Review Headset Gaming Thermaltake Chao Dracco: Untuk Para Penyanjung Bass!

Reading time:
December 4, 2012
Thermaltake Chao 3
Thermaltake TteSports Chao Dracco

Setelah sempat mereview serangkaian peripheral gaming yang sebagian besar merupakan keyboard dan mouse, JagatPlay kedatangan perangkat pendukung yang berbeda kali ini. Datang dari vendor ternama – Thermaltake yang gencar mempromosikan line gamingnya – Ttesports,  kami diperkenalkan dengan sebuah headset yang memang didesain untuk memaksimalkan pengalaman audio Anda – Thermaltake Chao Dracco. Walaupun tidak secara spesifik menyebutnya sebagai sebuah headset gaming, namun nama Ttesports yang ia sandang membuatnya otomatis ke dalam kategori yang satu ini. Dengan alasan yang sama pulalah, kami membahas lebih dalam headset ini di JagatPlay.

Tidak berbeda dengan perangkat gaming yang lain, kesenangan dan pilihan atas perangkat audio memang sangat didasarkan pada preferensi pribadi. Dengan beragam elemen berbeda yang membentuknya, para penikmat tentu terkadang bias pada faktor tertentu yang dianggap sebagai pondasi untuk mendapatkan pengalaman audio yang paling maksimal. Oleh karena itu, menjadi hal yang sulit untuk mendapatkan penilaian paling objektif darinya. Berdasarkan hal ini  pulalah, kami akan menilai Chao Dracco dari pengalaman yang mampu ia ciptakan dan seberapa baik ia menjalankan tugas utamanya, mendukung kebutuhan entertainment Anda.

Desain dan Fitur

Thermaltake Chao 15
Menyematkan dua logo naga super keren di kedua sisi Chao Dracco memang membuat headset ini terlihat elegan. Pemilihan warnya yang mencolok – gabungan antara emas dan merah mungkin tidak akan cocok bagi gamer yang tidak ingin menarik banyak perhatian di tempat umum.

Sebagai sebuah headset gaming, Thermaltake Chao Dracco tentu saja tidak hanya harus menjalankan fungsinya dengan baik, tetapi juga menawarkan sebuah identitas yang tidak dimiliki oleh headset yang lain. Jika Anda termasuk gamer yang juga menginginkan hal ini, maka Anda tidak perlu khawatir. Desain yang ditawarkan oleh Chao Dracco akan cukup untuk membuat semua gamer berpaling untuk melirik perangkat yang Anda kenakan ini. Berbalutkan kombinasi warna yang mencolok, Thermaltake menyematkan logo naga di kedua bagian sisinya untuk menampilkan kesan yang elegen, tetapi sekaligus juga garang. Hadir dalam berbagai varian kombinasi warna, JagatPlay berkesempatan menjajal versi Dracco dengan warna merah-emas. Walaupun meninggalkan kesan oriental yang kental, kombinasi warna yang satu ini mungkin tidak akan cocok bagi Anda yang tidak ingin terlalu menarik perhatian ketika mengenakannya di tempat umum.

Dengan earpads yang terbuat dari kulit, Chao Dracco memang menawarkan isolasi suara yang patut diacungi jempol. Begitu suara mengalun dari kedua sisi dalam volume tertentu, maka Anda dipastikan akan merasakan pengalaman dalam ruang tertutup secara maksimal. Sayangnya pemilihan bahan ini menghasilkan konsekuensi negatif tertentu. Persinggungan secara terus-menerus dengan daerah telinga Anda akan  membuat bahan kulit ini tidak nyaman, terutama karena panas yang ia hasilkan. Apalagi dengan bentuk earpad yang dirasakan kurang cukup besar untuk menutup keseluruhan daun telinga, setidaknya hal inilah yang terjadi di telinga kami. Desain seperti ini memang memungkinkan Anda untuk menikmati Dracco di awal-awal pemakaian, namun tidak cukup nyaman untuk terus mengenakannya selama berjam-jam kemudian tanpa jeda.

