Presiden Ceko Hubungi Otoritas Yunani Soal Penangkapan Developer Arma III

Reading time:
November 22, 2012

Masih ingatkah Anda dengan kasus penangkapan dua karyawan Bohemia Interactive – Ivan Buchta dan Martin Peziar atas tuduhan spionase? Benar sekali, kedua developer ini diduga sedang melakukan aksi mata-mata / spionase setelah tertangkap sedang melakukan pemotretan instalasi militer rahasia milik Yunani. Keduanya diduga sedang mengumpulkan bahan untuk game simulasi FPS yang kini tengah dikembangkan Bohemia – Arma III. Walaupun secara resmi disanggah, bahkan sempat memunculkan petisi untuk membebaskan kedua orang ini, pemerintah Yunani tetap tidak bergeming dan tetap ingin melanjutkan proses hukum atas keduanya. Isu yang berlarut-larut ini akhirnya menarik otoritas tertinggi negara tempat Bohemia berhuni – Ceko untuk ikut mengambil sikap.

Kasus ini ternyata juga menarik perhatian Presiden Ceko sendiri – Vaclav Klaus. Tidak tanggung-tanggung, ia langsung menghubungi Presiden Yunani – Karalos Papoulis secara formal untuk mengklarifikasi masalah yang satu ini dengan satu harapan besar, agar masalah ini tidak mencederai hubungan baik yang sudah terjalin antara dua negara ini. Menyebutnya sebagai masalah yang sensitif, Klaus juga menegaskan bahwa dirinya tidak akan ikut campur dalam proses hukum ini dan percaya pada pihak berwenang Yunani. Namun ia meminta sang presiden – Papoulis untuk berbagi perhatian yang setara agar kasus ini tidak menghasilkan efek buruk yang akan merugikan kedua negara.

Kasus penangkapan dua developer Arma III oleh pihak berwenang Yunani ternyata menarik perhatian presiden Ceko sendiri – Vaclav Klaus

Buchta dan Peziar sendiri akan menghadapi proses persidangan di Yunani dalam waktu dekat ini. Apakah “permintaan” Klaus ini akan menghasilkan efek positif pada putusan hukum kedua developer ini? Dari kacamata seorang gamer, semua hal yang dapat dilakukan untuk mempercepat rilis ARMA III ke pasaran, tentu akan menjadi keputusan terbaik.

Source: Eurogamer

Load Comments

JP on Facebook


PC Games

April 16, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Blizzard (Diablo II: Resurrected)!

Kembali ke akar yang membuat franchise ini begitu fenomenal dan…
April 9, 2021 - 0

Menjajal Diablo II: Resurrected (Technical Alpha): Bagai Bumi Langit!

Perbedaan usia memang mau tidak mau harus diakui, juga membuat…
March 29, 2021 - 0

Review DOTA – Dragon’s Blood: Fantasi dan Promosi!

Apa satu aspek yang membuat DOTA 2 selalu kalah dari…
January 14, 2021 - 0

Menjajal DEMO (2) Little Nightmares II: Misteri Lebih Besar!

Tidak ada lagi yang bisa kami lakukan selain memberikan puja-puji…

PlayStation

May 7, 2021 - 0

Preview Resident Evil Village: “Liburan” ke Desa!

Lewat beberapa seri terakhir yang mereka lepas, Capcom memang harus…
April 29, 2021 - 0

Review RETURNAL: Surga Seru di Neraka Peluru!

Apa yang langsung muncul di benak Anda begitu kita berbicara…
April 23, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Toylogic & Square Enix (NieR Replicant ver.1.22474487139…)!

Tidak perlu menyelam terlalu jauh. Melihat nama “ver.1.22474487139…” yang didorong…
April 23, 2021 - 0

Preview RETURNAL: Brutal, Gila, Menyenangkan!

Ada yang istimewa memang saat kita membicarakan hubungan antara Sony…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…