10 Karakter Psikopat Video Game Paling Keren!

Reading time:
May 6, 2013
needles kane1

Ketika dunia nyata dipenuhi dengan segudang aturan dan pertimbangan moral untuk mengatur manusia agar tidak menghabisi satu sama lain, video game yang nyaris tanpa dinding pembatas menjadi dunia pelarian yang menarik. Dibangun dengan kreativitas yang bebas, tidak sedikit game yang justru menjadikan skenario seperti ini sebagai salah satu nilai jual yang paling utama. Naluri manusia yang memang berakar pada agresivitas untuk bertahan hidup akhirnya dapat tersalurkan, dengan ekstra pompa adrenalin dan kesenangan tanpa perlu mengancam nyawa orang lain. Namun bagi beberapa orang, naluri instingtif ini tidak dapat ditahan. Maka kita melahirkan mereka yang disebut psikopat, salah satu gangguan psikologis yang seringkali diasosiasikan dengan pembunuh.

Tidak ada definisi yang valid tentang apa itu psikopat, selain menyebutnya sebagai salah satu kelainan kejiwaan, yang tentu saja tidak bisa disamakan dengan varian yang lain. Ada beberapa gejala yang menunjukkan bahwa seseorang adalah seorang psikopat, antara lain adalah egosentris, tidak memiliki rasa sesal dan bersalah, dangkal secara emosi, tanpa empati, manipulatif, penuh kebohongan, butuh stimulasi untuk rasa bosan, gaya hidup parasit, tidak bertanggung jawab, tidak memiliki kontrol tingkah laku sosial, kecenderungan kriminal, impulsif, irrational, cerdas, dan biasanya didukung massa “penggemar”-nya sendiri. Bukan hal yang mudah untuk mendeteksi dan menentukan apakah seseorang merupakan psikopat atau tidak dari kacamata psikologi, karena beragam indikator yang harus dipenuhi. Namun di video game, beberapa karakter dengan jelas memperlihatkan hal tersebut.

Sebagian besar game memang menuntut Anda untuk menjadikan sang karakter utama sebagai mesin pembunuh yang mematikan, begitu juga dengan sebagian musuh utama yang ada. Walaupun demikian, hal ini tidak lantas menjadikan mereka sebagai psikopat. Hanya mereka yang memenuhi setidaknya sebagian dari indikator di atas yang pantas untuk masuk ke dalam list ini, setidaknya yang benar-benar didesain untuk tidak pernah berempati, merasa sesal dan bersalah, irrational, impulsif, tanpa kontrol tingkah laku sosial, dan mereka yang punya kecenderungan kriminal.

Dari semua tindak brutal yang menghiasi dunia game, siapa saja 10 karakter psikopat paling keren yang pernah ada?

10. Lezard Valeth (Valkyrie Profile)

lezard valeth

Mencintai Lenneth dan begitu menginginkannya, Lezard tumbuh dari seorang pemuda yang cerdas luar biasa menjadi seorang psikopat yang mematikan. Melakukan eksperimen yang gelap dan berbahaya, Lezard tidak segan untuk melakukan segala cara untuk memastikan sang Valkyrie tangan kanan Odin ini jatuh ke tangannya. Ia membunuh mereka yang dianggap mengahalangi usahanya ini, manipulatif untuk mencapai tujuan utamanya, dan yang pasti, semuanya dilakukan tanpa rasa bersalah. Di sisi gameplay, ia juga menjadi salah satu villlain yang cukup menantang untuk ditaklukkan.

9. Alex Mercer (Prototype)

alex mercer

Apa yang Anda lakukan jika sebuah hasil eksperimen memberikan Anda kemampuan super yang cukup kuat untuk menjadi “Tuhan”? Sebagian besar dari Anda yang idealis mungkin akan langsung merujuk pada keinginan untuk menciptakan kedamaian dunia. Namun bagi sosok sang Alex Mercer, kekuatan yang cukup untuk meluluhlantakkan kota manapun yang ia inginkan ini ternyata menjadi sebuah “kesenangan” pribadi, tidak hanya untuk mengumpulkan keping masa lalu dan balas dendam, tetapi juga kekuasaan. Di Protoype 2, hal ini didukung dengan pemikiran delusional untuk memaksakan evolusi manusia yang ia anggap, ideal. Selama gameplay, Mercer boleh terbilang tidak pernah merasa bersalah. Lewat aksinya yang brutal, ia bahkan bisa mengakhiri nyawa siapapun yang ia inginkan.

