Review Razer Taipan: Untuk Kenyamanan Gaming Maksimal!

Reading time:
June 12, 2013
Razer Taipan

Bukan perkara mudah untuk menilai produk peripheral gaming mana yang terbaik untuk memastikan pengalaman gaming yang kian optimal ketika Anda menjajal game-game teranyar di PC. Tidak hanya beragam varian produk di pasaran yang cukup untuk membuat Anda bingung, berbagai produsen yang ikut aktif dalam pasar ini juga membuat keputusan untuk memastikan siapa yang bisa diandalkan ataupun tidak menjadi perkara yang sulit. Nama besar biasanya diasosiasikan dengan tidak hanya kualitas peripheral, tetapi juga dukungan purnajual dan beragam fitur yang bisa diandalkan. Untuk urusan yang satu ini, tidak ada gamer PC yang akan meragukan nama besar Razer.

Sebagai salah satu produsen kawakan dengan tingkat popularitas tinggi di pasar peripheral PC gaming, dengan jajaran produk yang didesain untuk memenuhi beragam kebutuhan gaming yang unik, Razer memang menjelma menjadi brand yang terpercaya. Kali ini giliran dua produk mereka yang mampir di meja redaksi Jagat Play. Sebuah produk mouse bernama Taipan dan mousepad eksklusif nan elegan – Ironclad menjadi penantang baru untuk kami nilai.

Lantas apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Razer Taipan yang satu ini? Mengapa kami menyebutnya sebagai mouse yang mampu menghadirkan kenyamanan secara maksimal?

Desain dan Fitur

Tampilannya yang sederha mungkin tidak meninggalkan kesan yang kuat sebagai mouse gaming. Namun satu yang pasti, Taipan hadir dengan bentuk ergonomis yang nyaman.

Secara kasat mata, desain yang ditawarkan oleh Razer untuk Taipan memang boleh terbilang tidak begitu istimewa dibandingkan dengan produk-produk mouse gaming kompleks Razer lainnya. Dibalut dengan warna hitam matte dan tentu saja logo ikonik Razer menyala terang di bagian belakang, kesan elegan memang mengalir kencang dari mouse gaming yang satu ini. Sebagai mouse dengan jumlah tombol yang terhitung standar di sebagian besar mouse gaming saat ini – sembilan, Razer tetap mendukung bentuk ergonomonis yang nyaman untuk digunakan.

Selain tiga tombol utama untuk melakukan navigasi standar, Taipan juga menghadirkan dua tombol kecil di bagian tengah untuk mengatur sensivitasnya secara real-time.
Dua buah ekstra tombol berada di sisi kiri dan kanan Taipan dengan kemungkinan untuk dimodikasi. Bahan karet di bagian jempol Anda mendarat akan memastikan grip yang lebih baik.
Tampak belakang.

Razer Taipan hadir dengan sembilan tombol standar untuk memastikan setiap fungsi navigasi yang Anda butuhkan terpenuhi. Tombol klik kiri, kanan, dan scroll akan membantu fungsi standar eksplorasi PC Anda, dengan ekstra dua buah tombol kecil di tengah untuk mengatur dan mengubah sensivitas pergerakan mouse secara real-time, sesuai dengan kebutuhan gaming yang tengah Anda nikmati. Ia juga menghadirkan dua buah tombol kecil di masing-masing sisi kiri dan kanan Taipan Razer yang dapat dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan Anda, tentu saja lewat fungsi makro yang akan kita bahas nanti.

Lantas fitur apa saja yang ditawarkan oleh Razer Taipan yang satu ini? Berikut adalah spesifikasi lengkapnya:

  • 4G Dual Sensor System – 8200dpi
  • Ambidextrous form factor
  • Razer Synapse 2.0 enabled
  • 9 programmable Hyperesponse buttons
  • 1000Hz Ultrapolling / 1ms response time
  • Up to 200 inches per second / 50g acceleration
  • Approximate size: 124 mm / 4.88” (Length) x 63 mm / 2.48” (Width) x 36 mm / 1.42” (Height)
  • Approximate Weight: 95g / 0.21 lbs without cable, 132g / 0.29 lbs with cable

Razer Taipan, Seberapa Nyaman?

Razer Taipan, Seberapa Nyaman?

Dengan desain ergonomis yang menjadi salah satu nilai jual utamanya, Razer Taipan akan mampu menjamin kenyamanan tangan Anda ketika terlibat dalam kegiatan gaming yang memang seringkali menyita waktu. Bahan karet yang diintegrasikan di bagian sisi kiri dan kanan juga akan membantu Anda mendapatkan grip yang tepat dan juga nyaman, setidaknya cukup untuk mencegah kelembapan tangan Anda berpengaruh besar pada performa yang akan Anda dapatkan. Bagian terbaiknya? Razer tidak hanya sekedar mendesain Taipan ergonomis untuk para gamer yang menjadikan tangan kanan sebagai tangan utama, tetapi juga mereka yang kidal. Dengan bentuk ambidextrous yang disuntikkan, ia akan menabrak batas “eksklusivitas” yang satu ini, membuatnya nyaman untuk semua gamer.

