Menjajal Company of Heroes 2 – Closed Beta: Hadir dengan Kompleksitas Baru!

Reading time:
April 18, 2013

Cuaca Adalah Musuh yang Terbesar

Company of Heroes 2 23
Badai salju bukanlah sekedar kosmetik di COH 2, ia akan menentukan hidup mati pasukan infantri Anda.

Sejak awal pengenalannya, Relic Entertainment sendiri sudah mengklaim bahwa seri Company of Heroes 2 ini akan memberikan pengalaman yang lebih dinamis dibandingkan seri pertamanya. Untuk mendukung hal tersebut, mereka menyuntikkan elemen yang mungkin belum pernah diterapkan di game-game RTS sebelumnya – peran cuaca. Seolah untuk merepresentasikan kondisi perang yang nyata, cuaca akan mengubah bagaimana Anda menggerakkan dan memerintahan pasukan infantri Anda. Hal ini kian kentara ketika Anda bertempur di daerah salju.

Dengan pemberitahuan sebelumnya yang terlihat lewat sebuah user-interface di layar, Anda akan mendapatkan peringatan tentang kehadiran badai salju dalam waktu dekat. Tidak hanya sekedar sebagai kosmetik, badai salju ini akan menjadi musuh yang lebih mematikan daripada faksi yang tengah menjadi lawan Anda. Terkespose dalam waktu yang terlalu lama, maka tentara Anda akan mengalami kedinginan dan berpotensi mati sia-sia begitu saja. Satu-satunya cara untuk menghangatkan diri hanyalah berkumpul di api unggun terdekat, yang biasanya berlokasi di dekat resource, atau masuk ke dalam rumah-rumah kosong yang ada. Badai salju ini juga akan menghalangi pandangan, membuat akurasi tembakan menjadi jauh lebih buruk dengan gerak kendaraan yang juga lebih lambat dibandingkan biasanya. Lantas strategi apa yang bisa ditempuh dari kondisi cuaca seperti ini?

Company of Heroes 2 36
Berbahaya bagi pasukan infanteri, badai salju juga akan menurunkan tingkat akurasi secara drastis dan memperlambat gerak kendaraan lapis baja.

Jika mengingat bahwa setiap pasukan infantri darat akan bergerak dan berusaha menghangatkan diri setiap kali badai salju ini terjadi, maka kendaraan lapis baja akan memiliki waktu untuk bergerak dan meraih keuntungan strategis tersendiri. Dengan jumlah kekuatan yang cukup, Anda bisa mulai menyisir setiap api unggun yang ada untuk membasmi mereka secara efektif, atau untuk sekedar melakukan infiltrasi di luar wilayah yang akan dipenuhi oleh pasukan ini. Namun berhati-hatilah, strategi serupa juga bisa terjadi pada Anda. Masa bodoh dan membiarkan pasukan Anda menggigil dalam badai salju? Ini akan menjadi tindakan paling ceroboh yang justru akan merugikan. Lantas dengan bagaimana dengan cuaca yang lain? Selain salju, masa closed beta Company of Heroes 2 tidak memperlihatkan yang lain.

Matchmaking yang Belum Seimbang!

Company of Heroes 2 7
Matchmaking-nya sendiri terhitung belum seimbang. Alih-alih bertempur dengan pemain lain dengan level yang setara, Anda justru akan lebih sering dikelompokkan bersama tim level rendah melawan tim level tinggi yang tentu saja lebih berpengalaman.

Tidak hanya sekedar menyediakan mode skirmish, masa closed beta Company of Heroes 2 ini juga memberikan kesempatan bagi para fans Company of Heroes dari seluruh dunia untuk saling menguji kemampuan strategi-nya masing masing dan bertempur secara online satu sama lain. User-interface-nya sendiri terhitung sederhana, Anda hanya tinggal memilih mode pertempuran yang Anda inginkan dan server akan secara otomatis mencarikannya untuk Anda.

Sayangnya, sistem ini sendiri belum seimbang. Penasaran dan ingin menjajal keunikan tentara Soviet, kami justru lebih sering berhadapan dengan para players dengan level yang jauh lebih tinggi, yang mengindikasikan bahwa mereka sudah sangat berpengalaman di seri terbaru ini. Bagian terburuknya? Ia juga tidak mampu mengenali bahwa tim tertentu butuh pemain yang lebih bisa diandalkan. Tidak jarang dalam pertarungan 4 VS 4, semua player yang baru menyentuh “Level 1” harus bertempur dalam satu tim melawan tim lain yang beranggotakan player di atas level 10. Tidak perlu diragukan lagi, kami yang baru hendak menjajaki game ini rata dalam hitungan menit.

