EA Akui Bahwa SimCity Sebenarnya Bisa Dimainkan Secara Offline

Reading time:
March 18, 2013

Kebohongan dan lebih banyak kebohongan, ini tampaknya menjadi persepsi yang dibangun gamer terhadap EA dan Maxis belakangan ini. Permasalahan login yang membuat sebagian besar gamer tidak dapat memainkan SimCity ternyata berujung malapetaka yang lain. Seorang hacker berhasil masuk ke dalam debug mode yang ada dan membuktikan bahwa game yang diklaim tidak mampu berjalan tanpa DRM ternyata bisa dimainkan secara offline. Tidak hanya itu saja, pengakuan salah satu sumber dalam Maxis juga membuka tabir kebohongan yang lain. Klaim Maxis yang menyebutkan bahwa DRM dibutuhkan untuk menjalankan beragam simulasi untuk menciptakan kondisi kota yang lebih dinamis ternyata hanya bualan belaka. DRM hanyalah sebuah mekanisme cloud saving, dan tidak lebih. Diterpa dan diragukan kejujurannya, EA akhirnya buka mulut.

Dalam forum terbuka untuk para fans, Lucy Bradshaw dari Maxis akhirnya membuka diri dan menjawab beberapa pertanyaan krusial dan beragam rumor tentang SimCity dengan sejujur-jujurnya. Menghadapi pertanyaan apakah SimCity sebenarnya bisa dimainkan secara offline, Lucy akhirnya mengakui bahwa mereka bisa saja membangun mode tersebut. Namun ia beralasan bahwa kebijakan DRM yang diambil sebenarnya untuk memfasilitasi dunia SimCity yang memang didesain untuk berevolusi, hingga pada saatnya tumbuh tak ubahnya sebuah game MMO. Mereka bisa saja membangun mode offline tapi hal tersebut akan bertolak belakang dengan visi utama mereka. Bradshaw juga beralasan bahwa mereka tetap bertahan dengan kebijakan DRM atas permintaan ribuan fans dari beragam region yang melihatnya sebagai cara terbaik untuk bertukar pengalaman dan berkomunikasi.

I can hear the crumbling sounds, EA..

Apa yang diumumkan oleh Bradshaw ini secara otomatis mengkonfirmasikan kebohongan atas semua pernyataan yang sempat terlontar dari mulutnya sendiri beberapa pekan yang lalu. Di awal permasalahan login yang baru mengemuka, Bradshaw bersikukuh bahwa SimCity adalah sebuah game yang membutuhkan koneksi internet untuk dapat “hidup” dan dinikmati secara maksimal. Kejujuran ini tak ubahnya sebuah tamparan menyakitkan bahwa para gamer yang percaya dan tertarik akan klaim Maxis selama ini. Oh EA, what have you done…..

Load Comments

JP on Facebook


PC Games

April 16, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Blizzard (Diablo II: Resurrected)!

Kembali ke akar yang membuat franchise ini begitu fenomenal dan…
April 9, 2021 - 0

Menjajal Diablo II: Resurrected (Technical Alpha): Bagai Bumi Langit!

Perbedaan usia memang mau tidak mau harus diakui, juga membuat…
March 29, 2021 - 0

Review DOTA – Dragon’s Blood: Fantasi dan Promosi!

Apa satu aspek yang membuat DOTA 2 selalu kalah dari…
January 14, 2021 - 0

Menjajal DEMO (2) Little Nightmares II: Misteri Lebih Besar!

Tidak ada lagi yang bisa kami lakukan selain memberikan puja-puji…

PlayStation

April 29, 2021 - 0

Review RETURNAL: Surga Seru di Neraka Peluru!

Apa yang langsung muncul di benak Anda begitu kita berbicara…
April 23, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Toylogic & Square Enix (NieR Replicant ver.1.22474487139…)!

Tidak perlu menyelam terlalu jauh. Melihat nama “ver.1.22474487139…” yang didorong…
April 23, 2021 - 0

Preview RETURNAL: Brutal, Gila, Menyenangkan!

Ada yang istimewa memang saat kita membicarakan hubungan antara Sony…
April 22, 2021 - 0

Review NieR Replicant™ ver.1.22474487139… : Cerita Indah Penuh Derita!

Dengan popularitas yang ia raih, hampir sebagian besar gamer memang…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…