Review HALO 4: Tetap Dramatis dan Epik!

Reading time:
November 20, 2012

Pengalaman Serupa dengan Setting Baru!

HALO 4 51
Anda masih akan merasakan atmosfer gameplay HALO klasik yang kental di seri terbaru ini. Objektinya sendiri masih sama, dimana Anda tetap bertempur dengan setiap senjata yang ada sekaligus memastikan diri selamat.

Sebagai sebuah game FPS dan membawa nama besar HALO di belakangnya, 343 Industries memang tidak memiliki banyak opsi untuk menghadirkan inovasi yang signifikan di sisi gameplay. Namun secara kosmetik, Anda bisa melihat perubahan yang signifikan darinya. Anda akan melihat setting dunia yang lebih baik di segi detail, dengan beragam efek lighting yang memanjakan mata. Desain karakter juga berubah dari kedua sisi, baik sang protagonis – Master Chief dan Cortana, ataupun para musuh yang akan hadapai di sepanjang seri ini. Dari segi inilah, Anda akan merasakan perubahan yang signifikan, apalagi ketika Anda menjelajahi luasnya Requiem yang misterius.

HALO 4 part 2 10
The beautiful “Requiem”
HALO 4 741
Salah satu yang perbedaan signifikan yang dapat Anda perhatikan sejak awal permainan adalah pada desain karakter yang ada, baik dari sisi protagonis maupun antagonisnya sendiri.

Dari sisi gameplay? Hampir tidak ada yang berbeda. Anda tetap akan memerankan sang Spartan yang luar biasa – Master Chief, yang secara mengagumkan mampu beradaptasi dalam berbagai situasi yang dihadapkan padanya. Inti permainan sendiri masih sama, membunuh setiap alien yang Anda temukan di depan mata, berganti senjata sesering mungkin, dan memastikan diri Anda untuk berlindung setiap kali shield Anda habis karena tembakan para musuh. Namun dengan plot yang baru dan fokus cerita pada Forerunners dan Prometheans, HALO 4 membutuhkan strategi baru untuk diselesaikan, tidak seperti konflik yang Anda temukan di seri-seri sebelumnya. Karena Anda harus berhadapan dengan musuh-musuh baru yang tidak pernah hadir di semesta ini sebelumnya.

Para Convenant memang masih akan hadir di seri ini, datang dengan karakteristik, senjata, dan kelemahan yang tidak banyak berbeda. Satu hal yang harus Anda perhatikan saat ini adalah Prometheans yang muncul sebagai ras baru yang akan mengganggu perjalanan Anda. Berbeda dengan sebagian besar Convenant yang hanya mengandalkan shieldnya untuk bertahan, Prometheans jauh lebih cerdas dengan kemampuan yang lebih unik pula., khususnya kelas yang akan sering Anda temui – Knights. Selain shield, Knights juga mengandalkan kemampuannya untuk melakukan teleport ketika berada dalam posisi terancam dan kritis. Cara terbaik untuk mengalahkannya adalah dengan melakukan reload senjata Anda terlebih dahulu, memastikan magazine dalam keadaan paling penuh, dan langsung meluncurkan semua peluru tersebut ke arah Knights, memastikan ia hancur sebelum melakukan teleport.

HALO 4 part 2 14
Salah satu musuh baru yang pantas untuk diwaspadai tentu saja adalah Knights dari Prometheans. Berbeda dengan Convenant yang mengandalkan shield, Knights mengandalkan teleport untuk kabur dari situasi yang berbahaya. Oleh karena itu, ia butuh strategi yang berbeda untuk ditaklukkan.
HALO 4 part 2 42
Dibandingkan dengan senjata para Convenant, senjata Prometheans memang terlihat lebih futuristik. Berbeda dengan senjata Convenant yang mengharuskan Anda untuk membuang senjata yang sudah habis, senjata Prometheans tidak berbeda dengan senjata UNSC, yang dapat diisi ulang. ini berarti Anda dapat “menyimpan” senjata favorit Anda.

Knights memang memberikan ancaman yang paling besar di antara semua Prometheans yang ada. Selain kemampuan teleportasi yang selalu ia lakukan setiap kali terancam, Knights juga meluncurkan beberapa perlengkapan lain dari tubuhnya, baik untuk menyerang maupun melindungi diri. Ada sentry yang dapat ia bentuk untuk membidik Anda secara otomatis dengan meluncurkan laser. Ia juga dapat meluncurkan sebuah pesawat kecil yang mampu berperan sebagai shield ketika dibutuhkan. Pesawat ini juga menghidupkan kembali “sang tuan” walaupun sudah hancur berantakan sekalipun. Oleh karean itu, menjadi tindakan yang lebih bijak untuk menghancurkan ini terlebih dahulu sebelum berburu Knights yang Anda inginkan.

Kehadiran varian maupun ras baru di sisi musuh, selalu berarti lebih banyak senjata baru yang dapat digunakan oleh Master Chief di setiap seri HALO, termasuk HALO 4. Jangan takut bahwa jagoan Spartan andalan ini akan kagok dengan senjata yang baru pertama kali ia temui. Secara menakjubkan, Anda dapat langsung mengambil setiap senjata ini dan menggunakannya. Hampir serupa dengan senjata para Convenant, senjata yang dibawa oleh Prometheans ini juga dibagi ke dalam beberapa kelas, yang dapat dibedakan dari cara peluru meluncur dan cara reload. Namun berbeda dengan senjata Convenant yang harus Anda buang ketika habis, senjata Promotheans tidak jauh berbeda dengan senjata-senjata UNSC. Ini berarti Anda bisa memungut setiap peluru yang ada dan menggunakan senjata yang sama secara berulang-ulang.

