Review Metal Gear Rising – Revengeance: Brutal dan Fun!

Reading time:
February 27, 2013

Brutal dan Fun!

Metal Gear Rising Revengeance 1071
Bukan lagi sebuah game stealth, Metal Gear Rising: Revengeance adalah game pure action hack and slash. Raiden akan memiliki dua tipe serangan : lemah dan kuat dan kombinasi yang meliputi keduanya.

Berbeda dengan Solid Snake yang sangat mengandalkan kemampuan menggunakan senjata dan pertempuran tangan kosong yang tiada banding, Raiden sejak awal kemunculannya di Metal Gear Solid 2: Sons of Liberty memang lebih identik dengan kemampuan pedangnya yang luar biasa. Seolah merupakan titisan dari Gray Fox si “Exoskeleton” yang cepat dan brutal, citra Raiden tersebut kian kentara di Metal Gear Solid 4: Guns of Patriots. Cepat, efektif, dan tidak mengenal belas kasih bagi musuh adalah identitas yang tidak terpisahkan dari sosok ninja Cyborg yang satu ini. Sebuah “nama besar” yang harus diakui, berhasil dieksekusi dengan sangat baik oleh Platinum Games.

Hadir sebagai sebuah game hack and slash, intisari dari Metal Gear Rising: Revengeance tidaklah banyak berbeda dibandingkan dengan game-game bergenre serupa yang bertebaran di  industri game saat ini. Bertempur dengan kecepatan tinggi, yang harus Anda pastikan hanyalah agar setiap tebasan pedang yang terbagi atas serangan kuat dan lemah ini menghasilkan daya rusak bagi musuh yang Anda temukan, tentu saja sembari memastikan diri Anda tidak celaka karenanya. Ada ragam kombo yang bisa dieksekusi dengan cukup sederhana, tentu saja dengan mengkombinasikan kedua serangan ini secara bergantian. Setiap kombo akan menghasilkan efek tersendiri. Sementara untuk sistem pertahanannya? Raiden tidak hanya sekedar dilengkapi armor yang kuat, tetapi juga kemampuan pedang luar biasa untuk melakukan parry, block, dan counter. Daripada menyerang secara membabi buta, sistem “defense is the best offense” tampaknya cocok untuk menggambarkan strategi umum di Rising: Revengeance ini. Lantas apa yang membuat Rising berbeda dibandingkan dengan game serupa lainnya? Jawabannya: Zandatsu!

Metal Gear Rising Revengeance 79
Tidak hanya mengandalkan serangan membabi buta, butuh gaya permainan strategis untuk dapat memenangkan sebuah pertempuran di Revengeance dengan mudah. Salah satunya? Adalah melakukan block dan counter dengan efektif.
Metal Gear Rising Revengeance 125
Ingin menghindari pertempuran beresiko? Anda tetap punya opsi bermain secara stealth dengan mengendap-ngendap dari belakang musuh.
Metal Gear Rising Revengeance 511
Bermain terlalu agresif tanpa memperhatikan kelemahan dan pola serangan musuh sama sekali? Anda akan kesulitan untuk menggunakan kemampuan Raiden secara efektif.

Masih ingatkah Anda dengan demo Rising: Revengeance di tahun 2009 silam? Di mana Kojima memperlihatkan kemampuan Raiden yang mampu memotong beragam benda dengan presisi yang luar biasa? Platinum tetap mempertahankan fitur ini dan menjadikannya sebagai kekuatan utama Rising: Revengeance. Tidak hanya sekedar menundukkan musuh, Anda bisa memotong setiap bagian tubuh musuh yang Anda temui menjadi kepingan-kepingan kecil. Musuh yang dapat dimutilasi akan muncul kebiruan di layar, termasuk anggota tubuh yang bisa Anda potong saat itu juga. Lantas keuntungan apa yang didapatkan dari serangan yang memakan energi ini? Selain memastikan lawan Anda tidak mampu bergerak / menyerang secara efektif, Anda juga dapat menggunakan Zandatsu untuk memotong tubuh musuh menjadi dua bagian dan mengambil inti tenaga yang tersimpan di dalamnya. Untuk apa? Inti tenaga ini akan berfungsi tak ubahnya sebuah repairing unit yang akan menyembuhkan energi dan health Raiden secara instan. Beberapa kondisi juga akan memungkinkan Raiden untuk mengeksekusi Zandatsu langsung tanpa perlu mengirimkan damage apapun terlebih dahulu, biasanya terjadi jika Anda berhasil melakukan counter dengan timing yang sempurna. Setiap musuh tentu memiliki pola serangan dan kelemahannya masing-masing, terlepas dari ukurannya yang mungkin terlihat mengancam.

