Preview Resident Evil – Revelations: Lebih Baik Daripada Resident Evil 6!

Reading time:
May 24, 2013
Resident Evil Revelations 126

Sebuah port HD yang sudah lama dinantikan, Capcom akhirnya merilis Resident Evil: Revelations ke pasaran. Bukan nama yang asing memang, apalagi bagi para gamer yang sudah sempat mencicipinya di handheld teranyar milik Nintendo – 3DS beberapa waktu yang lalu. Berbeda dengan Resident Evil 6 yang mendapatkan beragam kritik pedas karena konten dan mekanisme yang mereka tawarkan, Revelations versi 3DS dahulu justru mendapatkan respon yang sangat positif, tidak hanya dari sisi kualitas, tetapi kuantitas penjualan. Kini giliran gamer konsol dan PC yang akhirnya berkesempatan untuk menjajal game yang satu ini secara langsung.

Kesan Pertama

Diakui sebagai game dengan visualisasi terbaik di Nintendo 3DS sejauh ini, proses port yang dilakukan Capcom tampaknya tidak mengalami rintangan yang berarti. Melompat dari sebuah layar beresolusi kecil ke layar resolusi definisi tinggi secara penuh, Resident Evil Revelations masih menunjukan kualitas visualiasi yang pantas untuk diacungi jempol, walaupun tidak terhitung istimewa. Beragam detail lingkungan, dari efek tata cahaya hingga tesktur  pakaian yang dikenakan oleh sang karakter utama terlihat cukup memanjakan mata, baik di konsol maupun PC. Sebuah proses port yang terhitung berhasil mengatasi satu permasalahan mendasar , yakni kualitas visualisasi.

Lantas bagaimana dengan sisi gameplay-nya sendiri? Lupakan tentang mimpi buruk dan betapa kacaunya mekanik gameplay yang berusaha disuntikkan Capcom di seri Resident Evil 6, karena Revelations akan membawa Anda pada akar sisi aksi yang mendefinisikan kualitas yang dicintai dari seri awal Resident Evil 4. Tidak ada QTE yang dipaksakan, Anda hanya akan bergerak pada sisi aksi dan tembak menembak yang kental dengan sisi klasik Resident Evil 4. Lewat kacamata beragam karakter yang mengalir dalam satu benang merah cerita yang sama, Anda akan tidak hanya berjuang untuk melawan para varian zombie baru yang lebih berbahaya, tetapi juga menyelesaikan beragam puzzle dan kunci untuk bergerak ke area selanjutnya. Kesempatan untuk melakukan modifikasi senjata juga dihadirkan. Keunikan lahir dari konsep scanning lingkungan lewat sebuah perangkat bernama “Genesis”, tidak sekedar untuk menemukan item krusial seperti ammo, tetapi memberikan item penyembuh ketika mencapai progress tertentu.

Walaupun belum cukup untuk menyimpulkan keseluruhan pengalaman yang ditawarkan oleh seri yang satu ini, namun Revelations mampu meninggalkan kesan pertama yang cukup kuat. Setidaknya cukup untuk mengobati kekecewaan yang sempat ditelurkan Resident Evil 6 sebelumnya. Revelations menawarkan cerita, gaya permainan, dan mekanik yang “lebih Resident Evil” tanpa ada embel-embel yang justru berpotensi untuk menghancurkan atmosfer tersebut.  Tidak berlebihan rasanya jika menyatakan bahwa Revelations mampu memberikan pengalaman yang lebih menggugah daripada seri keenam yang ditelurkan Capcom akhir tahun lalu.

Sembari menunggu waktu yang lebih proporsional untuk melakukan review, izinkan kami menawarkan sejumlah screenshot fresh from oven ini untuk membantu Anda mendapatkan sedikit gambaran akan apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Resident Evil Revelations yang satu ini. Anda termasuk gamer yang kecewa dengan Resident Evil 6? You gonna love this one!

Resident Evil Revelations 8 Resident Evil Revelations 107 Resident Evil Revelations 27 Resident Evil Revelations 95 Resident Evil Revelations 72 Resident Evil Revelations 30 Resident Evil Revelations 61 Resident Evil Revelations 92 Resident Evil Revelations 78 Resident Evil Revelations 50
Pages: 1 2 3
Load Comments

JP on Facebook


PC Games

May 12, 2021 - 0

Menjajal Scarlet Nexus: JRPG yang Pantas Dinanti!

Sebuah kejutan yang menarik, ini mungkin kalimat yang pantas digunakan…
April 16, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Blizzard (Diablo II: Resurrected)!

Kembali ke akar yang membuat franchise ini begitu fenomenal dan…
April 9, 2021 - 0

Menjajal Diablo II: Resurrected (Technical Alpha): Bagai Bumi Langit!

Perbedaan usia memang mau tidak mau harus diakui, juga membuat…
March 29, 2021 - 0

Review DOTA – Dragon’s Blood: Fantasi dan Promosi!

Apa satu aspek yang membuat DOTA 2 selalu kalah dari…

PlayStation

May 12, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Insomniac Games (Ratchet & Clank: Rift Apart)!

Mengembangkan Spider-Man: Miles Morales, memastikan ia bisa memamerkan apa yang…
May 12, 2021 - 0

Ratchet & Clank – Rift Apart: “Emas” Playstation 5 Selanjutnya!

Usia yang masih “muda” bukan berarti menjadi alasan untuk tidak…
May 10, 2021 - 0

Review Resident Evil Village: Aksi Minim Ngeri!

Sebuah siklus? Sebuah strategi yang nyatanya berhasil? Atau memang rutinitas…
May 7, 2021 - 0

Preview Resident Evil Village: “Liburan” ke Desa!

Lewat beberapa seri terakhir yang mereka lepas, Capcom memang harus…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…