Developer Hitman Lakukan Pemecatan Massal

Reading time:
June 18, 2013
io interactive logo

“Kelahiran kembali” salah satu pembunuh bertangan dingin paling ikonik di industri game – Agent 47 lewat Hitman: Absolution memang menjadi salah satu event menggembirakan bagi gamer tahun lalu. Setelah vakum untuk waktu yang cukup lama, Hitman kembali hadir dengan identitas gameplay yang tetap serupa, namun kali ini disempurnakan dengan kualitas visualisasi yang pantas untuk diacungi jempol. Sayangnya, pesona yang berhasil menarik penjualan lebih dari 4 juta unit lintas platform ini ternyata tidak menjadi indikator bahwa sang developer – IO Interactive akan meraih kesuksesan luar biasa. Berita buruk justru meluncur dari developer asal Denmark ini.

Di bawah kepemimpinan boss baru – Hannes Seifert yang memang bekomitmen untuk menghasilkan strategi bisnis yang lebih efisien untuk IO Interactive, developer Hitman ini harus berhadapan dengan terror besar – pemecatan massal. Konfirmasi memastikan bahwa setidaknya setengah dari total tenaga kerja IO Interactive akan dirumahkan. Sang pemilik – Square Enix menyatakan bahwa IO Interactive kini hanya akan berfokus untuk menciptakan seri Hitman dan tidak lagi franchise game yang lain. Mereka bahkan dikabarkan sudah memasuki proses pra-produksi untuk game Hitman selanjutnya yang diperkirakan akan meluncur untuk platform next-gen. Square Enix meyakinkan bahwa langkah ini dibutuhkan untuk membuat IO Interactive dapat bersaing di pasar yang kian keras.

Square Enix menyatakan bahwa pemecatan setengah dari tenaga kerja di IO Interactive ini memang dibutuhkan untuk membuatnya bertahan di pasar yang kian keras. IO Interactive kini diposisikan sebagai developer yang hanya berfokus untuk melahirkan franchise game Hitman, dan tidak game lain.
Square Enix menyatakan bahwa pemecatan setengah dari tenaga kerja di IO Interactive ini memang dibutuhkan untuk membuatnya bertahan di pasar yang kian keras. IO Interactive kini diposisikan sebagai developer yang hanya berfokus untuk melahirkan franchise game Hitman, dan tidak game lain.

Meminimalisir potensi kerugian dan hanya berfokus pada game yang menjual, strategi yang diterapkan Square Enix ini memang diperlukan untuk memastikan bisnis tetap berjalan. Rasa prihatin untuk para pekerja yang harus mengalami proses ini. Lantas apa efeknya untuk para gamer? Keputusan untuk hanya menjadikan IO Interactive sebagai developer Hitman memang menjadi kepastian untuk lebih banyak aksi sang pembunuh berkepala plontos ini di masa depan. Namun bagi gamer yang justru mengharapkan game lain dari IO, seperti Kane & Lynch, ini menjadi mimpi buruk tersendiri.

 

Load Comments

PC Games

September 29, 2021 - 0

Review SAMUDRA: Dalam Lautan Dalam Pesan!

Berkembang dengan signifikan selama beberapa tahun terakhir ini, para talenta…
August 26, 2021 - 0

Impresi Park Beyond: Saatnya Meracik Taman Bermain yang Gila!

Ada sebuah keasyikan tersendir memang ketika sebuah game memberikan Anda…
August 20, 2021 - 0

Review 12 Minutes: Selamat Ulang Hari!

Untuk sebuah industri yang sudah eksis selama setidaknya tiga dekade,…
June 24, 2021 - 0

Menjajal Tales of Arise: Luapan Rasa Rindu!

Gamer JRPG mana yang tidak gembira setelah pengumuman eksistensi Tales…

PlayStation

October 15, 2021 - 0

Review Demon Slayer – Kimetsu no Yaiba- The Hinokami Chronicles: Pemuas Para Fans!

Meledak dan langsung menjadi salah satu anime yang paling dicintai…
October 6, 2021 - 0

Review Far Cry 6: Revolusi yang Minim Revolusi!

Sebuah franchise shooter andalan, posisi inilah yang harus dipikul oleh…
October 1, 2021 - 0

Review Lost Judgment: Peduli Rundungi!

Sebuah langkah yang jenius atau ekstrim penuh resiko yang terhitung…
September 27, 2021 - 0

Review Diablo II Resurrected: Bentuk Baru, Cinta Lama!

Blizzard dan kata “remaster” sejauh ini memang bukanlah asosiasi yang…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…