Preview Assassin’s Creed III: Jatuh Cinta Pada Pandangan Pertama!

Reading time:
November 2, 2012
Assassins Creed 3 20

Sebagian besar gamer di dunia saat ini mungkin sedang mengembangkan senyum terbesar mereka, terutama mereka yang memiliki konsol XBOX 360 dan Playstation 3. Bagaimana tidak? Setelah penantian yang lama, dengan godaan teaser dan screenshot yang memanjakan mata sepanjang tahun 2012 ini, akhirnya kesempatan untuk menjajal seri terbaru dari franchise fenomenal – Assassin’s Creed tiba di depan mata. Ubisoft merilis secara resmi Assassin’s Creed 3, sebuah seri yang menawarkan begitu banyak hal baru, setelah keringnya konten yang cukup untuk memuaskan dahaga selama dua tahun terakhir ini. Sebuah karakter baru, sebuah dunia baru, sebuah sensasi baru.

Kesan Pertama

Sejujurnya, kami boleh terbilang masuk ke dalam kelompok gamer yang skeptis dengan pilihan Ubisoft untuk menjadikan Perang Revolusi Amerika sebagai tema utama untuk AC 3 ini. Mengapa? Karena kami melihat ada begitu banyak sejarah yang sebenarnya lebih menarik untuk diangkat dan dimodifikasi, daripada harus kembali lagi ke Amerika, sebuah negara yang sudah terlalu mainstream di industri game. Keraguan kedua? Bahwa Ubisoft akan mampu menciptakan karakter se-ikonik Altair dan Ezio, dengan kisah hidup yang bahkan harus dibangun lewat serangkaian seri di beberapa tahun terakhir ini. Berangkat dari pemikiran inilah, kami menjajal Assassin’s Creed 3. Hasilnya? Ubisoft membuat kami terlihat seperti orang tolol.

Sejak permulaan permainan, Anda akan disuguhi dengan kualitas sebuah seri AC yang luar biasa. Engine dengan detail yang lebih baik jadi pemanis di permukaan. Saking begitu banyaknya hal baru dan masif yang ditawarkan oleh Assassin’s Creed 3, Anda seolah akan melihatnya sebagai sebuah game yang berbeda, sebuah game yang tidak terkait dengan Desmond Miles, Altair, maupun Ezio. Sebuah game yang hampir mustahil dibangun hanya dalam waktu satu tahun. Sebuah game yang akan membuat Anda jatuh cinta pada pandangan pertama. Sebuah game yang akan mampu mengikat jiwa Anda dalam waktu yang lama. Sebuah kisah Assassin yang luar biasa.

Ketakutan akan kurang kuatnya cerita yang dibangun oleh Ubisoft lewat sosok Connor Kenway – setengah Indian setengah British, seolah sirna begitu saja.  Kami membutuhkan waktu sekitar 6-7 jam sebelum mampu memainkan Connor Kenway dalam “bentuk terakhirnya”. Ubisoft merangkai cerita dari generasi sebelumnya untuk membantu Anda menangkap gambaran cerita yang lebih kuat dan jelas, bahkan dari masa kecil Connor sendiri. Klaim bahwa mereka akan membangun dunia yang lebih luas juga tidak main-main. Frontier, sebuah map yang dibangun dengan landscape daratan liar Amerika memang menawarkan luas daerah jelajah yang jauh lebih besar dari semua map yang pernah Anda temukan di franchise AC ini. Boston yang menjadi pusat cerita juga dibangun dengan apik, dengan detail lingkungan dan sosial yang merepresentasikan kondisi saat itu.

Animasi serangan kini tampil jauh lebih brutal dengan efek darah yang maksimal, apalagi ketika Anda menggunakan senjata baru seperti Tomahawk. Connor dibekali dengan begitu banyak kemampuan dan senjata baru. Anda kini bisa berburu, memanjat pohon, menggantung musuh, bahkan membangun sebuah kota dengan sistem ekonomi yang lebih kompleks dibandingkan sebelumnya. Yang paling keren? Anda kini juga dibekali dengan segudang side-mission bertema Naval War yang epik, dimana tidak hanya mengendaria kapal Anda di berbagai kondisi laut, Anda juga harus bertempur di dalamnya. Fitur baru yang tumbuh menjadi salah satu daya tarik utama yang akan membuat Anda jatuh hati seketika. Pertempuran melawan Assassin vs Templar ini juga kini membutuhkan peran Desmond lebih besar, sehingga tidak lagi hanya sekedar kosmetik di seri ketiga ini. Anda akan menggunakannnya dalam berbagai misi yang ada.

Sembari menunggu waktu yang lebih proporsional untuk melakukan review (dan kami yakin AC 3 akan memakan waktu yang lama), silakan menikmati beragam screenshot fresh from the oven untuk membantu Anda mendapatkan sedikit gambaran. One thing for sure, you gonna freaking love it like we do..

Assassins Creed 3 45 Assassins Creed 3 3 Assassins Creed 3 111 Assassins Creed 3 97 Assassins Creed 3 42 Assassins Creed 3 73 Assassins Creed 3 43 Assassins Creed 3 117 Assassins Creed 3 102

 

Assassins Creed 3 153

 

Pages: 1 2 3 4 5
Load Comments

PC Games

February 6, 2024 - 0

Menjajal Honkai Star Rail 2.0: Selamat Datang di Penacony, Semoga Mimpi Indah! 

Honkai Star Rail akhirnya memasuki versi 2.0 dengan memperkenalkan dunia…
December 14, 2023 - 0

Menjajal Prince of Persia – The Lost Crown: Kini Jadi Metroidvania!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh 5 jam pertama Prince of…
December 13, 2023 - 0

JagatPlay: Menikmati Festival Kenangan Teyvat Genshin Impact di Jakarta!

Seperti apa keseruan yang ditawarkan oleh event Festival Kenangan Teyvat…
December 7, 2023 - 0

Preview Zenless Zone Zero (ZZZ) Closed Beta 2: HoYoVerse Naik Level!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh masa closed beta 2 Zenless…

PlayStation

March 27, 2024 - 0

Menjajal DEMO Stellar Blade: Sangat Berbudaya!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh demo Stellar Blade ini? Mengapa…
March 22, 2024 - 0

Review Rise of the Ronin: Jepang Membara di Pedang Pengembara!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Rise of the Ronin ini?…
March 21, 2024 - 0

JagatPlay: Wawancara Eksklusif dengan Yosuke Hayashi dan Fumihiko Yasuda (Rise of the Ronin)!

Kami sempat berbincang-bincang dengan Yosuke Hayashi dan Fumihiko Yasuda terkait…
March 19, 2024 - 0

Review Unicorn Overlord: Kuda, Tahta, Wanita!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Unicorn Overlord ini? Mengapa kami…

Nintendo

July 28, 2023 - 0

Review Legend of Zelda – Tears of the Kingdom: Tak Sesempurna yang Dibicarakan!

Mengapa kami menyebutnya sebagai game yang tak sesempurna yang dibicarakan…
May 19, 2023 - 0

Preview Legend of Zelda – Tears of the Kingdom: Kian Menggila dengan Logika!

Apa yang ditawarkan oleh Legend of Zelda: Tears of the…
November 2, 2022 - 0

Review Bayonetta 3: Tak Cukup Satu Tante!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Bayonetta 3? Mengapa kami menyebutnya…
September 21, 2022 - 0

Review Xenoblade Chronicles 3: Salah Satu JRPG Terbaik Sepanjang Masa!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Xenoblade Chronicles 3? Mengapa kami…