10 Karakter Muslim Video Game Paling Populer!

Reading time:
July 15, 2013
karakter-muslim-featimage

Agama memang tidak pernah menjadi elemen yang begitu krusial di dalam industri game. Sebuah tim pengembang seringkali dibangun dari otak-otak jenius yang hadir dari beragam ras, agama, golongan, dan budaya. Perbedaan struktur horizontal seperti ini tidak membuat banyak perbedaan, bahkan justru memunculkan “sumur” kreativitas yang lebih kaya lewat serangkaian perbedaan sudut pandang dan norma yang dianut. Agama mulai memainkan peranan yang lebih penting ketika ia masuk sebagai salah satu dasar plot di dalam video game. Keterkaitannya yang kuat dengan budaya dan nilai historis membuat beberapa penelitian harus dilakukan untuk memastikan atmosfer yang tepat. Walaupun demikian, tidak ada satupun game yang pernah menyebutkan secara eksplisit agama yang dianut oleh karakter protagonis dan antagonisnya.

Memang bukan pekerjaan yang mudah untuk mencari agama karakter antagonis dan protagonis dari sebuah game tertentu, tentu saja karena developer tidak pernah menjadikannya sebagai sesuatu yang penting untuk diketahui oleh gamer. Kesulitan ini kian meningkatkan ketika kami berusaha mencari sosok karakter Muslim yang memang terhitung minoritas, mengingat sebagian besar game dikembangkan di wilayah Berat dan Jepang. Oleh karena itu, satu-satunya cara adalah meneliti latar belakang historis masing-masing karakter. Tidak hanya sekedar menjadikan nama sebagai acuan, tetapi juga tempat lahir, latar belakang budaya, perjalanannya sebagai karakter secara historis, serta tema gamenya sendiri. Tidak dapat diketahui PASTI memang, namun setiap karakter yang masuk ke dalam list ini memang berpotensi besar beragama Islam.

Dengan tema perang modern yang memang sering terjadi di Timur Tengah, tidak sedikit game yang menjadikan karakter dari budaya ini sebagai target antagonis utama – yang tentu saja secara otomatis menyeret agama di dalamnya. Memastikan agar semua list ini tidak berisikan karakter dengan tipe seperti ini, kami tentu saja mencari tipe karakter yang lebih bervariasi di dalamnya. Sekali lagi, tidak dapat dipastikan, semua karakter ini hanya BERPOTENSI untuk menganut Islam sebagai agama utamanya.

Jadi, siapa saja 10 karakter Muslim video game paling populer? Berikut adalah list lengkapnya:

10. Mistral (Metal Gear Rising: Revengeance)

Metal Gear Rising Revengeance (72)

Seorang ninja cyborg yang bahkan tidak dapat disebut lagi sebagai manusia, Mistral memang menjadi salah satu ancaman terbesar dari perjalanan Raiden di Metal Gear Rising: Revengeance. Latar belakangnya sendiri memang bukanlah cerita dongeng yang indah. Dibesarkan dari keluarga Perancis – Algeria dan besar di Algeria sendiri, Mistral yang nama aslinya masih misterius ini memang menjalani hidup masa kecil yang sulit. Ia sendiri diprediksikan beragama Islam mengingat populasi Algeria yang memang 99% dari penduduknya memang beragama Islam. Tidak hanya itu saja, Mistral juga bergabung dalam perang besar di Irak dan Afganistan.

9. David Sarif (Deus Ex: Human Revolution)

david sarif

Pemimpin dari Sarif Industries, yang mengendalikan teknologi Augmentation di masa depan, David Sarif memangmemainkan peranan yang super penting di franchise Deus Ex itu sendiri. Walaupun informasi tidak secara jelas menuliskan latar belakang historisnya, namun keluarga Sarif sendiri dituliskan sebagai keluarga imigran yang mengadu nasib di Boston. Satu-satunya clue yang bisa dijadikan sebagai acuan hanyalah namanya yang memang bernuansa Timur Tengah dan memperlihatkan potensi Islami yang kuat di dalamnya. Tidak hanya karakter seperti David Sarif, Sarif Industries juga memiliki karakter lain seperti Faridah Malik yang menawarkan kesan yang sama.

