DICE Umumkan Frostbite Engine 3.0 untuk Battlefield 4!

Reading time:
March 27, 2013

Ketika sempat ditanya mengenai engine next gen yang akan mereka persiapkan, EA dan DICE sempat mengkonfirmasikan bahwa Frostbite Engine 2.0 masih akan menjadi engine andalan mereka. Mereka mengklaim bahwa engine yang digunakan Battlefield 3 ini masih menyimpan segudang potensi yang dapat terus dioptimalisasi, dengan kemampuan visualisasi yang masih dapat disandingkan dengan sebagian besar engine next gen lain yang tengah dikembangkan oleh kompetitor yang lain. Namun klaim pada akhirnya hanyalah sebuah klaim. Lewat trailer gameplay perdana Battlefield 4 berdurasi 17 menit yang baru saja dirilis, DICE juga mengumumkan kehadiran engine generasi terbaru mereka – Frostbite Engine 3.0.

Sudah dikembangkan sejak tahun 2011 yang lalu, Frostbite Engine 3.0 adalah penyempurnaan dari Frostbite 2.0 dengan beberapa peningkatan yang signifikan untuk menciptakan pengalaman yang lebih realistis lewat peningkatan di sisi animasi, kehancuran, dan AI yang ditawarkan. Lewat engine terbaru ini,DICE mengklaim bahwa karakter yang hadir di Battlefield 4 akan terlihat jauh lebih manusiawi dan penuh dengan emosi. Ini bukan sekedar tampak fisik dari luar, DICE juga menyoroti animasi dan pola gerakan karakter manusia yang kini jauh lebih sempurna. Butiran debu dan permainan cahaya memang terlihat lebih mengagumkan, namun physics-lah yang menjadi nilai jual utama engine terbaru ini. Frostbite Engine 3.0 akan memastikan agar semua elemen di Battlefield 4 akan dipengaruhi oleh angin dan tentu saja beragam hukum fisika. Engine ini juga memastikan lebih banyak varian kehancuran yang bisa Anda temukan, termasuk untuk mencapai keuntungan tertentu dalam pertempuran.

Senior Development Director Frostbite Engine 3.0 – Carl Almgren juga menegaskan bahwa trailer 17 menit yang dirilis EA sebelumnya memang merepresentasikan kemampuan engine ini secara real. Semua adegan ini diambil dari in-game, dengan tentu saja berbasiskan pada kemampuan PC high-end saat ini. Walaupun demikian, DICE tetap berkeinginan untuk memastikan bahwa game ini akan tampil maksimal di semua platform, termasuk konsol generasi saat ini yang memang mengusung teknologi yag lebih terbelakang. Mereka ingin mendorong batas yang ada. Belum ada kepastian proyek apa saja yang akan dibangun dengan engine ini, selain Battlefield 4.

Battlefield 4 sendiri kabarnya akan dirilis pada musim gugur tahun 2013 ini. Dengan kehadiran engine Frostbite 3.0 yang jauh lebih mumpuni, para gamer PC tampaknya harus mempersiapkan PC mereka masing-masing untuk setidaknya mampu mencicipinya dalam kualitas yang paling sempurna. Seperti layaknya sang seri ketiga, Battlefield 4 akan menjadi yang pertama mengadapatasikannya, namun tentu saja, bukan yang terakhir. Prepare your PC, gentlemen!

Load Comments

JP on Facebook


PC Games

April 16, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Blizzard (Diablo II: Resurrected)!

Kembali ke akar yang membuat franchise ini begitu fenomenal dan…
April 9, 2021 - 0

Menjajal Diablo II: Resurrected (Technical Alpha): Bagai Bumi Langit!

Perbedaan usia memang mau tidak mau harus diakui, juga membuat…
March 29, 2021 - 0

Review DOTA – Dragon’s Blood: Fantasi dan Promosi!

Apa satu aspek yang membuat DOTA 2 selalu kalah dari…
January 14, 2021 - 0

Menjajal DEMO (2) Little Nightmares II: Misteri Lebih Besar!

Tidak ada lagi yang bisa kami lakukan selain memberikan puja-puji…

PlayStation

May 7, 2021 - 0

Preview Resident Evil Village: “Liburan” ke Desa!

Lewat beberapa seri terakhir yang mereka lepas, Capcom memang harus…
April 29, 2021 - 0

Review RETURNAL: Surga Seru di Neraka Peluru!

Apa yang langsung muncul di benak Anda begitu kita berbicara…
April 23, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Toylogic & Square Enix (NieR Replicant ver.1.22474487139…)!

Tidak perlu menyelam terlalu jauh. Melihat nama “ver.1.22474487139…” yang didorong…
April 23, 2021 - 0

Preview RETURNAL: Brutal, Gila, Menyenangkan!

Ada yang istimewa memang saat kita membicarakan hubungan antara Sony…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…