Review Borderlands 2: Pengalaman Tanpa Batas!

Reading time:
September 27, 2012
Borderlands 2 11

Gamer mana yang akan mampu menolak sebuah seri Borderlands dari Gearbox Software? Ada begitu banyak alasan untuk mencintai seri game hybrid yang satu ini. Hal yang paling utama tentu saja keunikan yang ia ciptakan dari keberhasilannya menggabungkan dua genre terbesar di industri game – FPS dan RPG. Tidak hanya sekedar mengangkat senjata dan menembak semua musuh, ada begitu banyak elemen yang membuatnya lebih kompleks. Pertimbangan damage, equipment, dan skill dari dunia RPG membuatnya jauh lebih menarik untuk dimainkan. Gearbox berhasil menyuntikkan begitu banyak alasan untuk terus memainkan seri ini berulang-ulang kali, tanpa ada sedikitpun rasa bosan. Sesuatu yang tentunya menjadi tujuan yang sama untuk seri kedua ini.

Setelah penantian yang cukup lama, basis fans Borderlands yang cukup besar (termasuk kami) tentu sangat mengantisipasi kehadiran seri keduanya. Setelah menjajalnya selama beberapa jam di awal, ia meninggalkan kesan pertama yang begitu kuat. Visualisasi yang tidak banyak berbeda tidak lantas menjadi alasan yang legit untuk tidak menjajalnya. Gearbox mampu menciptakan sebuah atmosfer permainan yang tampil bagaikan dua sisi mata koin yang tidak terpisahkan. Di satu sisi, ia datang dengan mekanisme gameplay klasik yang tidak banyak berbeda, familiar untuk mereka yang sempat memainkan seri pertamanya. Sementara di sisi yang lain, Gearbox menawarkan banyak hal baru yang membuat seri ini jauh lebih, lebih sempurna, lebih adiktif.

Lantas, bagaimana dengan performa keseluruhan yang ditawarkan oleh Borderlands 2 ini? Apa yang membuat kami menyimpulkannya sebagai sebuah seri yang mampu menghasilkan pengalaman unik yang adiktif?

Plot

Borderlands 2 10
Lima tahun setelah event pertama Borderlands berakhir, generasi terbaru Vault Hunters hadir – Salvador, Axton, Zer0, dan Maya

Tampil sebagai sebuah sekuel, Borderlands 2 sendiri mengambil timeline 5 tahun setelah berakhirnya seri pertama. Empat orang Vault Hunter yang pemberani – Roland, Lilith, Mordecai, dan Brick akhirnya berhasil menemukan “harta karun” terbesar di Pandora – The Vault Hunters dan menghancurkan alien yang bersemayam di dalamnya – The Destroyer. Namun sebuah konsekuensi yang unik muncul. Terbukanya vault menghasilkan efek yang unik bagi Pandora itu sendiri, membuat mineral berharga Eridium muncul menyebar begitu saja. Hal ini menarik perusahaan raksasa – Hyperion Corporation untuk mampir ke Pandora dan berusaha untuk menambang sebanyak mungkin Eridium yang ada. Sang pemimpin? Tokoh antagonis yang menjadi target utama Anda – Handsome Jack.

Lantas siapa yang menjadi tokoh protagonis di seri kedua ini? Anda akan memerankan satu dari empat karakter generasi terbaru Vault Hunters terbaru – Axton, Maya, Salvador, dan Zer0. Tidak hanya sekedar mencari The Vault yang lain, keempat karakter ini juga menjadi target utama dari Hyperion yang kini tumbuh menjadi sebuah tirani. Handsome Jack tentu saja bukan tokoh antagonis “dangkal” yang hanya sekedar mencari uang dan membunuh siapapun yang menghalangi hal tersebut. Ketertarikannya untuk memburu generasi The Vault Hunters ternyata menyimpan segudang agenda yang lain. Tidak hanya berjuang sendiri, The Vault Hunters akan ditemani oleh kelompok pemberontak yang hidup di sebuah kota yang dikenal sebagai The Sanctuary. Anda juga akan bertemu dengan empat karakter sebelumnya yang kini hidup dengan agenda yang sama – berperang melawan Handsome Jack.

Borderlands 2 PART 2 13
Please welcome Handsome Jack.. Otak di balik Hyperion Corporation yang kini menguasai Pandora.
Borderlands 2 3
Hyperion membangun sebuah base militer berbentuk “H” di salah satu bulan Pandora. Dengan misi utama menambang material berharga – Eridium sebanyak-banyaknya, Hyperion tumbuh menjadi tirani yang baru. Namun apa yang sebenarnya mereka cari? Mengapa mereka tertarik dengan Vault Hunters baru ini?
Borderlands 2 7
Anda juga masih akan menemukan muka-muka familiar. Ada yang bisa menebak siapa kedua orang ini?

Lantas agenda tersembunyi apa yang dimiliki oleh Handsome Jack? Apa yang membuat ia memburu para Vault Hunters di balik sekedar tambang Eridium yang menguntungkan? Dan mampukan The Vault Hunters terbaru ini menundukkan tirani Hyperion dan membuka The Vault yang baru?

Pages: 1 2 3
Load Comments

PC Games

August 26, 2021 - 0

Impresi Park Beyond: Saatnya Meracik Taman Bermain yang Gila!

Ada sebuah keasyikan tersendir memang ketika sebuah game memberikan Anda…
August 20, 2021 - 0

Review 12 Minutes: Selamat Ulang Hari!

Untuk sebuah industri yang sudah eksis selama setidaknya tiga dekade,…
June 24, 2021 - 0

Menjajal Tales of Arise: Luapan Rasa Rindu!

Gamer JRPG mana yang tidak gembira setelah pengumuman eksistensi Tales…
June 17, 2021 - 0

JagatPlay: Interview dengan Tom Hegarty & John Ribbins (OlliOlli World)!

Tidak semua gamer mungkin pernah mendengar game yang satu ini,…

PlayStation

September 23, 2021 - 0

Review Death Stranding – Director’s Cut: Paket Baru Definisi Tinggi!

Antara Anda benar-benar menyukainya atau benar-benar membenci apa yang ia…
September 22, 2021 - 0

Review Kena – Bridge of Spirits: Kena Sihir Fantasi Elok!

Menarik adalah kata yang tepat untuk menjelaskan pilihan game-game yang…
September 14, 2021 - 0

Review DEATHLOOP: Kesenangan Berulang, Berulang, Berulang!

Kami yakin sebagian besar dari Anda tentu saja sudah familiar…
September 8, 2021 - 0

Review Tales of Arise: Dahaga yang Terpuaskan!

Salah satu seri JRPG yang paling konsisten lahir di industri…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…