Microsoft Visualisasikan Ide Gaming Masa Depan – IllumiRoom

Reading time:
January 10, 2013
illumiroom

Inovasi memang menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan  Microsoft, termasuk sektor gaming mereka. Ketika kompetitor lain berjuang mengadaptasikan konsep sensor gaming dengan alat, Microsoft maju selangkah dengan Kinect yang mampu membaca gerakan tubuh secara utuh. Tidak hanya itu saja, produsen XBOX 360 ini juga masih menyimpan segudang senjata rahasia lain yang sempat bocor lewat rangkaian paten ide yang ada. Salah satu ide tersebut akhirnya berhasil divisualisasikan dan diperkenalkan di ajang CES 2013. Bersiaplah untuk menikmati pengalaman gaming yang baru lewat IllumiRoom.

Apa itu IllumiRoom? Microsoft sempat mengutarakan ide untuk memperluas sudut pandang gamer melewati batas TV dengan menggunakan sejenis proyektor tertentu. Setelah sempat muncul dalam bentuk konsep saja, Microsoft akhirnya mengimplementasikan ide dan memperlihatkan konsep baru yang mereka sebut sebagai IllumiRoom. Dengan Kinect sebagai perangkat untuk memeta ruangan dan menghasilkan posisi proyeksi yang pas, IllumiRoom menawarkan sensasi pengalaman gaming yang berbeda dengan menyertakan efek permainan yang lebih luas. Demo ini sendiri dihasilkan dengan menggabungkan IllumiRoom dan  Kinect for Windows. Walaupun belum jelas kapan konsep ini akan dijual secara komersial, namun Microsoft menjanjikan lebih banyak informasi pada ajang CHI 2013 di Paris pada April 2013 mendatang.

Konsep IllumiRoom memang terlihat sebagai inovasi yang cukup potensial, setidaknya untuk memberikan atmosfer gaming dan pengalaman yang lebih kuat darinya. Namun Microsoft tampaknya tidak memikirkan salah satu permasalahan mendasar: kebutuhan ruang yang harus dimiliki oleh gamer. Video ini memperlihatkan jarak dan bentuk ruang luas dan memang memungkinkan proyektor untuk memancarkan efek yang lebih masif daripada televisi yang ada. Lantas, bagaimana dengan gamer dengan ruang yang begitu terbatas? Semoga saja mereka memperhatikan hal tersebut sebelum merilisnya secara komersial di masa yang akan datang.

Load Comments

PC Games

June 24, 2021 - 0

Menjajal Tales of Arise: Luapan Rasa Rindu!

Gamer JRPG mana yang tidak gembira setelah pengumuman eksistensi Tales…
June 17, 2021 - 0

JagatPlay: Interview dengan Tom Hegarty & John Ribbins (OlliOlli World)!

Tidak semua gamer mungkin pernah mendengar game yang satu ini,…
June 17, 2021 - 0

Menjajal OlliOlli World: Game Skateboard Imut nan Ekstrim!

Berapa banyak dari Anda yang seringkali melewatkan judul game-game “kecil”…
May 27, 2021 - 0

Review Mass Effect – Legendary Edition: Legenda dalam Kondisi Terbaik!

Bagi gamer yang tidak tumbuh besar dengan Xbox 360 dan…

PlayStation

June 21, 2021 - 0

Review Guilty Gear Strive: Wangi Kemenangan!

Sepak terjang Arc System Works di genre game fighting memang…
June 16, 2021 - 0

Review Final Fantasy VII Remake INTERGRADE (+ INTERMISSION): Selangkah Lebih Sempurna!

Mencapai sebuah keberhasilan untuk konsep yang di atas kertas nyaris…
June 11, 2021 - 0

Review Ninja Gaiden – Master Collection: Bak Tebasan Pedang Tua!

Apa nama franchise yang menurut Anda melekat pada nama Koei…
June 8, 2021 - 0

Review Ratchet & Clank – Rift Apart: Masuk Dimensi Baru!

Menyebut Insomniac Games sebagai salah satu developer first party tersibuk…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…