Satu hal lain yang juga harus diperhatikan oleh Relic Entertainment adalah metode “Kick” untuk menendang semua player dalam mode kompetitif online yang dianggap menjadi sumber lagging. Alih-alih terus melakukan hal ini secara berulang-ulang, ada baiknya Relic memberikan peringatan terlebih dahulu bagi setiap player untuk memastikan setting game yang terlalu tinggi untuk dapat bergerak di mode multiplayer. Sebuah fitur yang akan membantu gamer mendapatkan pengalaman multiplayer yang lebih maksimal, daripada harus terus berhadapa dengan lagging dan player-kicking.

Kesimpulan

Company of Heroes 2 3
Masa Closed Beta ini memang terlalu “awal” untuk dapat dijadikan sebagai acuan untuk menentukan kualitas Company of Heroes 2 itu sendiri, namun setidaknya merepresentasikan kualitas dan harapan yang bisa kita nantikan di versi full version-nya mendatang.

Lahir sebagai sebuah sekuel dari sebuah game strategi terbaik yang mendapatkan begitu banyak pujian di masa lalu, masa closed beta Company of Heroes 2 ini memang terhitung cukup untuk memberikan sedikit gambaran akan apa yang akan Anda dapatkan di versi finalnya mendatang. Walaupun mengalami masalah yang cukup pelik akibat hancurnya THQ, Relic yang kini berada di naungan SEGA memperlihatkan komitmen mereka untuk mengembangkan sebuah seri suksesor yang tidak kalah kualitasnya, bahkan mampu menghasilkan pengalaman uniknya tersendiri. Menjadikan cuaca sebagai elemen yang harus diperhitungkan, sekaligus juga keunikan Soviet sebagai sebuah faksi tersendiri menawarkan pengalaman COH baru yang tentu saja, lebih menantang dan menyegarkan.

Sayangnya, ada beberapa hal yang patut dicatat oleh Relic Entertainment, yang seharusnya diperbaiki pada rilis full version di masa yang akan datang. Salah satu yang paling krusial? Tentu saja kesempatan untuk memaksimalkan mode multiplayer online yang ada. Pemilihan tim yang terhitung masih belum seimbang dengan beragam masalah di sisi gameplay-nya sendiri menjadi tantangan yang harus diselesaikan, atau berpotensi untuk mengacaukan keseluruhan nilai jual Company of Heroes 2 di masa depan.

Tidak perlu diragukan lagi, seri kedua ini masih mengandung segudang potensi untuk kembali membuktikan dirinya sebagai salah satu game RTS terbaik yang pernah ditawarkan oleh industri game. Masa Closed Beta ini memang terlalu “awal” untuk dapat dijadikan sebagai acuan untuk menentukan kualitas Company of Heroes 2 itu sendiri, namun setidaknya merepresentasikan kualitas dan harapan yang bisa kita nantikan di versi full version-nya mendatang.

SEGA sendiri membagikan beta key Company of Heroes ini secara gratis lewat akun Facebook resmi mereka.

 

Pages: 1 2
Load Comments

PC Games

November 25, 2021 - 0

Review Gunfire Reborn: Aksi Tanpa Basa-Basi!

Jika kita bicara soal developer asal timur Asia sekitar 10…
September 29, 2021 - 0

Review SAMUDRA: Dalam Lautan Dalam Pesan!

Berkembang dengan signifikan selama beberapa tahun terakhir ini, para talenta…
August 26, 2021 - 0

Impresi Park Beyond: Saatnya Meracik Taman Bermain yang Gila!

Ada sebuah keasyikan tersendir memang ketika sebuah game memberikan Anda…
August 20, 2021 - 0

Review 12 Minutes: Selamat Ulang Hari!

Untuk sebuah industri yang sudah eksis selama setidaknya tiga dekade,…

PlayStation

November 19, 2021 - 0

Preview Battlefield 2042: Masa Depan Tak Selalu Cerah!

Ada yang datang dengan antisipasi tinggi, tetapi tak sedikit pula…
November 19, 2021 - 0

Review GTA The Trilogy – The Definitive Edition: Bak Lelucon Besar!

Merayakan ulang tahun sebuah franchise legendaris adalah sebuah langkah yang…
November 17, 2021 - 0

Menjajal Elden Ring (Network Test): Makin Cinta, Makin Mantap!

Apa yang bisa Anda dorong lebih jauh dengan formula Souls-like…
November 15, 2021 - 0

Review Headset PULSE 3D Wireless – Midnight Black: Tiga Dimensi dalam Telinga!

Apa yang mendefinisikan sebuah pengalaman generasi terbaru? Bagi Sony dan…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…