10 Film Adaptasi Video Game Terbaik

Reading time:

5. Prince of Persia: The Sands of Time

pop poster

pop movie

Tangan dingin Disney dan pengalaman mereka melahirkan segudang film berkualitas tampaknya tetap terbukti walaupun sudah menyentuh area “terkutuk” yang menjadi blunder bagi banyak produsen yang lain. Mengambil franchise andalan Ubisoft, Disney memutuskan untuk meramu proses adaptasi Prince of Persia: The Sands of Time. Pemilihan cast yang tepat dengan segudang gerakan akrobatik yang ditujukan untuk menangkaop identitas franchise game platformer yang satu ini menjadi kebijakan yang tepat. Walaupun film ini tidak menawarkan penggunaan Sands of Time dalam frekuensi yang tinggi, namun Prince of Persia tetap mampu menawarkan atmosfer yang tepat, setidaknya di atas rata-rata franchise lain yang ditangani oleh sineas Hollywood.

4. Ace Attorney

ace attorney movie poster

ace attorney movie

Lahir di GBA dan populer di handheld Nintendo – DS, Ace Attorney memang tumbuh menjadi franchise unik yang dicintai. Bagaimana tidak? Ketika game lain menawarkan genre aksi sebagai nilai jual utama, Ace Attorney justru mengusung drama persidangan dan beragam konfliknya sebagai magnet yang akan terus gamer untuk terus berpikir dan menebak ragam skenario yang mungkin tercipta. Diadaptasikan menjadi sebuah film layar lebar dan kembali ditangani oleh Takashi Miike, Ace Attorney disebut-sebut sebagai film adaptasi game terbaik tahun 2012 yang lalu. Bagaimana tidak? Seperti ciri khas Miike selama ini, beragam elemen yang menjadi identitas franchise ini tetap dipertahankan, dari setting, visualisasi, hingga desain karakter dan plot yang ada. Tidak ada mencintai versi adaptasi ini? Objection!

3. Tekken: Blood Vengeance

tekken blood vengeance poster

Tekken Blood Vengeance 9

Apakah Anda termasuk gamer yang sempat terjebak dengan film live-action Tekken yang dibuat oleh Hollywood? Sebuah film action yang justru lebih banyak mengundang tawa karena ke-absurd-an beragam elemen dan desain yang ada, daripada membuat adrenalin Anda terpompa kencang selama “menikmatinya”. Seolah ingin menebus kesalahan yang sudah mereka perbuat, sekaligus juga menyambut kehadiran Tekken Tag Tournament 2, Namco Bandai melahirkan sebuah film lepas dengan CGI – Tekken: Blood Vengeance. Seolah ingin memberikan pelajaran berharga kepada Hollywood bagaimana seharusnya sebuah film Tekken dikembangkan, Blood Vengeance akan mampu memuaskan hasrat gamer penggemar Tekken akan sebuah film adaptasi yang berkualitas. Pertarungan yang epik dan destruktif, visualisasi CGI yang mumpuni, dan konflik yang ditawarkan akan menjadi pemicu adrenalin yang mumpuni.

2. Mortal Kombat

mortal kombat movie poster

mortal kombat movie1

Cheesy, itu mungkin reaksi sebagian besar gamer ketika berusaha menikmati kembali film layar lebar pertama Mortal Kombat yang dirilis tahun 1995 silam. Namun, di masa lalu, ia menjadi primadona yang masih pantas untuk diapresiasi, bahkan hingga saat ini sekalipun. Mengusung salah satu arena paling brutal di jagat industri hiburan, Mortal Kombat menawarkan orisinalitas yang masih mengakar pada identitas versi gamenya. Desain karakter, setiap jurus yang ada, hingga pemilihan kostum dan desain pantas membuatnya sebagai salah satu film adaptasi video game terbaik yang pernah ada. Kami yakin sebagian besar dari Anda tentu masih mengingat dengan jelas pertempuran antara Scorpion melawan Johnny Cage yang memorable. Tidak hanya seri pertama ini, seri sekuelnya yang menawarkan lebih banyak karakter dengan inti cerita yang lebih mendalam juga tetap menarik, bahkan hingga saat ini.

1. Final Fantasy VII: Advent Children

ff vii advent children poster

ff vii advent children

Epik, memompa adrenalin, indah, dan menggugah, Final Fantasy VII: Advent Children adalah sebuah standar tertinggi yang mendefinisikan bagaimana seharusnya sebuah film yang diadaptasikan dari video game seharusnya dikerjakan. Melanjutkan cerita dari versi gamenya, Square tidak hanya sekedar menawarkan visualisasi yang memanjakan mata, tetapi juga beragam elemen yang membuatnya sulit untuk tidak dicintai oleh para fans. Adegan battle yang dibangun epik, desain beberapa karakter ikonik yang disempurnakan, kehadiran Aeris, dukungan soundtrack yang luar biasa, dan voice acts yang luar biasa menyempurnakan keseluruhan pengalaman yang ditawarkan oleh FF VII: AC ini. Tidak ada satupun adegan yang tidak memorable bagi gamer, baik mereka yang menggemari seri FF, fanatik FF VII, maupun yang belum pernah mencicipi seri FF sebelumnya. Final Fantasy VII: Advent Children adalah sebuah kesempurnaan, sebuah masterpiece.

Di atas adalah 10 film adaptasi video game yang menurut kami merupakan yang terbaik di antara yang terbaik. Selain sebagai bentuk apresiasi, film-film ini juga bisa dijadikan referensi pribadi bagi Anda yang belum pernah menyaksikan satupun film di atas, atau tidak sengaja melewatkannya. Bagaimana menurut Anda sendiri? Jangan ragu untuk meninggalkan komentar jika menurut Anda, ada film yang seharusnya masuk ke dalam list di atas atau film-film yang menurut Anda justru tidak pantas untuk masuk ke dalam list. Feel free to comment and discuss!

Pages: 1 2
Load Comments

PC Games

June 17, 2021 - 0

JagatPlay: Interview dengan Tom Hegarty & John Ribbins (OlliOlli World)!

Tidak semua gamer mungkin pernah mendengar game yang satu ini,…
June 17, 2021 - 0

Menjajal OlliOlli World: Game Skateboard Imut nan Ekstrim!

Berapa banyak dari Anda yang seringkali melewatkan judul game-game “kecil”…
May 27, 2021 - 0

Review Mass Effect – Legendary Edition: Legenda dalam Kondisi Terbaik!

Bagi gamer yang tidak tumbuh besar dengan Xbox 360 dan…
May 19, 2021 - 0

Review Rising Hell: Melompat Lebih Tinggi!

Kualitas game indie yang semakin solid, tidak ada lagi kalimat…

PlayStation

June 21, 2021 - 0

Review Guilty Gear Strive: Wangi Kemenangan!

Sepak terjang Arc System Works di genre game fighting memang…
June 16, 2021 - 0

Review Final Fantasy VII Remake INTERGRADE (+ INTERMISSION): Selangkah Lebih Sempurna!

Mencapai sebuah keberhasilan untuk konsep yang di atas kertas nyaris…
June 11, 2021 - 0

Review Ninja Gaiden – Master Collection: Bak Tebasan Pedang Tua!

Apa nama franchise yang menurut Anda melekat pada nama Koei…
June 8, 2021 - 0

Review Ratchet & Clank – Rift Apart: Masuk Dimensi Baru!

Menyebut Insomniac Games sebagai salah satu developer first party tersibuk…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…