Metal Gear Rising Revengeance 102
Zandatsu! Cut everything!
Metal Gear Rising Revengeance 431
Anda memang dapat langsung menghabisi musuh dengan Zandatsu, namun di beberapa skenario, Anda biasanya dapat memutilasi per bagian tubuh terlebih dahulu, Tujuannya? Tentu saja untuk membuat mereka tidak mampu menyerang, bergerak, dan bertahan secara efektif.
Metal Gear Rising Revengeance 361
Pastikan Anda mengambil setiap core energy musuh untuk menyembuhkan health dan energy Raiden secara instan setiap kali berhasil melakukan Zandatsu.

Bagaimana jika Anda terdesak dan mulai putus asa mampu menundukkan musuh-musuh yang ada? Seiring dengan progress permainan, Raiden akan memiliki satu mode rage “The Ripper” yang memungkinkannya untuk menyerang dengan damage yang sangat besar dibandingkan dengan kondisi biasa. Anda bisa mengakses mode ini begitu bar power Anda penuh dan menunjukkan warna merah menyala. Namun perlu diingat, The Ripper akan menghabiskan power Anda dengan kecepatan yang luar biasa sehingga lebih cocok digunakan ketika Anda benar-benar kewalahan. Atau jika skill Anda memang tepat dan efektif, Anda bisa terus melakukan Zandatsu untuk memastikan mode ini berlangsung selama periode waktu yang Anda inginkan. Selain The Ripper, Raiden juga dapat menggunakan item dan secondary weapon yang bisa didapatkan sepanjang permainan. Walaupun tidak akan berperan banyak, namun beberapa senjata berat dapat diandalkan untuk menyerang musuh yang berada jauh dari jangkauan pedang Raiden. Item penyembuh juga dapat Anda equip untuk berfungsi secara otomatis ketika dibutuhkan.

Metal Gear Rising Revengeance 56
Sulit membunuh musuh yang berada di luar jangkauan Raiden? Nuke’em!
Metal Gear Rising Revengeance 1511
“The Ripper” Mode!
Metal Gear Rising Revengeance 154
Ripper Mode memberikan ekstra kekuatan dan damage bagi Raiden. Namun berhati-hatilah, karena mode ini memakan energi sangat cepat.

Bagian terbaik dari gameplay Metal Gear Rising: Revengeance ini? Bahwa Platinum Games sama sekali tidak memberikan clue yang signifikan bagaimana cara memainkan game ini dengan baik dan benar. Anda memang akan diberikan tutorial di awal permainan, namun hanya sekedar untuk mempelajari mekanik dasar yang dibutuhkan dari mengayun pedang hingga melompat menghindar. Namun begitu Anda dibawa ke permainan? Anda benar-benar seperti seorang bayi yang diajarkan untuk mengayun pedang. Butuh eksplorasi dan beberapa kali eksperimen untuk menemukan ramuan yang tepat demi menaklukkan game ini dengan lebih mudah. Anda harus belajar sendiri cara Zandatsu, syarat dan ketentu sebelum mengeksekusinya, sistem upgrade, Battle Points, hingga hal-hal mendasar seperti lock musuh dan melakukan blok. Takut untuk bereksperimen? Maka Anda akan kewalahan, bahkan sekedar untuk menyelesaikan satu pertarungan saja. Melakukan kombo, bertahan, counter, dan mengakhirinya dengan Zandatsu akan menjadi strategi dan skenario pertarungan terbaik yang bisa Anda ciptakan.

Metal Gear Rising Revengeance 1371
Walaupun sempat diberikan tutorial. Platinum benar-benar meninggalkan gamer dalam “kegelapan” ketika menjajal gameplay penuh game ini. Hasilnya? Anda harus mengeksplorasi beragam mekanisme yang ada, dari block hingga sekedar mengunci musuh.
Metal Gear Rising Revengeance PART 2 47
Mode VR Mission juga tetap dihadirkan di Rising: Revengeance ini.