8. Needles Kane (Twisted Metal)

needles kane

 

Needles Kane? Isn’t that Sweet Tooth? Ini mungkin salah satu kesalahan yang seringkali dilakukan gamer. Sweet Tooth sendiri merupakan panggilan dari mobil truk es krim yang digunakannya, sementara sang pengendara bertopeng badut ini adalah Needles Kane. Jika perang dengan mobil dan ratusan rudal sudah terhitung gila, maka Kane adalah representasi kegilaan dalam level yang lebih tinggi. Diperkenalkan sebagai sebuah pembunuh berantai yang tidak segan membunuh orang yang tidak bersalah, bahkan melakukan genosida, topeng Kane mewakili horror yang mampu ia munculkan. Tidak pernah merasa sesal dan bersalah, Kane kabarnya selalu menyimpan semua korban yang pernah ia habisi di bagian belakang truk, bersama dengan berbagai senjata pembunuhnya.

7. Handsome Jack (Borderlands 2)

handsome jack

Cerdas, manipulatif, hadir dengan kekuasaan yang terhitung absolut, dan hidup tanpa rasa bersalah, Handsome Jack dari Borderlands 2 memang harus diakui, merupakan salah satu main villain terbaik di industri game tahun lalu. Tidak hanya sekedar membantai manusia yang tidak berdosa, Jack bahkan cukup tega untuk memanfaatkan sang anak untuk keuntungan pribadinya sendiri. Pencapaian terbesarnya? Tentu saja mampu memaksa Anda untuk melakukan aksi bunuh diri hanya untuk sekedar menyelesaikan sebuah misi, sesuatu yang bahkan tidak mampu dilakukan oleh villain terkejam sekalipun. Sisi manipulatif yang luar biasa.

6. Kratos (God of War)

kratos helios

Hampir tidak ada game yang mampu memproyeksikan sisi karakter utama yang terlihat lebih brutal dibandingkan para musuh yang ada. Salah satu yang paling berhasil melakukannya? Tidak lain dan tidak bukan adalah franchise andalan Sony – God of War. Kratos yang menjadi titik tumpu Anda menikmati game yang satu ini, berhasil memperlihatkan begitu banyak aksi brutal dan penuh darah. Namun satu yang mungkin seringkali luput dari perhatian, dewa perang ini mungkin adalah seorang psikopat. Kesedihan yang menyelimutinya ketika kehilangan sang anak dan istri mendorong Kratos melakukan hal-hal irasional, dengan konsep pemikiran yang dangkal, tetapi di sisi yang lain tanpa empati dan rasa bersalah. Tidak percaya? Lihat saja apa yang terjadi pada Helios.

Pages: 1 2
Load Comments

JP on Facebook


PC Games

July 3, 2024 - 0

Review Wuthering Waves: Penuh Pasang dan Surut!

Apa yang ditawarkan oleh Wuthering Waves? Mengapa kami menyebutnya sebagai…
June 28, 2024 - 0

Impresi Zenless Zone Zero (Build Terbaru): Lebih Cepat, Lebih Ketat!

Kami berkesempatan menjajal build terbaru Zenless Zone Zero. Apakah kami…
June 12, 2024 - 0

Preview My Lovely Empress: Racun Cinta Raja Racikan Dev. Indonesia!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh My Lovely Empress di…
February 6, 2024 - 0

Menjajal Honkai Star Rail 2.0: Selamat Datang di Penacony, Semoga Mimpi Indah! 

Honkai Star Rail akhirnya memasuki versi 2.0 dengan memperkenalkan dunia…

PlayStation

July 17, 2024 - 0

Review Kunitsu-Gami: Antara Suka Atau Benci!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Kunitsu-Gami ini? Apa yang membuat…
June 20, 2024 - 0

Wawancara dengan Zhenyu Li (Zenless Zone Zero)!

Kami sempat berbincang-bincang dengan produser Zenless Zone Zero - Zhenyu…
April 25, 2024 - 0

JagatPlay: Wawancara Eksklusif dengan Kim Hyung-Tae dan Lee Dong-Gi (Stellar Blade)!

Kami berkesempatan ngobrol dengan dua pentolan Stellar Blade - Kim…
April 24, 2024 - 0

Review Stellar Blade: Tak Hanya Soal Bokong dan Dada!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Stellar Blade ini? Mengapa kami…

Nintendo

July 28, 2023 - 0

Review Legend of Zelda – Tears of the Kingdom: Tak Sesempurna yang Dibicarakan!

Mengapa kami menyebutnya sebagai game yang tak sesempurna yang dibicarakan…
May 19, 2023 - 0

Preview Legend of Zelda – Tears of the Kingdom: Kian Menggila dengan Logika!

Apa yang ditawarkan oleh Legend of Zelda: Tears of the…
November 2, 2022 - 0

Review Bayonetta 3: Tak Cukup Satu Tante!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Bayonetta 3? Mengapa kami menyebutnya…
September 21, 2022 - 0

Review Xenoblade Chronicles 3: Salah Satu JRPG Terbaik Sepanjang Masa!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Xenoblade Chronicles 3? Mengapa kami…