Thermaltake Chao 29
The best part? Anda dapat “melipat” Chao Dracco ini menjadi bentuk yang lebih kecil. Fungsi ini tentu saja membuatnya menjadi lebih portable dan mudah untuk dibawa kemana saja.
Thermaltake Chao 47
Selain kabel audio standar, sebuah kabel untuk kebutuhan yang lebih professional juga disematkan di paket penjualan Dracco ini.
Thermaltake Chao 52
Setiap sisinya juga dapat diputar 180 derajat, sehingga memungkinkan Anda menggunakan hanya satu sisi earpad ketika dibutuhkan.

Berapa banyak dari Anda yang sering mengeluhkan bahwa headset yang Anda kenakan seringkali sulit untuk dibawa kemana-mana? Terlepas dari kecintaan dan kebutuhan Anda untuk terus menggunakannya, desain headset yang bongsor memang membuatnya kurang portable, apalagi ketika Anda berpergian dengan daya muat yang terbatas. Untungnya, masalah ini tidak akan terjadi pada headset Chao Dracco Anda. Thermaltake menyematkan fungsi transformasi yang terhitung unik untuk perangkat mereka yang satu ini. Jadi alih-alih terjebak pada kebongsoran ukurannya, Anda dapat meringkasnya menjadi bentuk yang lebih kecil dengan sangat mudah dan membawanya kemanapun Anda inginkan. Transformasi ini juga bisa dilakukan untuk bagian earpadsnya saja, sehingga memungkinkannya untuk diputar ke arah 180 derajat. Untuk apa? Well, jika punya cita-cita untuk menjadi DJ amatir, maka fungsi ini tentu akan sangat dibutuhkan. Thermaltake Chao Dracco juga datang dengan kelengkapan kabel dengan kualitas yang patut untuk diacungi jempol untuk memastikan performa yang paling maksimal. Dengan mekanisme detachable cable yang ia miliki, Anda bisa mengganti kabel bawaan yang memang ditujukan untuk keperluan yang lebih professional ketika dibutuhkan.

Spesifikasi teknis Thermaltake Chao Dracco ini meliputi:

  • Driver Unit: 50 mm Neodymium Magnet Speaker
  • Frequency Response: 10Hz ~ 22K Hz
  • Sensitivity: 98dB at 1K Hz
  • Cable length: 1.5 m
  • Connector : 3.5 mm

 

Pages: 1 2
Load Comments

PC Games

January 13, 2022 - 0

Review God of War PC: Dewa di Rumah Baru!

Sepertinya sudah menjadi rahasia umum bahwa Sony kini memang mulai…
December 3, 2021 - 0

Review CHORUS: “Menari” di Angkasa Luar!

Seberapa sering Anda menemukan video game yang mengambil luar angkasa…
November 25, 2021 - 0

Review Gunfire Reborn: Aksi Tanpa Basa-Basi!

Jika kita bicara soal developer asal timur Asia sekitar 10…
September 29, 2021 - 0

Review SAMUDRA: Dalam Lautan Dalam Pesan!

Berkembang dengan signifikan selama beberapa tahun terakhir ini, para talenta…

PlayStation

December 14, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Takefumi Terada & Raio Mitsuno (FORSPOKEN)!

Datang dengan kekuatan magis yang menggoda, apalagi dengan potensi aksi…
December 13, 2021 - 0

Impresi FORSPOKEN: Gadis dengan Kekuatan Magis!

Sebuah produk yang unik, ini mungkin kata yang tepat untuk…
December 2, 2021 - 0

Review Battlefield 2042: Setengah Matang!

Bagi mereka yang mencintai FPS sebagai genre, Battlefield dari EA…
November 19, 2021 - 0

Preview Battlefield 2042: Masa Depan Tak Selalu Cerah!

Ada yang datang dengan antisipasi tinggi, tetapi tak sedikit pula…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…