Bagi Anda yang menyenangi mekanisme VR Missions ala Metal Gear terdahulu, Rising: Revengeance juga menawarkan mode yang satu ini. Anda bisa membuka ragam misi alternatif ini lewat sebuah notebook yang tersebar di sepanjang progress cerita.

Buat Raiden Lebih Kuat

Metal Gear Rising Revengeance PART 2 42
Make me stronger!!

Tidak hanya sekedar mendapatkan energy source untuk health dan energy, Raiden juga akan diberikan “penghargaan” kecil untuk setiap musuh yang berhasil ia kalahkan – Battle Points, apalagi jika ia menyelesaikannya dengan Zandatsu atau sekedar memutilasi musuh untuk kebutuhan strategis semata. Setiap pertempuran akan berakhir dengan perhitungan skor yang juga akan memuat seberapa banyak Battle Points yang berhasil Anda dapatkan. Semakin cepat waktu yang dibutuhkan dan semakin efektif setiap serangan yang ada, maka semakin tinggi pula Battle Points yang akan dapatkan. Lantas untuk apa poin ini?

Metal Gear Rising Revengeance PART 2 22
Untuk setiap pertempuran yang berhasil Anda jalani dengan baik, Anda akan mendapatkan sejumlah Battle Points yang bisa dijadikan “mata uang” untuk memperkuat keseluruhan aspek bertarung Raiden.
Metal Gear Rising Revengeance PART 2 46
Kustomisasi kemampuan senjata.
Metal Gear Rising Revengeance 117
Atau ingin sekedar mengubah tampilan visual? Bisa saja!

Sebagai seorang Ninja Cyborg yang hidup berdasarkan teknologi yang ia kenakan, Raiden memang dapat dimodifikasi menjadi lebih kuat. Battle Points akan menjadi “mata uang” legit bagi Anda untuk membeli beragam upgrade yang terbuka setiap kali sebuah chapter cerita ditutup. Tidak hanya sekedar membeli sub-weapon atau alternatif armor untuk keindahan visual semata, Anda juga dapat memperkuat senjata yang digunakan Raiden, dari damage hingga efektivitasnya untuk menggunakan Zandatsu. Anda juga dapat meningkatkan kemampuan armor yang ia kenakan untuk menambahkan beberapa bar health dan energy yang tentu saja sangat dibutuhkan untuk memastikan perjalanan Anda untuk menyelamatkan dunia, setidaknya lebih mudah. Namun bagian yang paling krusial? Battle Points juga dibutuhkan untuk membeli ragam kombo dan gerakan baru untuk Raiden. Mengapa krusial? Karena serangan panjang beruntun adalah inti dari semua game hack and slash. Apalagi beberapa serangan ini mampu memicu mode Zandatsu secara instan, bahkan menetralisir bentuk serangan yang mengancam Raiden.

Pages: 1 2 3
Load Comments

PC Games

June 17, 2021 - 0

JagatPlay: Interview dengan Tom Hegarty & John Ribbins (OlliOlli World)!

Tidak semua gamer mungkin pernah mendengar game yang satu ini,…
June 17, 2021 - 0

Menjajal OlliOlli World: Game Skateboard Imut nan Ekstrim!

Berapa banyak dari Anda yang seringkali melewatkan judul game-game “kecil”…
May 27, 2021 - 0

Review Mass Effect – Legendary Edition: Legenda dalam Kondisi Terbaik!

Bagi gamer yang tidak tumbuh besar dengan Xbox 360 dan…
May 19, 2021 - 0

Review Rising Hell: Melompat Lebih Tinggi!

Kualitas game indie yang semakin solid, tidak ada lagi kalimat…

PlayStation

June 16, 2021 - 0

Review Final Fantasy VII Remake INTERGRADE (+ INTERMISSION): Selangkah Lebih Sempurna!

Mencapai sebuah keberhasilan untuk konsep yang di atas kertas nyaris…
June 11, 2021 - 0

Review Ninja Gaiden – Master Collection: Bak Tebasan Pedang Tua!

Apa nama franchise yang menurut Anda melekat pada nama Koei…
June 8, 2021 - 0

Review Ratchet & Clank – Rift Apart: Masuk Dimensi Baru!

Menyebut Insomniac Games sebagai salah satu developer first party tersibuk…
June 8, 2021 - 0

Preview Guilty Gear Strive: LET’S ROCK!

Nama besar Arc System Works sebagai salah satu developer game…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…