Game Indie Ini Lawan Pembajakan dengan Pembajakan!

Reading time:
May 2, 2013

Pembajakan memang menjadi salah satu permasalahan pelik yang sulit untuk diatasi di industri game. Terlepas dari usaha berbagai produsen dan developer untuk menerapkan sistem keamanan yang baru, para peretas hampir selalu berhasil menemukan cara untuk membobolnya. Hasilnya? Prediksi keuntungan yang terus menurun, bahkan berpontesi untuk menghancurkan kondisi finansial mereka. Berbagai strategi ditempuh, namun tetap sulit untuk mengedukasi para pembajak akan apa yang sebenarnya dirasakan oleh para developer dan publisher. Namun, salah satu developer Indie – Greenheart Games menemukan cara yang tampaknya efektif. Untuk melindungi proyek game teranyar mereka – Game Dev Tycoon, Greenheart memilih “pembajakan” sebagai solusi terbaik untuk memerangi pembajakan.

Game Dev Tycoon adalah sebuah game sederhana yang mensimulasikan kehidupan para developer ketika mengembangkan sebuah game. Seperti halnya situasi dunia nyata, Anda diminta untuk merekrut, merencanakan, dan menjual game yang Anda kembangkan. Greenheart memang harus diakui berhasil sebuah game dengan tema yang unik. Namun, permasalahan klasik mengancam eksistensi game ini. Walaupun harga game originalnya terhitung murah, hampir 90% game yang dimainkan oleh gamer ternyata merupakan versi bajakan. Alih-alih langsung memblokir akses dan mematikan game bajakan ini begitu saja, Greenheart memutuskan untuk memberikan sedikit edukasi.

Gamer yang membajak Game Dev Tycoon ini akan berhadapan dengan masalah pelik di dalam permainan simulasi pengembangan game ini. Terlepas dari popularitas, kualitas, dan penjualan game yang berhasil mereka catatkan, pembajakan akan terus membuat keuntungan perusahaan menurun dan akhirnya bangkrut.

Seolah ingin merepresentasikan kondisi yang tengah mereka hadapi, Greenheart dengan sengaja meng-upload game mereka ke situs-situs bajakan ternama, namun dengan ekstra program yang berbeda dibandingkan versi originalnya. Para gamer yang memainkan Game Dev Tycoon bajakan ini diberikan kesempatan untuk mencicipi simulasi pengembangan game ini secara penuh. Namun, mereka akan berhadapan dengan masalah pelik di dalam game. Terlepas dari popularitas game yang mereka kembangkan di dalam game, keuntungan perusahaan mereka akan secara konsisten tergerus. Sebuah pesan kecil akan muncul di layar, menyatakan bahwa game mereka telah dibajak oleh para hacker yang tidak dikenal. Hasilnya? Sejauh apapun gamer memainkan game ini, perusahaan mereka di Game Dev Tycoon akan berakhir bangkrut. Sebuah ironi.

Patrick dan Daniel Klug dari Greenheart berharap agar metode ini mampu memberikan edukasi yang lebih efektif untuk para gamer bajakan, sekaligus memperlihatkan konsekuensi yang harus mereka hadapi di dunia nyata jika pembajakan terus marak dilakukan. Jadi bagi Anda gamer yang mungkin tengah memainkan Game Dev Tycoon dan terus melihat perusahaan Anda hancur karena masalah pembajakan, Greenheart punya satu pesan jelas dengan mekanisme ini: Buy the Original!

Load Comments

JP on Facebook


PC Games

April 16, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Blizzard (Diablo II: Resurrected)!

Kembali ke akar yang membuat franchise ini begitu fenomenal dan…
April 9, 2021 - 0

Menjajal Diablo II: Resurrected (Technical Alpha): Bagai Bumi Langit!

Perbedaan usia memang mau tidak mau harus diakui, juga membuat…
March 29, 2021 - 0

Review DOTA – Dragon’s Blood: Fantasi dan Promosi!

Apa satu aspek yang membuat DOTA 2 selalu kalah dari…
January 14, 2021 - 0

Menjajal DEMO (2) Little Nightmares II: Misteri Lebih Besar!

Tidak ada lagi yang bisa kami lakukan selain memberikan puja-puji…

PlayStation

May 7, 2021 - 0

Preview Resident Evil Village: “Liburan” ke Desa!

Lewat beberapa seri terakhir yang mereka lepas, Capcom memang harus…
April 29, 2021 - 0

Review RETURNAL: Surga Seru di Neraka Peluru!

Apa yang langsung muncul di benak Anda begitu kita berbicara…
April 23, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Toylogic & Square Enix (NieR Replicant ver.1.22474487139…)!

Tidak perlu menyelam terlalu jauh. Melihat nama “ver.1.22474487139…” yang didorong…
April 23, 2021 - 0

Preview RETURNAL: Brutal, Gila, Menyenangkan!

Ada yang istimewa memang saat kita membicarakan hubungan antara Sony…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…