Kojima Umumkan Metal Gear Solid V: The Phantom Pain

Reading time:
March 28, 2013
mgs v phantom pain

Setelah sempat menjadi misteri sejak tahun lalu, “permainan” humor Kojima tentang eksistensi Moby Dick Studios dan sang pemimpin – Joakim Mogren akhirnya mencapai babak akhir. Misteri tentang apa sebenarnya itu Phantom Pain akhirnya dibuka sendiri oleh sang empunya – Hideo Kojima. Seperti yang sudah diprediksikan sebelumnya, Phantom Pain tidak lain dan tidak bukan adalah perpanjangan tangan dari salah satu franchise game stealth-action terbaik di industri game – Metal Gear Solid. Namun tidak hanya sekedar seri sampingan, Kojima baru saja mengkonfirmasikan The Phantom Pain sebagai Metal Gear Solid V. Lantas, apa kabar dengan Metal Gear Solid: Ground Zeroes yang sempat diperkenalkan sebelum Phantom Pain?

Lewat sebuah trailer baru yang tidak hanya memperlihatkan betapa “surealis”-nya dunia yang akan dihadapi Big Boss di Phantom Pain dan dukungan Fox Engine yang mumpuni, Kojima juga melebur Ground Zeroes ke dalamnya. Seri yang diperkenalkan terlebih dahulu ini ternyata juga merupakan bagian dari Metal Gear Solid V. Seperti konsep yang pernah ia usung di seri sebelumnya, Ground Zeroes akan berperan tak ubahnya sebuah prolog sementara Phantom Pain menjadi setting terkini yang akan menjadi fokus cerita. Semuanya digabungkan ke dalam seri kelima ini.

Metal Gear Solid V The Phantom Pain 20 Metal Gear Solid V The Phantom Pain 1 Metal Gear Solid V The Phantom Pain 2 Metal Gear Solid V The Phantom Pain 4 Metal Gear Solid V The Phantom Pain 5 Metal Gear Solid V The Phantom Pain 6 Metal Gear Solid V The Phantom Pain 7 Metal Gear Solid V The Phantom Pain 8 Metal Gear Solid V The Phantom Pain 9 Metal Gear Solid V The Phantom Pain 10 Metal Gear Solid V The Phantom Pain 11 Metal Gear Solid V The Phantom Pain 12 Metal Gear Solid V The Phantom Pain 13 Metal Gear Solid V The Phantom Pain 14 Metal Gear Solid V The Phantom Pain 15 Metal Gear Solid V The Phantom Pain 16 Metal Gear Solid V The Phantom Pain 17 Metal Gear Solid V The Phantom Pain 18 Metal Gear Solid V The Phantom Pain 19

Trailer terbaru ini memang memperlihatkan beberapa hal baru, termasuk kehadiran seorang karakter terbaru bernama Ishmael yang di trailer Phantom Pain sebelumnya, wajahnya terbungkus peran. Plot yang diusung memang misterius, namun trailer ini sendiri menceritakan tentang dua sisi mata koin yang terlibat dalam konflik – FOX vs XOF. Terbangun setelah koma selama 9 tahun, Anda akan dibawa pada tutorial awal The Phantom Pain yang mengharuskan Snake untuk belajar bergerak kembali.  Kojima sendiri menegaskan, setelah event tutorial ini, Anda akan langsung dibawa para konsep open world MGS V yang memungkinkan Anda untuk bergerak bebas. Snake juga akan berhadapan dengan musuh-musuh “absurd”, dari Paus berapi, unicorn, hingga seorang anak yang diyakini merupakan cikal bakal dari Psycho Mantis. Sayang seribu sayang, David Hayter – pengisi suara Snake sendiri belum dikonfirmasikan akan bergabung di proyek terbaru ini.

Tanggal rilis Metal Gear Solid V: The Phantom Pain memang masih menjadi misteri. Namun satu yang pasti, walaupun mengusung engine next-gen mereka – Fox Engine, seri kelima ini dikabarkan tetap akan bertahan untuk Playstation 3 dan XBOX 360 seperti kesepakatan awal. Berita membahagiakan untuk para gamer PC, MGS V juga telah dikonfirmasikan akan meluncur untuk platform yang satu ini. Can’t frakking wait, super awesome!

UPDATE: Kojima hanya mengkonfirmasikan bahwa demo Metal Gear Solid V: The Phantom Pain yang diperlihatkan ini berjalan di high-end PC, yang sayangnya belum bisa dikonfirmasikan sebagai kepastian akan dirilis untuk PC. Satu yang pasti, ia akan dirilis untuk XBOX 360 dan Playstation 3. Untuk sementara ini, hanya situs gaming ternama – Game Informer saja yang mengkonfirmasikan eksistensinya untuk PC.

Load Comments

PC Games

September 23, 2022 - 0

Review IMMORTALITY: Misteri Dalam Misteri Dalam Misteri!

Apa yang sebenarnya  ditawarkan oleh IMMORTALITY? Mengapa kami menyebutnya game…
August 19, 2022 - 0

Review Cult of the Lamb: Menyembah Setan Sambil Bertani!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Cult of the Lamb ini?…
August 10, 2022 - 0

Review Marvel’s Spider-Man Remastered PC: Siap Kembali Berayun!

Marvel's Spider-Man Remastered akhirnya tersedia di PC. Apa saja yang…
August 2, 2022 - 0

Review Beat Refle: Pijat Refleksi Super Seksi!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Beat Refle ini? Mengapa kami…

PlayStation

September 1, 2022 - 0

Wawancara dengan Shaun Escayg dan Matthew Gallant (The Last of Us Part I)!

Kami sempat berbincang-bincang dengan Shuan Escayg dan Matthew Gallant terkait…
August 31, 2022 - 0

Review The Last of Us Part I: Lebih Indah, Lebih Emosional!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh The Last of Us Part…
August 26, 2022 - 0

Review Soul Hackers 2: Kumpul Iblis, Selamatkan Dunia!

Bagaimana dengan pengalaman yang ditawarkan oleh Soul Hackers 2 ini?…
August 25, 2022 - 0

Review Playstation Plus Tier Baru: Ambil EXTRA, Abaikan DELUXE!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Playstation Plus Tier Baru ini?…

Nintendo

September 21, 2022 - 0

Review Xenoblade Chronicles 3: Salah Satu JRPG Terbaik Sepanjang Masa!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Xenoblade Chronicles 3? Mengapa kami…
August 4, 2022 - 0

Preview Xenoblade Chronicles 3: Seperti Sebuah Keajaiban!

Kesan pertama apa yang ditawarkan Xenoblade Chronicles 3? Mengapa kami…
April 6, 2022 - 0

Review Kirby and The Forgotten Land: Ini Baru Mainan Laki-Laki!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Kirby and the Forgotten…
March 25, 2022 - 0

Review Chocobo GP: Si Anak Ayam Kini Serakah!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Chocobo GP ini? Mengapa…