Salah satu fitur yang cukup menarik dari Taipan adalah fakta bahwa ia menjadi mouse pertama Razer yang mengusung fungis 4G Dual Sensor System – 8200dpi di dalamnya. Kita tidak hanya membicarakan sensitivitas super tinggi bagi Anda yang memang kompetitif di game-game yang membutuhkan tidak hanya kecepatan super tinggi, tetapi juga reaksi yang super akurat. 4G Dual Sensornya memastikan bahwa Taipan dapat digunakan untuk semua jenis permukaan, membuatnya dapat diandalkan untuk medan seperti apapun. Namun kombinasi mousepad eksklusif dari Razer kian menyempurnakan hal tersebut.Pengalaman inilah yang kami dapatkan dengan memadukannya dengan produk mousepad eksklusif yang hadir dengan packaging yang “manis” – Ironclad.

Dengan desain ambidextrous, Taipan dapat diandalkan oleh semua gamer, baik mereka yang menjadikan tangan kanan sebagai tangan utama, ataupun kidal.
Memadukannya dengan Ironclad? Pengalaman dan sensasi yang kian optimal.

Mousepad lempengan yang satu ini memang kian menyempurnakan pengalaman Taipan itu sendiri. Ergonomis, akurat, cepat, dan dapat diandalkan untuk gamer bertangan kiri, Ironclad akan memastikan semua keunggulan tersebut kian tampil optimal dengan permukaan ini. Anda mendapatkan kecepatan dan ketepatan yang dibutuhkan, tanpa harus takut mousepad ini bergeser ketika anda berada di puncak adrenalin tertinggi. Walaupun dapat berfungsi dengan begitu baik di semua permukaan, Ironclad menghasilkan presisi gerakan yang kian sempurna. Dengan bahan seperti ini, Anda tidak perlu meragukan durabilitasnya, apalagi mengingat nama besar Razer yang berdiri di belakangnya.

Taipan dapat dengan mudah menundukkan semua game yang kami posisikan sebagai tantangan. ia mampu menghadirkan akurasi yang dapat diandalkan, bersamaan dengan tingkat sensitivitas yang adaptif.

Apalah arti sebuah mouse gaming jika ia tidak dapat memperlihatkan performa yang maksimal di tugas utamanya – gaming. Untuk membutkikan seberapa jauh Razer dapat membuktikan kemampuan Taipan, kami menyiapkan empat buah game utama dengnan tantangan yang tentu saja berbeda satu sama lain. Taipan dihadapkan pada Crysis 3 (FPS), DOTA 2 (MOBA), Resident Evil Revelations (Third Person Shooter), dan Neverwinter untuk (MMORPG). Dengan kemampuannya untuk menghadirkan gerakan yang akurat, game-game sederhana semacam Crysis 3 dan Resident Evil Revelations tentu bukan masalah yang harus ditakuti. Dengan kesempatan untuk memodifikasi fungsi tombol yang ada, presisi dan makro menjadi kunci jawaban untuk menaklukkan DOTA 2, apalagi dengan dukungan Ironclad di permukaan. Lantas bagaimana dengan Neverwinter? Navigasi tentu bukan urusan besar, namun Anda harus menyesuaikan kompleksitas combo dan serangan dengan makro di jumlah tombol yang terbatas.

Pages: 1 2
Load Comments

JP on Facebook


PC Games

April 16, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Blizzard (Diablo II: Resurrected)!

Kembali ke akar yang membuat franchise ini begitu fenomenal dan…
April 9, 2021 - 0

Menjajal Diablo II: Resurrected (Technical Alpha): Bagai Bumi Langit!

Perbedaan usia memang mau tidak mau harus diakui, juga membuat…
March 29, 2021 - 0

Review DOTA – Dragon’s Blood: Fantasi dan Promosi!

Apa satu aspek yang membuat DOTA 2 selalu kalah dari…
January 14, 2021 - 0

Menjajal DEMO (2) Little Nightmares II: Misteri Lebih Besar!

Tidak ada lagi yang bisa kami lakukan selain memberikan puja-puji…

PlayStation

April 29, 2021 - 0

Review RETURNAL: Surga Seru di Neraka Peluru!

Apa yang langsung muncul di benak Anda begitu kita berbicara…
April 23, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Toylogic & Square Enix (NieR Replicant ver.1.22474487139…)!

Tidak perlu menyelam terlalu jauh. Melihat nama “ver.1.22474487139…” yang didorong…
April 23, 2021 - 0

Preview RETURNAL: Brutal, Gila, Menyenangkan!

Ada yang istimewa memang saat kita membicarakan hubungan antara Sony…
April 22, 2021 - 0

Review NieR Replicant™ ver.1.22474487139… : Cerita Indah Penuh Derita!

Dengan popularitas yang ia raih, hampir sebagian besar gamer memang…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…