8. Yusuf Tazim (Assassin’s Creed: Revelations)

yusuf tazim

Keluar dari sarang nyamannya, posisi Ezio sebagai Master Assassin memang menuntutnya untuk tidak lagi hanya sekedar mengurusi para Templar di Italia. Ia mulai bertanggung jawab untuk memastikan para Assassin mempertahankan kekuasaan di benua Eropa, termasuk di wilayah kekuasaan Ottoman – Turki. Dalam perjalanan jauhnya menjelajahi dunia Timur ini, Ezio dibantu oleh salah satu Assassin paling berpengaruh di Ottoman – Yusuf Tazim. Walaupun beberapa agama tumbuh di dalam Kekaisaran ini, namun Islam merupakan agama paling dominan di Ottoman. Tidak hanya latar belakang sejarah, nama Yusuf Tazim sendiri mengindikasikan bahwa ia menganut agama Islam.

7. Sniper Wolf (Metal Gear Solid)

sniper wolf1

Bingung, ini mungkin kata pertama yang langsung meluncur dari mulut Anda begitu mendengar Sniper Wolf masuk ke dalam list yang satu ini. Salah satu karakter penembak jitu paling ikonik di MGS ini memang menawarkan aura mistis tersendiri, terutama dari sifatnya yang penyendiri dan penyayang binatang. Tidak banyak latar belakang yang bisa digali dari Sniper Wolf, bahkan nama aslinya sendiri. Walaupun demikian, latar belakang sejarahnya sendiri mengindikasikan hal tersebut. Lahir dan besar di selatan Kurdistan – Irak, ia terus melihat konflik berkepanjangan penuh darah sebagai bagian dari kehidupan sehari-hari. Belajar menembak jitu dari para Gurkhas, Sniper Wolf akhirnya bertemu dengan Big Boss dan mengabdi. Ia bahkan memanggil sang pemimpinya itu dengan sebutan “Saladin”.

6. Jarmen Kell (GLA – C&C Generals)

jarmen kell

Hampir sebagian besar gamer yang sempat mencicipi Command &Conquer: Generals tentu saja tidak asing lagi dengan nama Jarmen Kell – salah satu sniper paling ditakuti di seri ini. Unit khusus yang hanya dapat dibangun di GLA (Global Liberation Army) ini bahkan mampu melumpuhkan sebuah tank lewat akurasi tembakannya yang cukup untuk melumpuhkan pasukan di dalamnya begitu saja. Tidak ada latar belakang yang jelas tentang sniper gila yang satu ini, selain beragam catatan militer yang mendeskripsikannya sebagai seorang penemabk jitu berdarah dingin dan tingkat profesionalitas yang tidak bisa dipandang sebelah mata. Kemampuan menyamarnya juga menjadi salah satu yang terbaik di medan pertempuran Generals.

Pages: 1 2
Load Comments

JP on Facebook


PC Games

November 24, 2020 - 0

Review Call of Duty – Black Ops Cold War: Eksekusi Campaign Fantastis!

Industri game dan akhir tahun berarti membicarakan soal rilis game-game…
November 18, 2020 - 0

Preview Call of Duty – Black Ops Cold War: Konspirasi Tidak Basi!

Akhir tahun di industri game berarti menikmati kembali seri terbaru…
October 23, 2020 - 0

Menjajal DEMO Little Nightmares II: Jaminan Merinding!

Jika Anda secara aktif mengikuti JagatPlay, maka ada satu elemen…
September 28, 2020 - 0

Review HADES: Super Duper Nagih!

Supergiant Games? Berapa banyak dari Anda yang pernah mendengar nama…

PlayStation

November 20, 2020 - 0

Review Genshin Impact: Inovasi dan Adiksi Uji Hoki!

Berapa banyak dari Anda yang saat ini tengah sibuk memainkan…
November 17, 2020 - 0

Review Kingdom Hearts – Melody of Memory: Nostalgia Telinga!

Menyebutnya sebagai salah satu franchise dengan plot paling kompleks memang…
November 13, 2020 - 0

Review Watch Dogs Legion: Bersatu Kita Teguh, Bercerai Tetap Seru!

Kontroversial, memancing cemooh di awal rilis, namun tetap berakhir sukses…
November 10, 2020 - 0

Preview Assassin’s Creed Valhalla: Dalam Lindungan Odin!

“Ini bukan lagi seri Assassin’s Creed”, pergeseran genre dengan cita…

Nintendo

July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…
June 5, 2020 - 0

Preview Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Format Terbaik!

Nintendo Wii adalah sebuah fenomena yang unik di industri game.
April 15, 2020 - 0

Review Animal Crossing – New Horizons: Sesungguhnya Game Super Hardcore!

Tumbuh menjadi sensasi internet dalam waktu singkat, banyak gamer yang…