Penelitian: Industri Game Berbohong Soal Isu Pembajakan!

Reading time:
May 17, 2013

Pembajakan memang menjadi masalah klasik yang tidak pernah dapat dipisahkan dari industri game. Dianggap sebagai bentuk “halus” pencurian, pembajakan menjadi malapetaka terbesar untuk sebagian besar game yang dirilis ke pasaran, karena efeknya yang menurunkan tingkat penjualan dan pendapatan para publisher secara signifikan. Walaupun kontroversi terus mengitari isu yang satu ini dengan sudut pandang yang lebih berpihak pada publisher game, sebuah penelitian justru hadir dengan sebuah kesimpulan yang mengejutkan terkait masalah klasik yang satu ini. Para publisher dianggap telah “berbohong” soal dampak pembajakan, termasuk melebih-lebihkan efek yang mampu dimunculkannya.

Penelitian yang dilakukan oleh Anders Drachen, Kevin Bauer, dan Rober W.D. Veitch dari tiga Universitas yang berbeda ini memang difokuskan untuk membahas salah satu polemik terbesar industri game – pembajakan. Dengan menganalisa kurang lebih 173 game yang tersebar di situs BitTorrent selama tiga bulan selama tahun 2010 – 2011, penelitian ini berhasil mencatatkan jumlah unduhan ilegal hingga 12.6 juta orang. RPG menjadi genre yang paling populer dengan persentase hingga 18,9 persen, action-adventure di 15,9 persen, third-person shooters di 12,7 persen, dan balap untuk 9,3 persen. Peneltian ini berujung pada hasil akhirnya yang tidak dapat diprediksikan sebelumnya.

Penelitian ini memang tidak membantah bahwa pembajakan memang terjadi di industri game. Namun ia memperlihatkan hasil akhir mengejutkan yang menuduh industri game, terutama publisher, berbohong dan membesar-besarkan dampak yang sebenarnya dihasilkan oleh tindakan yang satu ini.

Selain memperlihatkan hubungan yang kuat antara game-game yang mendapatkan skor tinggi di Metacritic dengan tingkat pembajakan yang dilakukan, penelitian ini akhirnya berujung pada satu kesimpulan – bahwa industri game, terutama para publisher ternyata membesar-besarkan efek dan dampak yang terjadi karena pembajakan. Angka pembajakan yang ada ternyata tidak setinggi yang selama ini terus didengungkan oleh para publisher. Publisher dianggap menyimpan potensi untuk tampil bias karena keterkaitan yang kuat dengan bisnis yang mereka jalani, sehingga terlalu melebihkan masalah pembajakan ini. Penelitian ini juga merilis 10 game yang paling banyak dibajak selama periode penelitian: Fallout New Vegas, Darksiders, Need of Speed: Hot Pursuit, NBA 2K11, Tron Evolution, Call of Duty: Black Ops, Starcraft 2, Star Wars: The Force Unleashed II, Two Worlds II, dan The Sims 3: Late Night.

Bagaimana menurut Anda sendiri? Apakah menurut Anda, pembajakan memang menjadi masalah krusial yang akan mematikan industri game di masa depan? Atau ia hanya menjadi isu yang dibesar-besarkan oleh para publisher?

Load Comments

JP on Facebook


PC Games

April 16, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Blizzard (Diablo II: Resurrected)!

Kembali ke akar yang membuat franchise ini begitu fenomenal dan…
April 9, 2021 - 0

Menjajal Diablo II: Resurrected (Technical Alpha): Bagai Bumi Langit!

Perbedaan usia memang mau tidak mau harus diakui, juga membuat…
March 29, 2021 - 0

Review DOTA – Dragon’s Blood: Fantasi dan Promosi!

Apa satu aspek yang membuat DOTA 2 selalu kalah dari…
January 14, 2021 - 0

Menjajal DEMO (2) Little Nightmares II: Misteri Lebih Besar!

Tidak ada lagi yang bisa kami lakukan selain memberikan puja-puji…

PlayStation

April 29, 2021 - 0

Review RETURNAL: Surga Seru di Neraka Peluru!

Apa yang langsung muncul di benak Anda begitu kita berbicara…
April 23, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Toylogic & Square Enix (NieR Replicant ver.1.22474487139…)!

Tidak perlu menyelam terlalu jauh. Melihat nama “ver.1.22474487139…” yang didorong…
April 23, 2021 - 0

Preview RETURNAL: Brutal, Gila, Menyenangkan!

Ada yang istimewa memang saat kita membicarakan hubungan antara Sony…
April 22, 2021 - 0

Review NieR Replicant™ ver.1.22474487139… : Cerita Indah Penuh Derita!

Dengan popularitas yang ia raih, hampir sebagian besar gamer memang…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…