhadapan kembali dengan sebuah game yang mungkin sudah mencuri hidup Anda lebih dari 10 tahun yang lalu. Walaupun datang dengan beberapa perombakan, beberapa map klasik favorit tetap akan menyapa Anda dengan ciri khas yang sama. Mekanisme gameplaynya sendiri tidak banyak berbeda, dengan animasi dan pergerakan, yang untungnya, lebih dinamis dan nyaman dibandingkan CS: Source.

CS GO aztec 4

Lantas perubahan signifikan apa saja yang berubah di Counter Strike: Global Offensive ini? Selain perombakan visualisasi, desain karakter dan map, hampir tidak ada yang signifikan. Anda memang akan menemukan senjata-senjata baru, sistem beli, dan mode permainan yang baru, namun tidak cukup kuat untuk menghilangkan kesan bahwa Global Offensive adalah sebuah game Counter Strike yang selama ini Anda kenal. Sementara bagi Anda yang berharap bahwa Valve akan mengadaptasi beberapa mekanisme ala game kompetitor seperti ironsight atau perk khusus, Anda boleh bersiap kecewa. Valve tampaknya tidak akan membuat perubahan yang akan menceredai identitas utama CS, sekalipun terbukti sukses diterapkan oleh seri-seri komputer.

Sembari menunggu waktu yang lebih proporsional untuk melakukan review (and of course, having fun with it), Anda bisa mendapatkan gambaran yang lebih jelas dengan menyimak screenshot-screenshot “fresh from oven” dari kami ini. Untuk membantu Anda, kami akan mengkategorikannya ke dalam kelompok map yang ditawarkan, dari multiplayer dan mode bot-match. Selamat menikmati!

Special thanks to: imeong2003i for the preview – review opportunity!

Dust 1

CS GO de dust 1

CS GO de dust 5

CS GO de dust 7

CS GO de dust 8

CS GO de dust 9

CS GO de dust 10

CS GO de dust 15

CS GO de dust 17

CS GO de dust 22

CS GO de dust 24

Pages: 1 2 3 4 5
Load Comments

PC Games

August 10, 2022 - 0

Review Marvel’s Spider-Man Remastered PC: Siap Kembali Berayun!

Marvel's Spider-Man Remastered akhirnya tersedia di PC. Apa saja yang…
August 2, 2022 - 0

Review Beat Refle: Pijat Refleksi Super Seksi!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Beat Refle ini? Mengapa kami…
July 22, 2022 - 0

Review As Dusk Falls: Ini Baru Game Drama Berkualitas!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh As Dusk Falls ini?…
June 28, 2022 - 0

Review My Lovely Wife: Pilih Istri atau Iblis-Iblis Seksi!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh My Lovely Wife ini?…

PlayStation

August 15, 2022 - 0

Review Digimon Survive: Seru Iya, Bosan Juga Iya!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Digimon Survive? Mengapa kami menyebutnya…
July 18, 2022 - 0

Review STRAY: Kocheng Oren Mah Bebas!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh STRAY? Mengapa kami menyebutnya…
March 30, 2022 - 0

Review Stranger of Paradise – FF Origin: Ayo Basmi CHAOS!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Stranger of Paradise: Final Fantasy…
March 23, 2022 - 0

Review Ghostwire – Tokyo: Berburu Setan Jepang!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Ghostwire: Tokyo ini? Mengapa…

Nintendo

August 4, 2022 - 0

Preview Xenoblade Chronicles 3: Seperti Sebuah Keajaiban!

Kesan pertama apa yang ditawarkan Xenoblade Chronicles 3? Mengapa kami…
April 6, 2022 - 0

Review Kirby and The Forgotten Land: Ini Baru Mainan Laki-Laki!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Kirby and the Forgotten…
March 25, 2022 - 0

Review Chocobo GP: Si Anak Ayam Kini Serakah!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Chocobo GP ini? Mengapa…
March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…