10 Karakter Psikopat Video Game Paling Keren!

Reading time:
May 6, 2013

5. Luca Blight (Suikoden 2)

luca blight

Menantang, tidak mengenal rasa ampun, dan egosentris, salah satu tokoh musuh sentral di Suikoden 2 – Luca Blight memang memenuhi sebagian indikator sebagai seorang psikopat. Tawa-nya yang khas dan aksinya yang brutal menjadikan Luca Blight sebagai salah satu karakter paling mencekam di dunia Suikoden 2. Sebagian besar gamer yang pernah memainkan game yang satu ini tentu saja masih ingat dengan adegan ikoniknya di Ryube. Setelah menghancurkan dan meratakan desa ini dalam kobaran api, Luca berhadapan dengan seorang survivor yang memohon untuk diampuni. Luca memintanya untuk bertindak layaknya seekor babi dengan janji akan diselamatkan. Namun seusai aksi ini, Luca hanya tertawa dan menghunuskan pedangnya begitu saja, membunuh sang wanita di tempat. Semuanya dilakukan dengan penuh rasa puas dan kesenangan.

4. Vaas Montenegro (Far Cry 3)

Far Cry 3 part 2 12

“Did i ever tell you the definition of insanity?” menjadi sebuah pertanyaan retoris yang sebenarnya tidak hanya ditujukan untuk mengomentari usaha konsisten yang dilakukan oleh sang karakter utama yang kita gunakan – Jason, tetapi juga merepresentasikan diri Vaas sendiri. Menjadi salah satu ikon villain terbaik tahun lalu, tidak ada keraguan bahwa Vaas adalah seorang psikopat. Melakukan serangkaian aksi pembunuhan tanpa rasa ampun, pemikiran irrational dan acaknya juga menjadi salah satu indikator yang kuat. Gaya dan nada bicara yang tanpa rasa bersalah, manipulatif, dan kharisma yang cukup kuat untuk menarik gerombolan pengikut, Vaas menjadi ancaman yang sulit untuk diprediksi. Sifatnya yang impulsif membuatnya seringkali disandingkan dengan karakter villain lainnya yang tak kalah gila – Joker.

3. Origami Killer (Heavy Rain)

origami killer

Mengusung genre sebagai sebuah interactive drama, Heavy Rain merupakan salah satu game Playstation 3 dengan cerita terbaik. Berfokus pada usaha untuk menyelamatkan sang anak dan mencari siapa sebenarnya sosok yang menculiknya, kita berhadapan dengan sang villain utama – Origami Killer. Usaha yang tidak hanya menutut ketangguhan secara fisik, tetapi juga mental. Membunuh lebih dari delapan anak sebelumnya, Origami Killer lahir dari ketidakmampuannya untuk lepas dari bayang-bayang trauma masa lalu yang terus menghantui, terutama dari sosok ayah yang penuh kekerasan. Membunuh anak kecil untuk menguji cinta sang ayah, sisi psikopat Origami Killer tentu tidak perlu diragukan lagi.

2. Kefka (Final Fantasy VI)

kefka

Franchise Final Fantasy memang menawarkan begitu banyak villain super keren dengan agendanya masing-masing. Namun dari semua tokoh musuh sentral yang ada, Kefka dari Final Fantasy VI terhitung yang paling memperlihatkan karakteristik seorang psikopat. Ketika villain yang lain memiliki agenda terselubung yang lebih personal seperti balas dendam atau dominasi dunia, aksi Kefka hanya didorong oleh satu tujuan: ia mencintai kehampaan. Menghancurkan dunia untuk kesenangan semata dan membawa ribuan nyawa orang tidak bersalah bersamanya? Kefka tidak pernah merasa terbeban dan justru terkenal lewat suara tawanya yang khas. Tawa yang seringkali ia lontarkan di atas darah dan air mata.

1. GLaDOS (Portal)

glados

Dan pemenang karakter psikopat paling keren kali ini jatuh ke tangan salah satu tokoh villain paling memesona, tetapi sekaligus juga menyebalkan – GLaDOS dari Portal. Sosok robotik dan AI yang mengendalikannya ternyata tidak menghalangi fakta bahwa sosok ini mencerminkan semua kualitas psikopatik dalam skala yang maksimal. Ia egosentris, tidak mengenal rasa bersalah, impulsif, irrational, penuh kebohongan, manipulatif, dan butuh stimuli yang kuat untuk menghilangkan rasa bosan, GLaDOS adalah epitome dari karakteristik psikotik yang sesungguhnya. Ketika inti yang mengatur moralitasnya dicabut oleh sang karakter utama – Chell, sikap psikotik ini bahkan terlihat lebih menguat, dengan beragam usaha untuk membunuh Chell secepat mungkin. Tidak ada rasa sesal, tidak ada rasa bersalah, GLaDOS adalah psikopat sesungguhnya.

Di atas adalah 10 karakter psikopat paling keren di industri game, menurut pandangan subjektif Jagat Play. Kita tidak hanya sekedar membicarakan karakter yang tidak segan membunuh orang lain untuk mencapai tujuan tertentu, namun mereka yang juga menunjukkan kualitas kepribadian pendukung yang terlihat begitu jelas. Walaupun terlihat menyeramkan jika berada di dunia nyata, namun tidak dapat dipungkiri, kehadiran 10 karakter dengan karakteristik psikopat ini telah menyumbang keunikan dan daya tarik tersendiri untuk setiap franchise game yang mereka gawangi.

Jangan ragu untuk meninggalkan komentar dan masukan apabila Anda merasa ada karakter psikopat lain yang sebenarnya lebih pantas untuk masuk ke dalam list ini, atau karakter yang justru seharusnya tidak diikutsertakan. Tentu saja dengan argumentasinya masing-masing.  Feel free to comment and expand the list with your own opinion!

Pages: 1 2
Load Comments

PC Games

September 29, 2021 - 0

Review SAMUDRA: Dalam Lautan Dalam Pesan!

Berkembang dengan signifikan selama beberapa tahun terakhir ini, para talenta…
August 26, 2021 - 0

Impresi Park Beyond: Saatnya Meracik Taman Bermain yang Gila!

Ada sebuah keasyikan tersendir memang ketika sebuah game memberikan Anda…
August 20, 2021 - 0

Review 12 Minutes: Selamat Ulang Hari!

Untuk sebuah industri yang sudah eksis selama setidaknya tiga dekade,…
June 24, 2021 - 0

Menjajal Tales of Arise: Luapan Rasa Rindu!

Gamer JRPG mana yang tidak gembira setelah pengumuman eksistensi Tales…

PlayStation

October 15, 2021 - 0

Review Demon Slayer – Kimetsu no Yaiba- The Hinokami Chronicles: Pemuas Para Fans!

Meledak dan langsung menjadi salah satu anime yang paling dicintai…
October 6, 2021 - 0

Review Far Cry 6: Revolusi yang Minim Revolusi!

Sebuah franchise shooter andalan, posisi inilah yang harus dipikul oleh…
October 1, 2021 - 0

Review Lost Judgment: Peduli Rundungi!

Sebuah langkah yang jenius atau ekstrim penuh resiko yang terhitung…
September 27, 2021 - 0

Review Diablo II Resurrected: Bentuk Baru, Cinta Lama!

Blizzard dan kata “remaster” sejauh ini memang bukanlah asosiasi yang…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…