HALO 4 part 2 50
Kill all the Prometheans!
HALO 4 78
Chief masih akan dibekali dengan beberapa skill spesial yang bisa ia dapatkan di sepanjang permainan. Tidak hanya sekedar cloak, clone, atau shield, Chief juga akan mendapatkan jetpack untuk berpindah tempat dengan cepat.

Beberapa kekuatan baru juga bisa Anda sematkan untuk Chief di sepanjang permainan, dan sebagian besar bisa didapatkan di sepanjang pertempuran. Tidak hanya kemampuan untuk menciptakan shield atau menciptakan clone untuk menipu musuh, pertarungan dengan musuh baru – Prometheans tentu saja memaksa Chief untuk menerapkan teknologi yang jauh lebih praktis. Anda kini juga dapat membangun auto-sentry layaknya Knights yang Anda temui, atau menggunakan Jetpack untuk mencapai berbagai tempat tinggi secara instan. Sebuah fitur yang tentu saja memunculkan atmosfer baru di petualangan Master Chief kali ini.

Enjoy the New Rides!

HALO 4 part 2 43
Salah satu kendaraan yang sudah lama didambakan untuk dikendarai oleh para penggemar HALO – Pelican!

Apa yang membedakan HALO dibandingkan dengan game-game FPS kompetitor yang lain, selain sisi cerita dan tema yang diusung oleh franchise eksklusif Microsoft yang satu ini? Jawabannya ada pada sisi gameplay-nya yang terhitung sangat dinamis. Daripada terpaku pada satu cara penyelesaian misi, HALO selalu membuka kesempatan bagi gamer untuk menjajal semua cara yang mereka pikir akan efektif untuk menyelesaikan setiap ancaman yang ada. Ini berarti tidak hanya sekedar berganti-ganti senjata sebebas yang Anda inginkan, tetapi juga memanfaatkan setiap kendaraan yang tersedia di area, baik darat maupun aerial. Anda bisa mencari kendaraan yang tersedia ataupun melakukan sabotase dan mencuri kendaraan yang sedang digunakan oleh para Convenant.

HALO 4 part 2 19
Lima tahun tampaknya menjadi waktu yang cukup bagi UNSC untuk mengembangkan beragam perlengkapan militer baru yang lebih canggih, termasuk juga kendaraan militer mereka. Perkenalkan MANTIS, sebuah mecha bipedal dengan segudang senjata yang destruktif.
HALO 4 part 2 24
Lupakan Elephant. Please welcome, the biggest  ground vehicle in Halo Universe so far – MAMMOTH.
HALO 4 part 2 26
Sayangnya, Anda tidak bisa mengendalikan si Mammoth secara keseluruhan. Anda hanya bertindak sebagai “penumpang” sekaligus juga pengoperasi turret rudal di atasnya.

Anda masih akan menemukan beberapa kendaraan perang yang tentu tidak asing lagi di mata para penggemar HALO. Masih ada Warthog, Scorpion Tank, Pelican, Ghost, dan Banshee yang tentu saja efektif untuk menghancurkan para alien yang datang dengan jumlah yang besar. Namun, UNSC tampaknya sudah bersiap untuk kemungkinan terburuk setelah ancaman kepunahan yang sempat mereka rasakan dalam beberapa seri terakhir ini. Benar sekali, mereka datang dengan segudang kendaraan baru yang jauh lebih menarik dan destruktif untuk seri keempat ini. Ancaman baru yang datang dari pada Prometheans tentu saja memaksa Chief untuk memperkuat barisan pertahanan. Ada Mantis, sebuah mecha bipedal yang diperkuat dengan roket dan senapan mesin yang katastropik. Anda juga akan menemukan kendaraan baru yang super masif – MAMMOTH yang jauh lebih besar daripada kendaraan bertipe sama yang sempat Anda temukan di HALO 3 – Elephant. Walaupun tidak dapat Anda gunakan secara langsung, namun kehadiran Mammoth mampu menciptakan kesan perang yang jauh lebih masif dan menegangkan untuk seri keempat ini. Luar biasa!

Pages: 1 2 3
Load Comments

PC Games

June 17, 2021 - 0

JagatPlay: Interview dengan Tom Hegarty & John Ribbins (OlliOlli World)!

Tidak semua gamer mungkin pernah mendengar game yang satu ini,…
June 17, 2021 - 0

Menjajal OlliOlli World: Game Skateboard Imut nan Ekstrim!

Berapa banyak dari Anda yang seringkali melewatkan judul game-game “kecil”…
May 27, 2021 - 0

Review Mass Effect – Legendary Edition: Legenda dalam Kondisi Terbaik!

Bagi gamer yang tidak tumbuh besar dengan Xbox 360 dan…
May 19, 2021 - 0

Review Rising Hell: Melompat Lebih Tinggi!

Kualitas game indie yang semakin solid, tidak ada lagi kalimat…

PlayStation

June 16, 2021 - 0

Review Final Fantasy VII Remake INTERGRADE (+ INTERMISSION): Selangkah Lebih Sempurna!

Mencapai sebuah keberhasilan untuk konsep yang di atas kertas nyaris…
June 11, 2021 - 0

Review Ninja Gaiden – Master Collection: Bak Tebasan Pedang Tua!

Apa nama franchise yang menurut Anda melekat pada nama Koei…
June 8, 2021 - 0

Review Ratchet & Clank – Rift Apart: Masuk Dimensi Baru!

Menyebut Insomniac Games sebagai salah satu developer first party tersibuk…
June 8, 2021 - 0

Preview Guilty Gear Strive: LET’S ROCK!

Nama besar Arc System Works sebagai salah satu developer game…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…